home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Sulam, Tato, atau Cabut Alis, Manakah Cara yang Harus Saya Pilih?

Sulam, Tato, atau Cabut Alis, Manakah Cara yang Harus Saya Pilih?

Pantang keluar rumah sebelum alis terbentuk rapi dan sempurna! Itu prinsip sebagian besar wanita, mungkin termasuk Anda. Ya, alis menjadi salah satu bagian penting yang tak boleh dilewatkan. Dengan punya bentuk alis yang sempurna, para wanita merasa lebih percaya diri. Cara membentuk alis yang paling mudah tentu dengan pensil alis.

Namun, karena terkadang pakai pensil alis itu ribet dan kurang praktis, banyak yang mencari alternatif lain. Saat ini ada banyak cara membentuk alis yang instan dan membuat bentuk alis tahan lama. Sebut saja sula, tato, dan cabut alis. Lalu, dari ketiganya, mana ya yang paling aman dilakukan dalam segi kesehatan?

Pilihan cara membentuk alis yang lebih aman

Berbagai cara membentuk alis dapat dilakukan sendiri di rumah atau di klinik kecantikan. Dari semua pilihan yang ada tapi mana yang lebih aman?

Sulam alis

Sulam alis adalah salah satu cara membentuk alis yang cocok untuk Anda yang memiliki alis tipis. Sulam alis dilakukan dengan menanamkan pigmen berwarna yang menyerupai rambut asli untuk mengisi bagian alis yang kosong. Pigmen warna ini ditanam mengikuti jalur pertumbuhan rambut asli.

Sebelum Anda melakukan prosedur ini, Anda bisa konsultasi terlebih dahulu dengan terapis kecantikan untuk menentukan pigmen warna seperti apa yang senada dengan alis Anda. Sehingga bentuk alis Anda yang baru nanti akan terlihat lebih alami.

Selain itu, sulam alis memudahkan Anda untuk berganti model bentuk alis sesuai dengan keinginan Anda. Sulam alis memberikan hasil yang semi permanen dan bertahan hingga dua tahun dengan touch-up rutin.

Apakah aman melakukan sulam alis? Seperti prosedur kosmetik lainnya, sulam alis aman jika dilakukan oleh terapis yang berpengalaman dan bersertifikat khusus.

Untuk memastikan keamanan prosedur ini, pastikan bahwa peralatan yang akan digunakan steril. Khususnya, mata pisau bedah dan jarum yang digunakan adalah sekali pakai. Minta terapis untuk membuka segel di depan Anda sebelum memulai prosedur.

Mata pisau sekali pakai dan steril penting untuk menghindari infeksi dan penularan penyakit melalui darah, seperti hepatitis B dan C, serta HIV, karena prosedur sulam alis melibatkan pengirisan kulit terbuka.

Selain itu, ada kemungkinan efek samping lainnya termasuk pembengkakan sementara dan iritasi kemerahan.

Tato alis

kelebihan dan kekurangan tato alis

Cara membentuk alis dengan tato alis akan memberikan hasil yang permanen. Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk touch-up atau mengisi alis yang kosong dengan pensil alis lagi.

Anda juga dapat memilih bentuk alis yang Anda inginkan dan sesuai dengan bentuk wajah. Beberapa wanita terkadang memilih untuk mencukur habis alisnya, sebelum melakukan tato alis guna memudahkan menjalani proses pembuatan alis baru.

Prosedur tato alis dilakukan melalui proses mikropigmentasi untuk menempatkan tinta permanen pada lapisan teratas dermis, sehingga menghasilkan bentuk dan warna alis yang bertahan selama kurang lebih satu tahun.

Peralatan yang digunakan termasuk mesin tato, pen atau pensil elektronik yang berfungsi menciptakan sapuan kuas guna meniru penampilan rambut alis yang asli.

Sama halnya dengan sulam alis, tato alis aman jika dilakukan oleh ahlinya. Pastikan juga peralatan tato, termasuk jarum, steril dan sekali pakai. Jarum yang tidak steril dapat menularkan penyakit, seperti HIV dan hepatitis.

Akan tetapi, pada umumnya, efek samping yang mungkin timbul adalah rasa nyeri ringan setelah prosedur.

Cabut alis

Cara membentuk alis yang satu ini adalah cara yang paling sering dilakukan dan lebih hemat biaya, karena bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa perlu ke salon.

Meski bisa dilakukan sendiri, Anda tetap harus hati-hati dalam mencabut alis. Jika Anda menggunakan pinset yang tidak steril atau bahkan karatan, ini sangat mungkin piset menyebarkan bakteri ke kulit sehingga menyebabkan infeksi.

Selain itu, jangan pernah mencabut rambut alis lebih dari satu helai secara bersamaan. Hal ini akan menyebabkan rambut tidak tercabut sampai ke akarnya dan membuat akar terjebak di dalam folikel rambut. Cabutlah alis yang berada hanya di luar garis alis alami Anda.

Namun, sebaiknya Anda disarankan melakukan cabut alis di klinik kecantikan yang memiliki terapis profesional untuk mengurangi risiko terkena infeksi dan iritasi.

Kesimpulan

Setiap cara membentuk alis yang disebutkan di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya, termasuk efek samping masing-masing. Untuk menentukan prosedur mana yang paling aman, sesuaikan dengan kebutuhan Anda sendiri.

Pilihlah prosedur yang membuat Anda nyaman dan sesuai dengan keinginan Anda. Selain itu,jika Anda melakukannya di klinik kecantikan, pastikan sebelum melakukan prosedur bahwa terapis kecantikan sudah berpengalaman dan memang ahli. pastikan juga peralatan yang digunakan benar-benar steril. Hal ini guna untuk menghindari timbulnya efek samping yang tidak diinginkan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Is the eyebrow embroidery beauty trend safe? http://www.besthealthmag.ca/best-looks/beauty/is-the-eyebrow-embroidery-beauty-trend-safe/ diakses 24 Oktober 2018.

All you need to know about eyebrow embroidery http://sg.theasianparent.com/all-you-need-to-know-about-eyebrow-embroidery/3/ diakses 24 Oktober 2018.

Pros & Cons of Permanent Eyebrows https://www.livestrong.com/article/43898-pros-cons-permanent-eyebrows/ diakses 24 Oktober 2018.

Ask the Experts: Is Plucking Your Eyebrows Bad for Them? http://www.telegraph.co.uk/beauty/hair/is-plucking-your-eyebrows-bad-for-them/  diakses 24 Oktober 2018.

How Bad Is It to Pluck Your Eyebrows? http://www.goodhousekeeping.com/beauty/anti-aging/a32161/tweezing-eyebrow-tips/  diakses 24 Oktober 2018.


Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Andisa Shabrina
Tanggal diperbarui 01/11/2018
x