Tangan dan Kaki Gatal di Malam Hari? Bisa Jadi Tanda Neurodermatitis

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Seringkah punggung kaki atau pergelangan tangan Anda gatal pada malam hari? Sekali Anda menggaruknya, rasa gatal itu malah semakin bertambah. Jika iya, mungkin Anda sedang mengalami neurodermatitis. Apakah neurodermatitis itu? Yuk, simak ulasan berikut untuk mengetahui penyakit ini lebih lanjut.

Neurodermatitis, penyebab tangan dan kaki gatal di malam hari

Neurodermatitis atau disebut juga dengan liken simpleks kronis adalah penyakit kulit kronis yang menyebabkan rasa gatal. Siklus awal yang terjadi pada penyakit ini adalah timbulnya rasa gatal yang dapat membuat kulit menjadi tebal dan terasa kasar. Akibat garukan itu, kulit akan muncul bintik-bintik kecil yang kemudian melebar menjadi bercak.

Selain pada kaki, penyakit ini juga sering terjadi pada pergelangan tangan, bagian belakang leher, lengan bawah, paha, anus (dubur), serta area kelamin seperti kulit skrotum (buah zakar) dan bibir vagina. Penyakit ini tidak berbahaya dan tidak pula menular, tapi dapat menganggu aktivitas, fungsi seksual dan kualitas hidup Anda akibat adanya rasa gatal yang terus berulang.

Gejala neurodermatitis

Berikut gejala yang terjadi pada penyakit neurodermatitis, seperti:

  • Timbul rasa gatal pada bagian tubuh tertentu.
  • Bagian yang gatal tersebut menjadi tebal dan terasa kasar.
  • Muncul bintik-bintik yang kemudian melebar menjadi bercak, kadang berwarna merah atau lebih gelap daripada kulit sekitarnya. Namun, bercaknya tidak akan terus melebar sampai warna kulitnya berubah.
  • Rasa gatal bisa hilang dan kembali atau terus terjadi, bahkan ketika Anda ingin tidur.

Jika Anda merasakan gejala-gejala tersebut, rasa gatalnya menganggu aktivitas dan menjadi sebuah kebiasaan, bahkan membuat kulit terasa perih dan iritasi, segera temui dokter spesialis kulit untuk mengatasi penyakit ini.

Penyebab dan faktor risiko neurodermatitis

Dilansir dari Mayo Clinic, sampai saat ini, penyebab pasti terjadinya neurodermatitis belum diketahui. Namun, penyakit ini dapat muncul pada seseorang yang memiliki kulit kering, eksim, psoriasis, alergi serta gangguan emosional.

Faktor lainnya seperti gigitan serangga dan menggunakan pakaian yang terlalu ketat, terutama yang berbahan wol, poliester, dan rayon juga dapat memicu terjadinya penyakit ini. Selain itu, melakukan aktivitas yang melelahkan pada cuaca panas sehingga menyebabkan keringat dan tekanan darah menurun juga dapat memicu neurodermatitis.

Penyakit ini biasanya rentan terjadi pada seseorang yang berusia sekitar 30 sampai 50 tahun. Kemudian, berdasarkan jenis kelaminnya, perempuan lebih berisiko terkena penyakit ini dibanding laki-laki. Selain itu, penggunaan obat-obatan lithium dan insufisiensi vena (kurangnya fungsi pembuluh dari balik ke jantung) juga bisa menjadi faktor risiko tangan dan kaki gatal, terutama di malam hari.

Hati-hati infeksi akibat gatal di malam hari

Luka yang Anda garuk secara terus-menerus dapat menyebabkan iritasi. Jika tidak secepatnya ditangani, bakteri akan lebih mudah masuk pada luka tersebut dan akan menyebabkan infeksi. Bekas luka yang permanen juga akan mengubah warna kulit Anda. Kadang menyebabkan hiperpigmentasi (kulit warna menjadi lebih hitam dari sekitarnya).

Bagaimana cara mengatasi neurodermatitis?

Untuk perawatannya, orang dengan tangan, tubuh, atau kaki gatal karena neurodermatitis akan diresepkan beberapa obat. Berikut obat-obatannya.

  • Antihistamin (obat alergi) untuk mengurangi rasa gatal dan peradangan
  • Kortikosteroid, baik berbentuk kapsul maupun krim, untuk menekan terjadinya peradangan
  • Obat penenang untuk mengontrol tingkat stres
  • Asam salisilat untuk mengurangi terjadinya penebalan kulit

Selain obat, hal yang terpenting bagi penderita neurodermatitis adalah mengurangi garukan sehingga kulit tidak menebal dan iritasi. Selain itu, mengoleskan petroleum jelly juga bisa mencegah kulit kering. Pasalnya, neurodarmatitis rentan terjadi pada orang dengan kulit yang kering.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca