Beberapa Hal yang Harus Dipersiapkan Pilates Pemula

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 22 Februari 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Pilates adalah suatu bentuk olahraga yang bertujuan untuk membangun kekuatan inti tubuh Anda. Pada dasarnya pilates ini mirip yoga, namun pada beberapa gerakan, perlengkapan, alat yang digunakan, dan fokus gerakannya agak berbeda. Pilates juga olahraga yang umumnya dilakukan di studio khusus dan dipandu dengan instrukturnya. 

Nah, untuk Anda pemula yang mau coba, sebaiknya lakukan dulu persiapan dan perbekalan matang untuk pilates. Berikut adalah beberapa persiapan yang harus Anda lakukan sebelum melakukan pilates. 

Perlengkapan pilates yang harus dibawa

1. Matras pilates

Persiapan yang harus dibawa untuk pilates pertama kali adalah matras atau tikar khusus. Matras olahraga pilates dengan yoga umumnya berbeda. Pada umumnya matras pilates akan lebih sedikit tebal dan banyak bantalannya dibandingkan matras yoga

Ada baiknya Anda bertanya dulu pada instruktur pilates, matras merk atau jenis apa yang direkomendasikan untuk latihan pertama kali. 

2. Handuk

Anda juga dapat membawa perlengkapan handuk sebagai persiapan pilates pertama kali. Pasalnya, meskipun olahraga ini tidak terlalu aktif layaknya olahraga zumba, namun pilates juga dapat mengeluarkan banyak keringat. 

Pilates yang gerakkannya melatih otot dan juga bagian tubuh lain dapat membuat kalori terbakar dan keringat secara tidak sadar akan mengalir deras. Maka tidak ada salahnya untuk membawa handuk untuk menyeka keringat di sela-sela sesi latihan. 

3. Air minum

Membawa botol berisi air minum juga dapat dilakukan sebagai persiapan pilates pertama kali. Biasanya  di studio pilates sudah disiapkan air minum dan juga gelas sebagai perlengkapannya. Namun, tidak ada salahnya Anda membawa botol air minum sendiri yang aman untuk menghindari tumpah jika diletakkan di dekat Anda berolahraga. 

4. Pakaian olahraga

Pilates pada dasarnya tidak membutuhkan pakaian khusus layaknya olahraga renang. Namun biasanya Anda akan dianjurkan pakai pakaian olahraga yang berbahan stretch agar nyaman dikenakan di berbagai manuver gerakan. 

Persiapan pakaian untuk pilates yang dapat Anda kenakan adalah celana legging dan kaos olahraga yang stretch atau elastis bahannya. Tidak dianjurkan pakai pakaian yang longgar dan berbahan kaos. Ini karena beberapa gerakan pilates dapat membuat  baju jadi tersingkap, dan bagian atas tubuh Anda bisa terlihat. 

Baju yang longgar juga bisa membuat instruktur pilates tidak mengetahui postur atau lekuk badan Anda yang salah saat olahraga berlangsung.

Pertimbangkan juga untuk pakai kaos kaki sebagai persiapan pilates yang harus dibawa. Pasalnya telapak kaki bisa berkeringat dan ini berisiko membuat Anda terjatuh. Anda juga bisa pilih kaos kaki yang bagian bawah atau solnya terbuat dari karet. 

Tidak lupa, copot semua perhiasan semacam kalung, anting panjang, atau gelang saat pilates untuk menghindari nyangkut dan cedera.

Sikap yang harus diperhatikan saat pilates

1. Datang tepat waktu

Untuk pilates pemula, persiapan sikap yang harus dimiliki adalah datang tepat waktu. Datang on time juga dapat menjadi sebuah tanda penghormatan kepada instruktur dan siswa lain.

Apabila Anda datang terlambat, ini bisa mengacaukan konsentrasi dan  mengganggu jalannya sesi pilates. Selain itu, terlambat bisa bikin Anda kehilangan beberapa sesi awal penting saat pilates. 

2. Lakukan pemanasan 

Jika Anda datang tidak terlambat dan punya waktu sebelum kelas pilates pertama berlangsung, Anda bisa melakukan pemanasan sebagai persiapan sebelum olahraga. 

Pemanasan adalah cara terbaik untuk membantu meregangkan otot dan bagian tubuu lain agar tidak gampang cedera. Ikuti beberapa gerakan dasar pemanasan yang bisa Anda lihat di internet. 

3. Jangan ngobrol 

Belajar menahan diri untuk tidak ngobrol adalah salah satu persiapan pilates yang harus dimiliki oleh pemula. 

Ngobrol bisa membuat Anda dan orang lain yang diajak berbicara jadi hilang konsentrasi latihan dan peserta pilates yang lain jadi terganggu. 

4. Kembalikan perlengkapan pilates ke tempat semula

Setelah pilates, biasanya untuk mengembalikan barang-barang seperti matras atau gelas yang Anda pakai untuk minum ke tempat semula. Ini adalah persiapan diri serta sikap yang harus Anda tanamkan di studio pilates atau olahraga mana pun Anda berada. 

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ensefalopati Uremikum, Komplikasi Gangguan Ginjal yang Menyerang Otak

Hati-hati jika punya riwayat penyakit ginjal kronis atau akut. Komplikasinya bisa merambat sampai otak, disebut dengan ensefalopati uremikum.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Urologi, Ginjal 25 September 2020 . Waktu baca 4 menit

3 Hal yang Membuat Seks Tidak Lagi Terasa Memuaskan, dan Cara Mengatasinya

Lama-lama, seks bisa jadi membosankan. Apakah artinya sudah tak saling cinta lagi? Bisakah hubungan suami istri terasa nikmat seperti dulu lagi?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 24 September 2020 . Waktu baca 4 menit

5 Hal yang Harus Anda Lakukan Ketika Menyaksikan Bullying

Anda sering melihat bullying tapi tidak tahu harus berbuat apa? Anda ingin menolong korban tapi takut? Cari tahu di sini apa yang harus Anda lakukan!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hidup Sehat, Psikologi 24 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Apakah Posisi Kencing Berdiri Berbahaya untuk Kesehatan?

Kencing dengan posisi berdiri kerap dilakukan pria, tapi mereka yang mengidap gangguan saluran kemih justru dilarang. Apa alasannya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Urologi, Kandung Kemih 24 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kebugaran jantung

Cara Mudah Ukur Kebugaran Jantung dan Paru, Tak Perlu Periksa ke Rumah Sakit

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
pasangan malu berhubungan intim

6 Tips Membantu Pasangan yang Malu Berhubungan Intim

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit
cedera kaki pakai tongkat kruk

Begini Cara Menggunakan Tongkat Kruk yang Benar Saat Sedang Cedera Kaki

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit
psoriasis kuku

Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Psoriasis pada Kuku

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit