Kuku rapuh, mudah patah, dan terlihat kusam merupakan salah satu ciri kuku yang tidak sehat. Ini bisa disebabkan oleh cara yang salah saat Anda merawat kuku atau akibat kekurangan asupan nutrisi dalam tubuh. Sejumlah tips berikut bisa memperkuat kuku Anda agar jadi lebih kuat dan tidak gampang patah.

Tips memperkuat kuku agar tidak gampang patah

1. Jangan memotong kutikula kuku

Dana Stern, ahli kulit dari Mount Sinai Medical Center di New York ,mengatakan bahwa salah satu penyebab kuku gampang rapuh adalah karena kebiasaan memotong kutikula kuku. Kutikula adalah lapisan kulit di pangkal tempat tumbuhnya kuku, yang berfungsi sebagai penghalang alami jamur dan bakteri.

Menghilangkan kutikula kuku sama saja artinya Anda menghilangkan sistem perlindungan alami kuku Anda. Memotong kutikula juga bisa berdampak pada infeksi kuku yang akan menimbulkan ruam merah, bengkak, kuku tidak rata, bahkan kerusakan permanen pada kuku Anda.

2. Hindari menggunakan pengeras kuku sembarangan

Tidak semua produk perawatan kuku di pasaran baik efeknya untuk kuku. Contohnya adalah pengeras kuku, dan Dr. Stern mengingatkan bahwa masih banyak produk perawatan tubuh yang belum teruji secara klinis.

Alih-alih ingin memperkuat kuku dengan menggunakan pengeras, kuku Anda malah akan menjadi rapuh dan berwarna kekuningan. Padahal nyatanya, kuku yang sehat adalah kuku yang fleksibel (mudah digerakan, tidak keras). Jadi untuk mencegah agar tidak pecah atau rapuh,  hindari memakai bahan-bahan kimiawi yang belum jelas kandungannya.

3. Berikan kuku Anda pelembab

Meskipun belum banyak data medis yang bisa membuktikan keampuhan pelembab kuku untuk memperkuat lapisan kuku, tapi dari pengalaman nyatanya pelembab kuku dapat memelihara dan melindungi kutikula.

Margaret Ravits, seorang dokter kulit dari  Hackensack University Medical Center mengatakan jika Anda memiliki kuku yang rentan rapuh, gunakan pelembab kuku pada permukaan kuku secara rutin. Pelembab kuku bisa melembabkan serta mengurangi timbulnya retak dan pecah pada ujung dan permukaan kuku.

4. Minum suplemen biotin

Dalam beberapa penelitian, peneliti menemukan bahwa suplemen biotin (turunan vitamin B), dapat meningkatkan ketebalan kuku dan mencegah kuku jadi gampang retak dan pecah. Selain itu, sebuah studi di Jerman meneliti 45 orang peserta yang punya kerusakan kuku amat parah. Nah, 90 persen peserta diberi 2,5 miligram biotin tiap harinya selama beberapa bulan. Hasilnya, beberapa orang tersebut menunjukan peningkatan yang baik pada kuku mereka daripada mereka yang tidak diberi asupan biotin.

5. Hindari pakai aseton untuk kuku

Semua ahli dermatologi menyetujui kalau penggunaan aseton atau cairan penghapus kutek hukumnya wajib dihindari jika Anda ingin memperkuat kuku. Faktanya, aseton bisa menyebabkan kuku menguning dan kusam. Paparan aseton juga menimbulkan efek kesehatan tersendiri pada tubuh, seperti sakit kepala dan lesu. Sebagai gantinya Anda bisa menghapus kutek dengan cairan alami yang terbuat dari air lemon dan sari cuka apel. Selain murah meriah dan lebih sehat, kuku Anda akan terlihat lebih kuat dan cerah bersinar.  

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca