Asam Lambung Naik Bikin Perut Perih? Yuk, Redakan Dengan Konsumsi Jahe!

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 November 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Punya masalah dengan refluks asam lambung tentu saja bikin aktivitas jadi terganggu. Bagaimana tidak, asam lambung yang naik membuat perut terasa mulas, bahkan sampai merasakan sensasi terbakar di dada (heartburn). Selain dengan obat medis, Anda sebetulnya juga bisa memanfaatkan bahan alami untuk mengatasi asam lambung naik, yaitu dengan jahe. Memangnya, seberapa ampuh jahe sebagai obat asam lambung alami?

Manfaat jahe sebagai obat asam lambung alami

6 manfaat jahe bagi kesehatan

Mendengar kata jahe, Anda mungkin langsung terbayang dengan rempah atau jamu penghangat tubuh. Jangan salah, manfaat jahe bukan cuma itu saja, lho! Kabar baik bagi Anda yang punya masalah asam lambung naik, jahe juga bisa digunakan sebagai pilihan obat asam lambung alami.

Dilansir dari Healthline, senyawa fenolat pada jahe diyakini dapat meredakan iritasi pada saluran cerna dan mengurangi kontraksi lambung. Ini dapat mengurangi risiko zat asam dari lambung bergerak naik ke kerongkongan. Dengan kata lain, kemungkinan refluks asam lambung bisa dihindari dengan konsumsi jahe.

Selain itu, tanaman herbal yang satu ini juga memiliki sifat antiradang yang baik untuk tubuh. Hal ini telah dibuktikan oleh para ahli melalui sebuah studi dalam jurnal Cancer Prevention Research tahun 2011 silam.

Para ahli menemukan bahwa gejala peradangan dalam tubuh jadi berkurang setelah mengonsumsi suplemen jahe selama satu bulan. Ini karena sensasi hangat dari jahe dapat membantu menenangkan tubuh sekaligus mengurangi produksi asam lambung. Tanaman herbal yang satu ini juga dapat mengurangi mual, mencegah nyeri otot, dan mengurangi pembengkakan pada tubuh.

Meskipun manfaat jahe sebagai obat asam lambung alami telah dibuktikan, para ahli masih membutuhkan analisa dan penelitian lebih lanjut. Mereka masih belum tahu pasti seberapa lama efek jahe dalam mencegah refluks asam lambung.

Cara memanfaatkan jahe untuk mengobati refluks asam lambung

minum air jahe
Sumber: Medical News Today

Untuk memanfaatkan jahe sebagai obat asam lambung alami, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Anda bisa langsung makan jahe mentah-mentah, membuat teh jahe, atau mencampurkannya ke dalam sup atau masakan lainnya.

Meski khasiatnya menggiurkan, ini bukan berarti Anda boleh menggunakan jahe dalam jumlah banyak sekaligus, ya! Alih-alih meredakan gejala penyakit asam lambung, terlalu banyak konsumsi jahe justru bisa bikin perut semakin perih.

Sebagai langkah awal, gunakan sekitar 4 gram jahe untuk membuat secangkir air jahe yang menghangatkan. Coba dulu sedikit demi sedikit dan rasakan perubahannya dalam tubuh Anda.

Jika perut Anda terasa baik-baik saja alias tidak mulas, maka Anda boleh membuat teh jahe secara rutin untuk mengatasi asam lambung naik. Sebaliknya, segera hentikan penggunaannya jika perut Anda terasa perih dan mulas.

Konsultasikan dulu ke dokter sebelum mencoba

pergi ke dokter kandungan

Sebelum mencoba konsumsi jahe sebagai obat asam lambung alami, ada baiknya konsultasikan dulu ke dokter. Walaupun dalam hal ini manfaat jahe sudah tidak diragukan lagi, ada beberapa efek samping jahe yang perlu Anda perhatikan.

Pada sebagian orang, konsumsi jahe bisa memicu efek samping berupa perut kembung dan sendawa. Bahkan, sensasi panas dari jahe tak jarang membuat perut terasa sedikit mulas dan memperparah asam lambung naik. Apalagi kalau jumlah jahe yang digunakan terlalu banyak, yaitu lebih dari 4 gram.

Dokter akan melihat kondisi kesehatan Anda terlebih dahulu, apakah lambung Anda kuat menerima asupan jahe atau tidak. Jika masalah asam lambung Anda tergolong parah, dokter mungkin akan meresepkan obat asam lambung medis yang lebih aman untuk Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sudah Minum Kopi Tapi Masih Ngantuk, Apa Penyebabnya?

Gen ternyata berperan penting untuk mencerna kafein dari kopi Anda, lho. Tak percaya? Langsung simak dua alasan sudah minum kopi masih ngantuk berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 14 September 2020 . Waktu baca 4 menit

6 Manfaat Susu Kefir yang Ternyata Menyehatkan

Kefir bukan hanya digunakan sebagai masker kecantikan saja. Kefir juga diproduksi sebagai susu yang menyehatkan. Apa saja manfaat susu kefir?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Fakta Unik 14 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Roh Keluar dari Tubuh Saat Tidur (Astral Projection): Fenomena Klenik Atau Kondisi Medis Nyata?

Pernah dengar tentang proyeksi astral? Fenomena roh keluar dari tubuh yang katanya mengandung hal-hal mistis ini ternyata ada penjelasan ilmiahnya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Fakta Unik 14 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Begini Akibat Jika Anda Terlalu Sering Menahan Kencing

Kebiasaan seseorang menahan kencing dapat memberikan akibat yang serius yaitu munculnya penyakit dalam sistem urologi. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Urologi 7 September 2020 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

terapi urine minum air kencing

Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit
ciri-ciri dan gejala alergi dingin

Gejala Alergi Dingin Ringan Hingga Berat yang Wajib Anda Kenali

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 21 September 2020 . Waktu baca 6 menit
mencium spidol

Meski “Wangi”, Hobi Menghirup Aroma Spidol Bisa Membahayakan Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 September 2020 . Waktu baca 3 menit
nyetrum ketika disentuh

Mengapa Ada Orang yang Nyetrum Ketika Disentuh?

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 September 2020 . Waktu baca 4 menit