Olahraga merupakan aktivitas penyeimbang supaya hidup Anda lebih sehat. Selama berpuasa Ramadan, banyak orang yang ragu untuk melakukan aktivitas yang satu ini. Wajar, aktivitas ini cukup menguras energi. Padahal olahraga saat puasa sama-sama memiliki manfaat yang juga baik untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya?

Manfaat olahraga saat puasa Ramadan

Olahraga memang menyehatkan dan memakan banyak energi. Namun, bukan berarti tak bisa dilakukan saat Anda berpuasa.

Anda tetap bisa olahraga saat puasa, hanya saja Anda beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti waktu olahraga, jenis, dan intensitas latihan yang harus dikurangi.

Meliburkan diri dari aktivitas fisik, seperti olahraga, selama bulan puasa ternyata sangat merugikan. Kenapa? Sebab, nyatanya olahraga saat puasa dapat membawa manfaat yang tak kalah baik jika dibandingkan dengan waktu biasa.

Menurut beberapa studi, berikut keunggulan olahraga saat berpuasa yang sayang jika dilewatkan.

1. Meningkatkan sistem kekebalan imun

kebiasaan sehat saat puasa

Anda tentu tahu jika puasa memberikan berbagai pengaruh pada tubuh. Ini terjadi akibat aktivitas harian, seperti makan, minum, dan tidur yang mengalami perubahan. Perubahan tersebut ternyata berpengaruh pada sistem imun.

Sebuah penelitian melaporkan bahwa konsentrasi immunoglobulin G dan immunoglobulin A sebagai penyusun sistem imun mengalami penurunan selama bulan puasa. Namun, kadarnya masih tetap dalam kisaran normal.

Meski sistem imun tidak menurun drastis, kebiasaan buruk selama berpuasa tentu bisa membuat Anda mudah sakit. Nah, ketika itulah menjalankan olahraga saat puasa bisa membawa manfaat yang baik.

Olahraga diakui dapat meningkatkan sistem imun sehingga membuat tubuh jadi lebih kuat melawan virus dan bakteri penyebab infeksi.

Ini dibuktikan dengan sebuah studi yang dilakukan oleh Zahedan University of Medical Sciences.

Sebanyak 90 atlet yang rutin berolahraga 2 sampai 3 jam per hari selama puasa, menunjukkan peningkatan kadar immunoglobulin A dalam tubuhnya.

2. Membantu mengendalikan dan menurunkan berat badan

olahraga untuk kesehatan tulang saat puasa

Selain meningkatkan sistem imun, olahraga saat puasa juga memberikan manfaat pada berat badan Anda.

Ya, selain menjalani kewajiban agama, puasa bisa menjadi salah satu cara yang bisa menurunkan berat badan. Bisa dikatakan puasa sama efeknya dengan diet.

Sayangnya, banyak orang yang makan berlebihan saat berbuka sehingga berat badannya malah bertambah. Untuk mencegah kenaikan berat badan , aktivitas fisik seperti olahraga sangat dibutuhkan.

Selama berpuasa, kebutuhan energi yang berasal dari glukosa sangat terbatas. Kondisi ini membuat tubuh mengalihkan bahan bakar energi pada lemak ketika Anda berolahraga.

Berkurangnya jumlah lemak pada tubuh inilah yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

Agar Anda mendapatkan manfaat yang maksimal ketika menjalankan olahraga saat puasa, ada baiknya jika Anda berkonsultasi lebih dulu ke dokter.

Diskusikan rencana yang mungkin telah Anda buat selama berpuasa. Terutama, bagi Anda yang memiliki masalah medis tertentu, seperti diabetes.

3. Mengurangi stres lebih efektif

olahraga sebelum buka puasa

Stres yang berlebihan tentu tidak baik bagi kesehatan. Kondisi ini dapat muncul kapan saja, termasuk ketika sedang berpuasa.

Sebuah studi melaporkan bahwa berpuasa dapat merangsang produksi hormon endorfin. Hormon ini diketahui dapat menimbulkan perasaan senang dan bahagia sehingga mengurangi stres.

Begitu pula dengan olahraga, produksi hormon endorfin juga akan meningkat saat Anda melakukan aktivitas ini.

Nah, apabila Anda melakukan olahraga saat puasa, artinya manfaat endorfin untuk mengurangi stres bisa Anda dapatkan secara double.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca