home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Tips Agar Tak Tertular Penyakit Saat Naik Kendaraan Umum

5 Tips Agar Tak Tertular Penyakit Saat Naik Kendaraan Umum

Berada di tempat umum kadang membuat kita lebih rentan terkena penyakit, termasuk ketika berada di transportasi publik. Namun, kita tentu tak dapat menghindarinya begitu saja. Agar tetap sehat, ada beberapa tips aman yang harus kita lakukan selama dan setelah naik angkutan umum.

Menurut WHO, naik angkutan umum bahkan dapat membantu kesehatan dan iklim menjadi lebih baik. Mulai dari berkurangnya polusi udara, penurunan risiko kecelakaan lalu lintas, hingga kebisingan suara yang menurun. Lantas, apa saja tips yang harus dilakukan agar tetap sehat dan aman ketika naik angkutan umum?

5 tips sehat dan aman naik angkutan umum

Naik angkutan umum membuat tubuh kita lebih aktif bergerak dibandingkan naik kendaraan pribadi.

Itulah yang bisa membuat jadi kita lebih sehat. Meski begitu, Anda tetap harus waspada saat bepergian dengan transportasi umum.

Sebab ada banyak mikroorganisme penyakit di transportasi umum. Pada saat menggunakan transportasi umum, artinya Anda berbagi ruangan dengan banyak orang yang tidak Anda kenal.

Itulah sebab, bisa saja bakteri atau virus yang dibawa oleh orang lain menempel di tubuh Anda.

Misalnya, Anda sedang menggunakan bus dan Anda berdiri bersebelahan dengan penderita flu yang kebetulan tidak menggunakan masker. Hal itu, meningkatkan risiko Anda untuk tertular flu juga. Apalagi jika ia bersin dan tidak menutup mulut.

Agar tetap sehat dan terhindar dari penularan penyakit ketika naik angkutan umum, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan berikut ini.

1. Mencuci tangan saat sampai tujuan

cuci tangan sebelum seks

Salah satu tips ampuh agar tetap aman meski naik angkutan umum adalah mencuci tangan. Hal ini menghindarkan Anda dari kuman penyakit yang menempel di tangan.

Usahakan untuk mencuci tangan selama 20 detik dengan menggunakan sabun agar terhindar dari penyakit. Selain itu, membawa hand sanitizer dapat menjadi alternatif lain.

Jika memungkinkan, Anda dapat memasukkan tangan di saku selama naik kendaraan umum untuk menghindari sentuhan dari orang lain.

Akan tetapi, jika terpaksa karena tak bisa atau Anda menyentuh pegangan yang mungkin penuh dengan kuman, jaga agar tangan Anda tetap di luar dan jangan memasukkannya ke kantong.

Jika tidak, kantong Anda bisa menjadi tempat yang penuh dengan mikroorganisme penyakit dan membuat Anda mudah terinfeksi penyakit.

2. Kenakan masker

Vaksinasi covid-19 3M

Tips lainnya yang bisa Anda terapkan agar aman saat naik angkutan umum adalah memakai masker.

Masker telah teruji secara klinis mampu mencegah penularan penyakit, terutama yang menyebar lewat droplet (air liur).

Anda tidak pernah tahu bagaimana kondisi kesehatan penumpang lain yang ada di dalam transportasi umum. Bisa saja, udara di sekitar Anda dipenuhi oleh droplet yang mengandung penyakit.

Oleh karena itu, selalu gunakan masker yang menutupi area hidung dan mulut. Selain itu, pastikan masker tidak longgar atau menyisakan celah di bagian samping dan atas.

3. Berkumur dengan obat kumur antiseptik

obat kumur gigi

Selain mencuci tangan, Anda juga bisa berkumur dengan obat kumur antiseptik sebelum melakukan perjalanan.

Pada saat melakukan perjalanan dengan angkutan umum, terkadang Anda lupa untuk memakai masker untuk menutupi mulut Anda.

Akibatnya, polusi dan bakteri rentan masuk ketika Anda bernapas dengan mulut dan membuat Anda tertular penyakit.

Tidak jarang saat bepergian dengan angkutan umum, Anda menyentuh pegangan atau pintu bus yang mungkin penuh bakteri. Tanpa sadar, Anda menyentuh mulut dengan tangan yang penuh bakteri.

Itu sebabnya, berkumur sebelum dan setelah naik angkutan umum adalah tips yang dapat menghindarkan Anda dari risiko ini dan membuat Anda tetap aman.

4. Duduk atau berdiri di tempat yang sepi

duduk dekat jendela naik pesawat

Biasanya, bagian tengah sebuah bus atau kereta berisi lebih banyak orang dibandingkan pada bagian depan atau belakang.

Semakin sedikit orang yang Anda temui, semakin sedikit pula peluang bakteri dan virus berpindah dari mereka untuk kemudian menginfeksi Anda.

Kursi di dekat jendela atau setidaknya di sebelah kenalan Anda pun dapat menjadi cara agar Anda menghindari orang yang membawa kuman penyakit.

5. Pastikan tubuh fit sebelum menaiki kendaraan umum

mengatasi nyeri sendi dan otot karena sering naik angkutan umum

Tips berikutnya agar aman naik angkutan umum adalah memastikan tubuh Anda dalam kondisi yang sehat dan ideal untuk bepergian.

Hindari menaiki transportasi umum ketika Anda merasa sedang tidak enak badan. Tak hanya berisiko tertular penyakit, Anda juga bisa saja menularkan penyakit ke orang lain di dalam kendaraan.

Dengan menerapkan kebiasaan menjaga kebersihan diri di atas, Anda dapat naik angkutan umum dan tetap sehat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Safe Transit Riding Tips – Community Transit. (2021). Retrieved May 27, 2021, from https://www.communitytransit.org/safe-transit-riding-tips 

Moving Around during the COVID-19 Outbreak – WHO. (2021). Retrieved May 27, 2021, from https://extranet.who.int/kobe_centre/sites/default/files/COVID-19_MovingAround_EN.PDF 

Health Effects and Risks of Transport Systems – WHO. (n.d.). Retrieved May 27, 2021, from https://www.euro.who.int/__data/assets/pdf_file/0013/91102/E88772.pdf 

Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public: When and how to use masks – WHO. (2020). Retrieved May 27, 2021, from https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public/when-and-how-to-use-masks 

Krisberg, K. (2013). All aboard! Staying safe and healthy on mass transit – The Nation’s Health. Retrieved May 27, 2021, from https://www.thenationshealth.org/content/43/9/24 

Using Transportation – CDC. (2021). Retrieved May 27, 2021, from https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/daily-life-coping/using-transportation.html

Foto Penulis
Ditulis oleh Nabila Azmi pada 15/01/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x