5 Tanda Ada Masalah Pada Liver Anda

Oleh

Tidak banyak orang yang memperhatikan kondisi hati alias liver mereka, padahal hati adalah salah satu organ terpenting pada tubuh. Hati dapat “berbicara” pada Anda dengan menunjukkan tanda-tanda dan gejala yang dapat terkait dengan masalah kesehatan, terutama penyakit liver. Apabila tanda-tanda ini muncul, Anda perlu mencari cara untuk membersihkan hati Anda. Berikut adalah 5 tanda-tanda peringatan mengenai hati yang paling umum dan tidak boleh Anda abaikan.

Hati Anda berfungsi sebagai area penahan racun-racun yang dapat membahayakan kesehatan Anda, seperti racun dari makanan atau obat-obatan yang Anda konsumsi. Hati juga menyimpan zat-zat penting, seperti glikogen, beberapa vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi. Dengan perannya dalam mendetoksifikasi, hati Anda perlu pembersihan berkala. Berikut adalah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa hati Anda membutuhkan pertolongan.

Hati Anda kesulitan mencerna makanan tinggi lemak

Tugas hati adalah menghasilkan empedu, yang penting untuk pencernaan lemak. Pencernaan lemak adalah kunci untuk penyerapan vitamin yang larut dalam lemak (contohnya vitamin D) dimana tulang perlu memperbaharui dan memperkuatnya. Jika hati Anda mencerna makanan dengan banyak lemak, dapat terjadi masalah. Anda mungkin akan menyadari adanya benjolan lemak pada kulit atau kelebihan berat badan, yang dapat menyebabkan obesitas.

Anda sering mengalami perut kembung

Perut kembung dapat mengindikasikan nonalcoholic steatohepatitis atau NASH, di mana hati menjadi berlemak, bengkak, dan tergores. Anda perlu mengetahui bahwa hati menempati banyak tempat di perut, sehingga apabila hati bengkak, sangat wajar jika Anda merasakan kembung.

Berat badan Anda bertambah secara tak terkendali

Anda tidak dapat mengurangi berat badan walaupun Anda telah mengurangi asupan kalori dan berolahraga. Hati Anda adalah kunci pada regulasi metabolisme. Apabila hati tidak dapat melakukan tugasnya, seluruh sistem tubuh Anda menjadi terhambat. Sulit untuk mengurangi kalori dan lemak saat hati tidak dapat berfungsi untuk mengatur insulin, memecah lemak dan mengatur glukosa darah. Hal ini dapat menghambat penurunan berat badan dan buruk bagi tulang – kelebihan berat badan dapat berkontribusi pada menurunnya kepadatan tulang.

Anda memiliki perut yang sangat buncit, walau Anda tidak minum alkohol

Hal ini dapat terjadi apabila hati bengkak atau tidak berfungsi. Salah satu perbedaan yang jelas pada lemak perut yang terkait dengan hati adalah apabila lemak cenderung berada pada bagian atas perut, di atas lemak perut pada umumnya.

Anda selalu merasa kepanasan atau berkeringat berlebih

Hal ini adalah akibat dari peran hati yang tidak berfungsi dengan benar pada produksi hormon. Hati memiliki hubungan yang kompleks dengan hypothalamus – pusat pengaturan suhu tubuh. Hypothalamus juga berperan dalam kesehatan tulang dengan mengatur kortisol yang merusak tulang dengan melepaskan hormon.

Apa yang harus saya lakukan jika mengalami gejala tersebut?

Banyak program detoks mencurigakan di luar sana yang menjual pil dan produk yang menjanjikan penurunan berat badan. Berhati-hatilah, lakukan penyelidikan dan pilihlah program penurunan berat badan dengan hati-hati. Beberapa program dapat sangat berbahaya. Kami merekomendasikan untuk membersihkan hati Anda dengan cara alami, yaitu dengan mengeluarkan toxin dengan pola makan dan gaya hidup Anda. Saat Anda mengonsumsi bahan-bahan alami, seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan protein tanpa lemak, tubuh Anda akan mengeluarkan racun dan membersihkan secara alami. Pastikan Anda mengurangi makanan dengan kadar gula dan lemak yang tinggi. Hati Anda akan lebih sehat.

BACA JUGA:

Share now :

Direview tanggal: Oktober 27, 2016 | Terakhir Diedit: Maret 19, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca