Asam Lambung Naik Bikin Perut Perih? Yuk, Redakan Dengan Konsumsi Jahe!

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019 . 4 mins read
Bagikan sekarang

Punya masalah dengan refluks asam lambung tentu saja bikin aktivitas jadi terganggu. Bagaimana tidak, asam lambung yang naik membuat perut terasa mulas, bahkan sampai merasakan sensasi terbakar di dada (heartburn). Selain dengan obat medis, Anda sebetulnya juga bisa memanfaatkan bahan alami untuk mengatasi asam lambung naik, yaitu dengan jahe. Memangnya, seberapa ampuh jahe sebagai obat asam lambung alami?

Manfaat jahe sebagai obat asam lambung alami

6 manfaat jahe bagi kesehatan

Mendengar kata jahe, Anda mungkin langsung terbayang dengan rempah atau jamu penghangat tubuh. Jangan salah, manfaat jahe bukan cuma itu saja, lho! Kabar baik bagi Anda yang punya masalah asam lambung naik, jahe juga bisa digunakan sebagai pilihan obat asam lambung alami.

Dilansir dari Healthline, senyawa fenolat pada jahe diyakini dapat meredakan iritasi pada saluran cerna dan mengurangi kontraksi lambung. Ini dapat mengurangi risiko zat asam dari lambung bergerak naik ke kerongkongan. Dengan kata lain, kemungkinan refluks asam lambung bisa dihindari dengan konsumsi jahe.

Selain itu, tanaman herbal yang satu ini juga memiliki sifat antiradang yang baik untuk tubuh. Hal ini telah dibuktikan oleh para ahli melalui sebuah studi dalam jurnal Cancer Prevention Research tahun 2011 silam.

Para ahli menemukan bahwa gejala peradangan dalam tubuh jadi berkurang setelah mengonsumsi suplemen jahe selama satu bulan. Ini karena sensasi hangat dari jahe dapat membantu menenangkan tubuh sekaligus mengurangi produksi asam lambung. Tanaman herbal yang satu ini juga dapat mengurangi mual, mencegah nyeri otot, dan mengurangi pembengkakan pada tubuh.

Meskipun manfaat jahe sebagai obat asam lambung alami telah dibuktikan, para ahli masih membutuhkan analisa dan penelitian lebih lanjut. Mereka masih belum tahu pasti seberapa lama efek jahe dalam mencegah refluks asam lambung.

Cara memanfaatkan jahe untuk mengobati refluks asam lambung

minum air jahe
Sumber: Medical News Today

Untuk memanfaatkan jahe sebagai obat asam lambung alami, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Anda bisa langsung makan jahe mentah-mentah, membuat teh jahe, atau mencampurkannya ke dalam sup atau masakan lainnya.

Meski khasiatnya menggiurkan, ini bukan berarti Anda boleh menggunakan jahe dalam jumlah banyak sekaligus, ya! Alih-alih meredakan gejala penyakit asam lambung, terlalu banyak konsumsi jahe justru bisa bikin perut semakin perih.

Sebagai langkah awal, gunakan sekitar 4 gram jahe untuk membuat secangkir air jahe yang menghangatkan. Coba dulu sedikit demi sedikit dan rasakan perubahannya dalam tubuh Anda.

Jika perut Anda terasa baik-baik saja alias tidak mulas, maka Anda boleh membuat teh jahe secara rutin untuk mengatasi asam lambung naik. Sebaliknya, segera hentikan penggunaannya jika perut Anda terasa perih dan mulas.

Konsultasikan dulu ke dokter sebelum mencoba

pergi ke dokter kandungan

Sebelum mencoba konsumsi jahe sebagai obat asam lambung alami, ada baiknya konsultasikan dulu ke dokter. Walaupun dalam hal ini manfaat jahe sudah tidak diragukan lagi, ada beberapa efek samping jahe yang perlu Anda perhatikan.

Pada sebagian orang, konsumsi jahe bisa memicu efek samping berupa perut kembung dan sendawa. Bahkan, sensasi panas dari jahe tak jarang membuat perut terasa sedikit mulas dan memperparah asam lambung naik. Apalagi kalau jumlah jahe yang digunakan terlalu banyak, yaitu lebih dari 4 gram.

Dokter akan melihat kondisi kesehatan Anda terlebih dahulu, apakah lambung Anda kuat menerima asupan jahe atau tidak. Jika masalah asam lambung Anda tergolong parah, dokter mungkin akan meresepkan obat asam lambung medis yang lebih aman untuk Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Frozen Yogurt Versus Es Krim, Lebih Sehat Mana?

Benarkah frozen yogurt memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit dari es krim? Cari tahu di sini untuk memastikan apakah frozen yogurt memang lebih sehat.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 17/06/2020 . 5 menit baca

Berbagai Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

Bau mulut atau halitosis adalah masalah yang sangat mengganggu dan memalukan. Cari tahu semua tentang penyebab dan cara menghilangkan bau mulut tak sedap.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 17/06/2020 . 5 menit baca

Otot Sering Kedutan, Bahaya atau Tidak?

Hampir semua orang pernah mengalami mata atau tangan kedutan. Namun, apakah Anda tahu arti kedutan dan risikonya bagi kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 15/06/2020 . 5 menit baca

Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

Postpartum depression tak cuma menyerang wanita yang baru melahirkan. Depresi pasca melahirkan juga bisa dialami para ayah. Inilah tanda-tandanya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Parenting, Tips Parenting 14/06/2020 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

jahe untuk ibu hamil

Manfaat dan Efek Samping Jahe untuk Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 06/07/2020 . 4 menit baca
mual karena gugup

Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21/06/2020 . 6 menit baca
mata plus pada anak

Begini Alasan Adanya Mata Plus pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 20/06/2020 . 5 menit baca
obat maag alami herbal asam lambung

Manfaat Bahan-bahan Herbal untuk Pengobatan Gangguan Lambung

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 18/06/2020 . 5 menit baca