home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

11 Tips Jitu Mengobati Batuk Kering supaya Cepat Sembuh

11 Tips Jitu Mengobati Batuk Kering supaya Cepat Sembuh

Batuk kering tentu bisa membuat tenggorokan terasa tidak nyaman. Jika dibiarkan berlarut-larut, rasa gatal di tenggorokan dan sulit menelan bisa mengganggu aktivitas harian Anda. Namun, Anda tak perlu khawatir karena ada berbagai cara untuk mengobati batuk kering, mulai dari obat medis hingga pengobatan alami. Apa saja pilihannya?

Bagaimana cara mengobati batuk kering?

Batuk kering diobati untuk meringankan rasa tidak nyaman yang ditimbulkan. Namun sebenarnya, kondisi ini dapat sembuh dengan sendirinya tanpa perawatan apa pun.

Jika Anda merasa aktivitas terganggu akibat batuk kering, cobalah berbagai cara mengobati obat kering berikut ini:

1. Minum banyak air

cara mengobati batuk kering

Minum banyak air putih dapat membantu mencegah dehidrasi dan melembapkan tenggorokan Anda.

Mayo Clinic menyebutkan bahwa delapan gelas per hari dapat menjadi porsi minum Anda dalam satu hari. Namun, ini bukan satu-satunya pilihan.

Ada orang yang mungkin merasa cukup minum kurang dari delapan gelas sehari, ada pula yang merasa kurang.

Dalam kondisi batuk kering, Anda mungkin membutuhkan lebih dari itu. Jadi, sebaiknya tetap sesuaikan asupan air minum dengan kebutuhan cairan Anda dalam sehari.

2. Madu

madu untuk luka

Madu sudah terkenal khasiatnya sebagai pelega tenggorokan dan cara alami mengobati berbagai jenis batuk.

Nah, batuk kering juga bisa diatasi dengan madu. Anda dapat mencampur madu ke dalam air hangat, teh, atau air lemon sebagai cara mengobati batuk kering.

Penelitian yang disebutkan oleh Mayo Clinic bahkan menemukan bahwa madu tampak sama efektifnya dengan obat penekan batuk kering, yakni dextromethorphan.

3. Berkumur air garam

Air garam hangat untuk obat batuk alami

Cara mengobati batuk kering lainnya adalah berkumur dengan air garam. Cara ini juga dikenal ampuh untuk membantu mengatasi sakit tenggorokan, termasuk akibat batuk kering.

Anda dapat membuat air garam sendiri di rumah dengan mencampurkan satu sendok sendok teh garam ke segelas air, kemudian aduk hingga tercampur.

Kumur dengan air tersebut setiap Anda merasa batuk kering begitu tidak nyaman. Jangan sampai menelan larutan ini dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

4. Kunyit

Ramuan kunyit memiliki efek teurapik pada batuk, terutama batuk kering. Anda dapat mengonsumsi kunyit dalam berbagai bentuk olahan.

Salah satu cara mengolah kunyit yakni mencampur bubuk kunyit dengan lada hitam (masing-masing satu sendok makan), kemudian direbus dalam setengah cangkir air.

Selanjutnya, tambahkan satu sendok makan campuran madu dan kayu manis.

Tak hanya itu, ada pula cara lain menyembuhkan batuk kering dengan kunyit. Anda bisa minum campuran bubuk kunyit dengan satu sendok teh madu sebanyak 3-4 kali sehari.

5. Jahe

manfaat jahe untuk haid

Jahe sudah lama dipercaya dapat menjadi cara alami mengobati batuk, termasuk batuk kering. Anda juga bisa mendapatkan manfaatnya dalam berbagai olahan.

Sebagai cara mudah mengobati batuk kering, coba potong jahe segar, taburkan garam, kemudian kunyah potongan tersebut selama beberapa menit.

Jika Anda tak tahan dengan aroma tajam jahe segar, Anda bisa membuat teh jahe hangat maupun air jahe untuk mengambil manfaatnya.

6. Bawang putih

bawang putih untuk flu

Selain kunyit dan jahe, bawang putih juga bisa menjadi salah satu cara alami mengobati batuk kering yang mengganggu aktivitas Anda.

Bawang putih mudah ditemukan di pasar, bahkan Anda mungkin sudah memiliki banyak persediaan di rumah untuk memasak.

Untuk membantu menghilangkan batuk kering, Anda bisa membuat sirup obat dengan jus bawang panggang, teh, dan madu. Minumlah ramuan ini setiap hari sampai gejala batuk kering hilang.

7. Permen pelega tenggorokan

Permen pelega tenggorokan lozenge

Cara lain yang dapat Anda coba untuk mengatasi batuk kering adalah dengan mengonsumsi permen pelega tenggorokan.

Situs Healthdirect Australia menyebutkan bahwa permen ini berguna untuk mengatasi gangguan mulut, dan tenggorokan, serta mengatasi batuk kering.

Namun, jangan berikan permen ini pada anak-anak di bawah 6 tahun. Pasalnya, mereka mungkin akan tersedak karena tak mengetahui bagaimana cara mengonsumsi permen tersebut.

8. Antitusif

antitusif

Obat antitusif efektif untuk mengatasi batuk kering atau disebut juga batuk non-produktif.

Antitusif bekerja dengan cara menekan refleks batuk pada otak sehingga mengurangi gejalanya.

Obat antitusif dapat menimbulkan efek samping berupa kantuk dan ketergantungan. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat ini.

9. Antihistamin

obat antihistamin untuk alergi

Obat antihistamin umumnya berguna untuk mengatasi dan mencegah gejala demam dan jenis alergi lainnya. Antihistamin bekerja dengan mencegah efek histamin yang dihasilkan oleh tubuh.

Histamin dapat menyebabkan gatal, bersin, pilek, dan mata berair. Selain itu, histamin dapat menutup saluran bronkial dan membuat Anda sulit bernapas.

Melihat fungsi tersebut, antihistamin juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan batuk kering. Salah satu jenis yang paling sering digunakan adalah chlorpheniramine maleate.

10. Gunakan humidifier

Selain berbagai obat medis dan alami yang telah disebutkan di atas, ada cara lain yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengobati batuk kering, yaitu menggunakan humidifier.

Ya, salah satu kunci kesehatan pernapasan adalah udara yang bersih dan sehat.

Humidifier bermanfaat untuk menjaga kesehatan pernapasan dengan menambah kelembapan udara. Ini mampu membantu pemulihan kondisi Anda yang mengeluhkan batuk kering.

Jika Anda menggunakan humidifier, pastikan untuk menjaganya tetap bersih demi mencegah penumpukan mineral serta pertumbuhan bakteri dan jamur.

11. Jangan dekati rokok

bahaya asap rokok bagi perokok pasif

Salah satu hal yang menyebabkan batuk kering adalah paparan asap rokok. Oleh karena itu, menjauhkan rokok dan asapnya adalah cara ampuh untuk mengobati batuk kering.

Segera hentikan kebiasaan merokok Anda demi mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. Jika Anda tidak merokok, jauhkan diri Anda dari rokok ataupun asapnya.

Bahaya rokok memang begitu banyak dan besar. Tidak hanya mampu membuat Anda batuk kering, kebiasaan merokok juga bisa menimbulkan kerusakan permanen pada sistem pernapasan.

Berbagai cara mengobati batuk kering di atas tentu bukan satu-satunya jalan untuk mengatasi kondisi Anda.

Sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan untuk mendapatkan saran terbaik bila cara mengatasi batuk kering di atas tidak berhasil.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Cough. (2021). Retrieved 26 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/symptoms/cough/basics/definition/sym-20050846

L, P. (2013). Current drugs for the treatment of dry cough. The Journal Of The Association Of Physicians Of India, 61(5 Suppl). Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24490443/

Sultana, S., Khan, A., Safhi M. M., Alhazmi, H. (2021). Cough Suppressant Herbal Drugs: A Review. International Journal of Pharmaceutical Science Invention. Retrieved 26 March 2021, from http://www.ijpsi.org/Papers/Vol5(5)/D0505015028.pdf

Relieving A Cough | Michigan Medicine. (2021). Retrieved 26 March 2021, from https://www.uofmhealth.org/health-library/ug1887#ug1887-sec

How much water do you need to stay healthy?. (2021). Retrieved 26 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/water/art-20044256#

Honey: An effective cough remedy?. (2021). Retrieved 26 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/symptoms/cough/expert-answers/honey/faq-20058031

Difflam Cough Lozenge. (2021). Retrieved 26 March 2021, from https://www.healthdirect.gov.au/medicines/brand/amt,38411000168109/difflam-cough-lozenge

Gabriel Dapaah, I. (2016). Antitussive, expectorant and analgesic effects of the ethanol seed extract of Picralima nitida (Stapf) Th. & H. Durand. Research In Pharmaceutical Sciences, 11(2), 100. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4852654/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Fajarina Nurin Diperbarui 23/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
x