Air Lemon untuk Mengatasi Maag, Benar Manjur Atau Bahaya?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019
Bagikan sekarang

Bagi Anda yang pernah terserang penyakit maag (gastritis), pasti sudah paham bahwa penyakit ini bisa sungguh menyiksa lambung. Untungnya, gastritis atau sakit maag adalah penyakit yang bisa disembuhkan dengan penanganan yang tepat. Anda biasanya dianjurkan untuk menjaga pola makan yang seimbang serta menghindari jenis makanan dan minuman tertentu. Banyak yang percaya bahwa salah satu jenis makanan dan minuman yang perlu Anda hindari adalah yang sifatnya asam, misalnya lemon. 

Sedangkan Anda mungkin sudah sering dengar bahwa air lemon justru dianjurkan untuk menyembuhkan maag. Apa benar begitu? Yuk, simak faktanya di bawah ini.

Apa yang terjadi pada lambung penderita gastritis?

Selain sakit maag, gastritis juga sering dikenal sebagai radang lambung. Gastritis terjadi karena terjadi peradangan atau pembengkakan pada dinding mukosa lambung. Inilah yang menyebabkan lambung Anda terasa perih dan sakit. Jika sakit maag muncul hanya sebentar dan mendadak, itu berarti Anda menderita gastritis akut. Namun, jika sakit maag yang Anda rasakan berlangsung cukup lama dan sering terjadi, Anda menderita gastritis kronis.

Peradangan atau pembengkakan ini terjadi karena beberapa faktor risiko. Beberapa jenis obat-obatan dilaporkan bisa menyebabkan gastritis. Ini disebabkan oleh reaksi kimia dari obat-obatan tertentu seperti aspirin, ibuprofen, dan naproxen yang mengakibatkan infeksi pada lambung. Tidak menjaga pola makan yang sehat dan ketergantungan terhadap alkohol atau obat-obatan terlarang juga bisa meningkatkan risiko lambung Anda terserang gastritis. Penyebab lainnya adalah infeksi bakteri oleh Helicobacter pylori (H. pylori).

Kandungan asam askorbat dan sifat basa pada lemon

Buah lemon kaya akan kandungan asam askorbat dan alkali yang berguna bagi proses penyembuhan gastritis. Asam askorbat adalah senyawa kimia yang juga dikenal sebagai vitamin C. Berbeda dengan asam sitrat, bahan aditif yang banyak ditemui pada produk makanan dan minuman olahan, asam askorbat adalah asam alamiah yang bisa Anda dapatkan dari buah-buahan seperti lemon, jeruk, dan kiwi.

Air lemon untuk mengatasi maag

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Digestive Diseases and Sciences, vitamin C dalam lemon sangat penting bagi lambung karena kemampuannya menyembuhkan luka akibat peradangan. 

Senyawa yang terkandung dalam lemon juga akan memicu produksi mukus atau lendir yang bertugas untuk melindungi lambung dengan cara menyeimbangkan asam klorida (HCl) yang lebih sering disebut asam lambung. Lambung dengan asam klorida yang terlalu banyak akan lebih berisiko mengalami luka atau peradangan. Maka, mukus akan sangat bermanfaat untuk menetralkan asam dalam lambung.

Lalu apakah ini artinya air lemon bisa mengatasi maag? Belum tentu. Dalam penelitian ini, yang berkhasiat untuk mengatasi maag sebenarnya adalah vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan. Kandungan asamnya sendiri belum terbukti bisa jadi solusi maag.

Karena itu, khasiat air lemon untuk mengatasi maag masih harus diteliti lebih jauh. Pasalnya, mengonsumsi lemon pada saat lambung bermasalah juga berisiko menimbulkan risiko. Beberapa orang sensitif terhadap asam lemon sehingga bisa memicu gejala maag yang lebih parah. Karena itu, bila maag sedang kumat, sebaiknya segera minum obat maag atau periksa ke dokter.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pengobatan Gastritis, Mulai dari Perawatan Dokter Hingga Cara Alami

Munculnya gejala gastritis bisa mengganggu aktivitas. Jangan khawatir, simak pengobatan gastritis berikut ini agar gejalanya tidak lagi kumat.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji

7 Pantangan Agar Gejala Maag Tidak Kumat

Gejala maag dapat kambuh kapan saja. Agar penyakit tidak kumat, ikuti pantangan sakit maag berikut ini mulai dari makanan hingga kebiasaan berikut ini.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji

Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Katanya, minum madu saat sahur bisa memberikan segudang manfaat baik bagi tubuh selama menjalani puasa. Tertarik ingin coba? Simak beragam khasiatnya.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri
Hari Raya, Ramadan Mei 17, 2020

Beragam Cara Pencegahan Gastritis yang Paling Ampuh

Salah satu masalah lambung yang umum terjadi adalah gastritis. Kondisi ini menandakan adanya peradangan pada lambung sehingga menimbulkan berbagai gejala, seperti mual dan mulas. Kabar baiknya, gastritis bisa dicegah ...

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji

Direkomendasikan untuk Anda

diagnosis hiv

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh Irene Anindyaputri
Tanggal tayang Mei 26, 2020
komplikasi gastritis

4 Komplikasi Gastritis yang Patut Diwaspadai

Ditulis oleh Aprinda Puji
Tanggal tayang Mei 23, 2020
akibat bahaya penyakit maag kronis akut

6 Komplikasi yang Mungkin Terjadi Akibat Penyakit Maag

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Tanggal tayang Mei 21, 2020
mulut terasa pahit saat puasa

5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit Saat Puasa

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Ajeng Quamila
Tanggal tayang Mei 19, 2020