Efektif Menghentikan Batuk, Coba 13 Ragam Obat Batuk Alami Ini

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20/05/2020
Bagikan sekarang

Dalam mengobati penyakit batuk, Anda tak selalu harus berobat ke dokter. Jika gejala batuk yang dialami tidak terlalu parah, pemulihan bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat batuk apotek atau obat batuk alami.

Kedua jenis obat ini memiliki cara kerja yang berbeda dalam menyembuhkan batuk. Namun apabila diolah dengan tepat, obat batuk alami lebih aman untuk dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak-anak.

13 obat batuk alami yang mudah didapat

Perempuan dewasa mengalami batuk

Sebelum mencoba obat batuk bebas yang bisa dibeli di apotek atau supermarket, Anda sebenarnya bisa mencoba beragam bahan alami yang bisa mengatasi batuk.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa beberapa obat alami memiliki efek penyembuhan yang sama efektifnya dengan obat batuk apotek. Oleh karena berasal dari bahan alami, obat batuk  ini tidak memiliki efek samping seperti obat batuk yang dijual bebas di apotek.

Jika tertarik melakukan menyembuhkan batuk Anda secara alami, berikut ini adalah beberapa bahan yang bisa diolah dengan mudah menjadi obat batuk alami.

1. Air Garam Hangat

Air garam hangat untuk obat batuk alami

Garam bisa menjadi obat batuk alami yang mudah didapatkan di rumah. Garam yang dilarutkan ke dalam air hangat dapat mencegah penumbuhan bakteri yang menginfeksi tenggorokan.

Masukan seperempat sampai setengah sendok teh garam ke dalam 250 ml air hangat, lalu aduk hingga larut. Kemudian berkumurlah menggunakan larutan ini setiap tiga jam sekali.

Jika ingin menggunakan bahan ini sebagai obat batuk untuk anak, pastikan Anda mengajari dan memberitahu si kecil bagaimana cara berkumur yang benar sehingga larutan tersebut tidak tertelan.

Rutin berkumur menggunakan obat batuk dari air garam juga dapat membantu menjaga kesehatan tenggorokan, pembekakan di area mulut, dan menjaga napas tetap segar.

2. Obat batuk alami dari madu

Madu untuk obat alami

Madu memang sejak dari dulu telah dimanfaatkan untuk sebagai obat untuk berbagai penyakit,  termasuk sebagai obat batuk alami.

Berbagai penelitian pun membuktikan betapa manjurnya kandungan yang dimiliki madu dalam menyembuhkan penyakit batuk. Zat analgesik yang terdapat pada obat batuk ini mampu menghentikan infeksi yang terjadi pada penyakit batuk kering maupun batuk berdahak.

Untuk mengoptimalkan efek penyembuhan dari obat batuk ini, satu sendok teh madu bisa dikonsumsi secara langsung dalam keadaan perut sedang kosong.

Selain dapat dikonsumsi secara langsung, obat batuk dari madu juga dapat dicampur  ke dalam susu atau dilarutkan dengan teh herbal dan perasaan lemon.

Campuran obat batuk ini memberikan efek penyembuhan yang lebih baik karena kombinasi madu dan lemon membantu melancarkan pergerakan udara di saluran pernapasan.

3. Jahe

Jahe sebagai obat batuk alami

Meminum campuran jahe yang telah dilarutkan ke dalam air hangat atau teh dapat membantu meredakan gejala dari penyakit batuk yang Anda alami.

Kandungan bahan alami pada obat batuk alami dari jahe memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang kuat sehingga bisa melawan infeksi dalam saluran pernapasan, sekaligus mencegah perkembangan virus dan bakteri baru.

Jahe yang termasuk ke dalam analgesik alami dapat memberi efek menghangatkan tubuh. Sensasi hangat dari obat batuk ini membantu mengencerkan lendir di saluran pernapasan sehingga amat cocok dijadikan obat herbal untuk menyembuhkan batuk berdahak.

Namun obat batuk dari jahe juga dapat mengurangi rasa sakit pada tenggorokan yang disebabkan oleh penyakit batuk kering karena rasa hangatnya mampu melemaskan otot-otot tenggorokan yang menegang.

Manfaat dari obat batuk ini dapat diperoleh secara maksimal dengan mengonsumsinya secara langsung. Jika tak suka dengan rasanya yang pahit, Anda dapat mencoba membuat ramuan obat batuk dari jahe, air perasan lemon, teh, madu, ataupun susu. Konsumsi obat batuk ini sebanyak dua kali sehari selama mengalami batuk terus-menerus.

4. Lemon untuk campuran obat batuk alami

Lemon-dan-madu-untuk-obat

Buah-buahan juga dapat dijadikan obat batuk alami yang ampuh, salah satunya adalah lemon. Sebagai obat batuk, lemon mampu mengurangi radang yang terjadi di bagian tenggorokan, sekaligus memberi asupan vitamin C yang cukup untuk tubuh.

Ramuan obat batuk sederhana dapat dibuat dengan cara mengombinasikan satu sendok teh jus lemon dengan satu sendok teh madu. Minumlah obat batuk ini beberapa kali dalam sehari. Cara lain mengonsumsi lemon sebagai obat batuk adalah dengan mencampurkan lada dan madu ke dalam air perasan lemon.

5. Kunyit

Kunyit untuk obat batuk alami

Kunyit dapat mengurangi gejala yang disebabkan oleh penyakit batuk, terutama batuk kering sehingga bisa dijadikan obat batuk alami. Dalam kunyit, terdapat curcumin bersifat antiradang, sehingga  mampu melawan partikel asing yang mengakibatkan infeksi di saluran pernapasan.

Curcumin memiliki kemampuan yang sama kuatnya dengan beberapa obat yang juga mengandung zat antiradang.

Cara memanfaatkan kunyit sebagai obat batuk adalah dengan menghancurkannya menjadi bubuk halus, lalu mencampurkan ke dalam satu gelas susu panas.

Selain itu, Anda bisa mencampur obat batuk dari kunyit dengan garam dalam teh yang dilarutkan dalam 4 gelas air untuk meredakan rasa gatal pada tenggorokkan.

Usahakan untuk tak langsung minum air putih setelah mengonsumsi ramuan obat batuk ini. Air putih dapat menghambat kerja dari senyawa anti-inflamasi yang terkandung pada kunyit.

6. Obat batuk alami dari bawang Putih

khasiat bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu obat batuk alami yang paling mudah diperoleh. Aroma menyengat yang dihasilkan saat mengunyah bawang putih secara langsung dapat menghentikan batuk.

Obat batuk dari bawang putih juga mengandung senyawa allicin yang dapat membasmi bakteri dan virus di dalam tenggorokan. Sifat antimikroba dari obat batuk ini juga ampuh menghentikan infeksi ataupun iritasi yang menimbulkan lendir berlebih, sehingga bisa menjadi obat batuk berdahak.

Selain dimakan, Anda juga bisa mengatasi batuk dengan cara menghirup aroma menyengat dari bawang putih. Atau, Anda dapat membuat ramuan obat batuk dengan campuran bawang putih halus, madu, serta teh.  Minumlah larutan obat batuk ini paling tidak dua kali sehari untuk meredakan batuk dan rasa sakit di tenggorokan.

7. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel untuk obat alami

Cuka apel mengandung asam asetik yang bersifat antibakteri. Oleh karena sifatnya ini, cuka apel dapat dijadikan obat batuk alami. Pasalnya, zat antibakteri tersebut mampu memecah gumpalan lendir dan mematikan bakteri yang menyerang saluran pernapasan.

Untuk mengolah cari suka apel menjadi obat batuk, Anda dapat mencairkan 1 sampai 2 sendok cuka sari apel ke dalam satu gelas air. Kemudian, berkumurlah dengan larutan obat batuk ini, lalu minum. Ulangi cara ini secara berturut-turut selama satu sampai dua kali dalam satu jam.

Sebelum berkumur dengan larutan obat batuk dari cuka apel selanjutnya, minumlah air putih sebanyak-banyaknya.

8. Makanan Probiotik sebagai obat batuk alami

Makanan probiotik untuk obat batuk alami

Probiotik adalah mikroorganisme yang dapat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Probiotik memang tidak bekerja secara langsung dalam menyembuhkan batuk, namun membantu menyeimbangkan kandungan gastrointestinal yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh saat terserang penyakit batuk.

Probiotik seperti Lactobacillus yang terkandung dalam susu, kefir, dan cuka sari apel dapat mengurangi gejala pada batuk yang disebabkan oleh alergen tertentu. Oleh karena itu bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk alami. Kandungan probiotik terbaik terdapat pada susu, namun konsumsinya tetap perlu diwaspasdai karena dapat membuat dahak menebal.

10. Nanas

Nanas untuk obat alami

Buah selain lemon yang bisa digunakan sebagai obat batuk alami adalah nanas. Nanas mengandung enzim bromelain yang dapat membantu meredakan gejala yang timbul saat mengalami batuk berdahak. Kandungan bormelain yang tersusun dari enzim proteolytic dan protease ini memiliki sifat antiinflamasi sehingga dapat memecah dahak yang menggumpal di bagian tenggorokan dan paru-paru.

Untuk memanfaatkan khasiat nanas sebagai obat batuk, konsumsilah 60 gram potong nanas dalam sehari, atau nanas juga dapat dijadikan jus dan diminum sebanyak 3 kali dalam sehari sampai gejala-gejala dari penyakit batuk berdahak yang Anda alami berangsur membaik.

Namun, obat batuk dari nanas juga berpotensi menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Jika enzim bromelain dikonsumsi secara bersamaan dengan antibiotik seperti amoksisilin, maka dapat meningkatkan penyerapan antibiotik di dalam tubuh.

Maka dari itu, ada baiknya berkonsultasi dengan tenaga medis untuk mengetahui kombinasi nutrisi yang terbaik saat sedang menjalani pengobatan batuk.

11. Kaldu Tulang

Sup kaldu tulang untuk obat batuk alami

Mengonsusmsi kaldu tulang dapat memberikan banyak efek positif bagi kesehatan, mulai dari membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengencerkan dahak di saluran pernapasan, sampai meningkatkan kemampuan detofisifikasi pada tubuh.

Sebagai obat batuk, kaldu tulang memang tidak dapat menyembuhkan batuk secara langsung. Namun mengonsumsi obat batuk dari kaldu tulang dapat meminimalisir gejala dari penyakit batuk yang disebabkan oleh infeksi oleh partikel berbahaya, seperti paparan polusi, zat kimia, bakteri, dan zat beracun lainnya.

Ketika Anda mengalami batuk berkepanjangan, kadar cairan tubuh cenderung menurun sehingga Anda pun rentan mengalami dehidrasi. Obat batuk  dari kaldu tulang memiliki kandungan elektrolit dalam bentuk sodium yang sehingga tubuh dapat lebih mudah menyerap cairan yang masuk.

Anda dapat mengonsumsi obat batuk dari kaldu tulang yang telah dipanaskan sehingga dapat memberikan efek relaksasi yang maksimal pada bagian saluran pernapasan yang terasa sesak.

12. Obat batuk alami dari akar Licorice

Akar licorice sebagai obat alami

Telah lama digunakan sebagai obat untuk meredakan radang tenggorokan, akar licorice juga dapat dimanfaatkan sebagai obat batuk , khususnya yang mengatasi batuk berdahak dan batuk yang disebabkan alergi.

Kandungan glycyrrhizin pada obat batuk dari akar licorice ini memiliki sifat antialergen sehingga dapat mengencerkan lendir yang mengakibatkan rasa sesak saat bernapas. Obat ini 30-50 kali lebih manis dibandinglan sukrosa sehingga dapat meningkatkan perubahan  kortisol menjadi kortison. Peningkatan kortisol ini diiringi dengan berkurangnya inflamasi.

13. Humidifier

Humidifier di kamar

Udara yang kering dapat memperburuk gejala batuk Anda. Penggunaan humidifier di dalam ruangan dapat melembabkan udara di sekitar. Alat ini dapat meningkatkan kelembaban ruangan hingga tingkat kelembapan ideal menurut Environmental Protection Agency (EPA) yaitu sekitar 30 sampai 50 persen.

Uap yang disemprotkan humidifier membersihkan sirkulasi udara di dalam ruangan dari debu, polusi, mikroorganisme, dan bakteri. Maka, alat ini juga cocok ditempatkan di kamar  sehingga bisa membantu meredakan penyakit batuk saat tidur. 

Untuk menentukan mana obat alami mana yang paling mujarab, sebaiknya Anda menyesuaikan dengan gejala, penyebab, dan jenis batuk yang Anda alami.

Pun demikian, dokter dan farmasis klinis, Valerie Sung dan Noel Cranswick, dari Royal Childern’s Hospital Melbourne dalam Cough and Cold Remedies for Children menjelaskan masih sedikitnya penelitian yang dilakukan untuk membuktikan bahwa obat alami benar-benar dapat mengobati penyakit batuk. Namun, bukan berarti obat dari bahan alami tidak dapat memberikan pengaruh positif sama sekali terhadap kondisi tubuh.

Pengobatan batuk secara alami yang aman untuk anak

anak gejala bersin batuk

Penanganan penyakit batuk untuk anak-anak berbeda dengan orang dewasa. Fungsi fisiologis tubuh anak yang masih berkembang dan sistem imun yang belum kuat membuat anak-anak lebih sensitif terkena efek samping yang ditimbulkan oleh obat OTC.

Menurut American Academy of Pediatrics, terdapat lebih dari satu kandungan dalam obat batuk OTC yang memungkinkan meningkatnya risiko overdosis pada anak di bawah 4 tahun saat dikombinasikan penggunaannya dengan obat lain. FDA juga tak merekomendasikan penggunaan obat OTC pada anak di bawah 2 tahun.

Maka dari itu, pengobatan batuk secara alami dapat dijadikan alternatif yang tepat agar tidak membahayakan si kecil. Apabila Anda melihat munculnya gejala-gejala penyakit batuk pada anak Anda, lakukan langkah-langkah seperti di bawah ini agar kondisinya tak semakin parah.

1. Memberikan madu di malam hari

Madu dapat menjadi pilihan obat alami yang tepat untuk anak-anak. Selain kandungannya yang memang ampuh menyembuhkan batuk, madu juga lebih disukai oleh anak-anak karena rasanya yang manis. Cara mengolah madu sebagai obat batuk bisa dilakukan dengan memberikan 2-5 ml madu pada anak setiap malamnya, sebelum mereka tidur.

Namun jangan memberikan obat alami dari madu pada anak yang berusia dibawah satu tahun, karena dapat menyebabkan botulisme, yaitu kondisi keracunan serius yang dialami oleh bayi.

2. Oleskan balsam mentol di permukaan tubuh

Apabila si kecil merasa sesak napas atau sakit pada tenggorokan, Anda dapat mengoleskan balsam mentol pada permukaan kulit dada dan leher.

Efek hangat dari kandungan mentol  membantu memberikan sensasi lega dan meredakan rasa nyeri pada bagian tubuh tersebut. Cara ini bisa dilakukan pada anak-anak yang berusia 2 tahun atau lebih.

3. Memberi air putih yang cukup

Saat anak terserang batuk, kadar cairan tubuhnya dapat berkurang. Kondisi ini dapat memungkinkan anak terkena dehidrasi saat mengalami batuk kering. Oleh karena itu, pastikan Anda memberikan asupan cairan yang cukup selama proses pengobatan sehingga obat batuk alami dapat bekerja dengan lebih optimal.

Apabila batuk yang di alami si kecil semakin parah sekalipun sudah mencoba beberapa ramuan obat alami, jangan ragu untuk segera menemui dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih pasti dan efektif.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mucohexin

PenggunaanUntuk apa mucohexin digunakan? Mucohexin adalah sebuah merek obat yang tersedia dalam bentuk sirup. Obat ini mengandung bromhexine sebagai kandungan utamanya. Bromhexine termasuk ke dalam golongan obat ...

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari

Batuk Kering

Batuk kering adalah jenis batuk yang tidak disertai dahak. Cari tahu gejala, penyebab, dan langkah pengobatannya secara lebih mendalam di artikel ini!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Fidhia Kemala

Batuk Berdahak

Batuk berdahak adalah jenis batuk yang seringnya disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan. Cari tahu gejala, penyebab, obat, dan cara mengatasinya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Fidhia Kemala

Infografik: Gangguan Kesehatan yang Sering Menyerang Pejuang KRL

Anda sering naik KRL untuk pergi ke kantor, kampus, atau sekolah? Waspadai berbagai gangguan kesehatan berikut dan cari tahu solusinya di sini!

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Infografik 03/05/2019

Direkomendasikan untuk Anda

puasa saat flu saat puasa

Kena Flu Saat Puasa Itu Baik! Kok Bisa? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 04/05/2020
minum obat batuk

Kapan Harus Minum Obat Saat Sudah Mulai Batuk?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 22/04/2020
anak batuk sampai muntah

Penyebab Anak Batuk Sampai Muntah

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 09/04/2020
Ibu hamil minum obat batuk alami untuk ibu hamil

Hindari Risiko Efek Samping Obat, Pilihlah Obat Batuk Alami untuk Ibu Hamil

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 04/10/2019