Anda rajin cuci muka, pakai pelembab pagi dan malam, serta tabir surya. Itu saja cukup untuk kulit, bukan? Tidak selalu — Anda bisa memberikan lebih banyak lagi kebaikan untuk kulit dengan hanya menambahkan satu produk ke dalam ritual skincare Anda: face oil. Tidak yakin apa gunanya untuk kecantikan wajah? Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut.

Manfaat memakai face oil sebagai bagian dari skincare harian

Meski namanya minyak, face oil aman dan bermanfaat untuk digunakan semua jenis kulit. Face oil adalah produk yang ditujukan untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori, sekaligus menyehatkan kondisi kulit. Ini dia sejumlah manfaat minyak untuk kecantikan kulit wajah

1. Membuat produk lainnya bekerja lebih baik

Mengoleskan face oil sebelum krim pelembap dapat mendorong kulit agar lebih efektif menyerap bahan-bahan aktif dari pelembap tersebut, sehingga manfaatnya pun dapat bertahan lebih lama serta mengurangi risiko iritasi.

Untuk mencegah munculnya jerawat, Anda bisa menggunakan face oil yang mengandung minyak argan, jojoba, tea tree, atau almond.

2. Melengkapi asam lemak esensial yang dibutuhkan kulit

Agar bisa selalu tampak kenyal dan cerah bercahaya, kulit membutuhkan asupan asam lemak esensial. Namun tubuh tidak dapat memproduksi asam lemak sendiri. Dengan minyak ini, asupan asam lemak untuk kulit bisa terpenuhi. Asam lemak esensial menjaga sel-sel yang rentan terhadap kerusakan dan dehidrasi serta menjaga kulit Anda tetap lentur.

Contohnya adalah face oil dari biji almond yang mengandung asam lemak omega-3 untuk melembapkan kulit, dan cocok untuk kulit sensitif.

3. Memperbaiki kulit

Peradangan adalah penyebab utama dari penuaan kulit. Suhu ekstrem, radiasi sinar matahari, polusi, dan stres dapat memicu terjadinya peradangan. Minyak dari ekstrak biji-bijian yang digunakan dalam face oil dapat membantu menyegel kelembapan kulit.

Selain itu, face oil menyediakan asupan lemak dari luar untuk melindungi kulit dari serangan radikal bebas serta mempercepat proses regenerasi kulit. Minyak argan, contohnya, adalah minyak yang sangat ideal untuk menyembuhkan iritasi kulit yang rentan disebabkan oleh produk antipenuaan seperti krim retinol atau yang mengandung alfa hidroksi. Minyak geranium juga bermanfaat mengurangi iritasi kemerahan. Minyak kelapa dapat mengatasi masalah kulit kering bersisik.

3. Mengurangi kerutan

Proses penuaan alami dan paparan radiasi UV matahari dapat menghilangkan kelembapan alami kulit sehingga rentan menyebabka kulit dehidrasi. Dehidrasi kulit dapat menimbulkan garis-garis halus dan kerutan. Untuk menguranginya, Anda dapat menggunakan minyak primrose atau vitamin E. Namun, jika jenis kulit Anda sedikit berminyak, gunakan minyak yang mengandung ekstrak biji anggur.

4. Mengecilkan pori-pori wajah

Minyak yang terbuat dari ekstrak kacang macadamia, jojoba, dan camelia adalah pilihan face oil yang efektif untuk mengangkan kotoran yang menyumbat pori-pori sambil sekaligus mengecilkan pori-pori.

Bagaimana cara pemakaiannya?

Pastikan produk minyak wajah yang Anda pakai sesuai dengan kondisi kulit.

Manfaat minyak ini akan lebih efektif jika digunakan pada wajah yang bersih. Jadi, pastikan bahwa Anda sudah cuci muka sebelum memakai face oil. Kemudian, teteskan 1-2 tetes minyak pada telapak tangan dan gosok merata di telapak tangan. Usap minyak secara merata ke seluruh wajah dan pijat lembut. Diamkan beberapa menit agar minyak lebih meresap kemudian barulah gunakan pelembap

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca