home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Sering Mimpi Buruk? Simak 4 Cara Ampuh Mengatasinya

Sering Mimpi Buruk? Simak 4 Cara Ampuh Mengatasinya

Mimpi buruk bisa datang kapan saja di setiap malam Anda. Bukah hanya anak kecil, ternyata mimpi buruk juga bisa menyerang orang dewasa, bahkan lansia. Jika Anda bisa melupakannya, tentu ini tidak akan jadi masalah.. Namun, bagaimana jika mimpi buruk menghantui hari-hari Anda? Tentu sangat mengganggu, bukan?.Lalu, bagaimana cara mengatasi mimpi buruk?

Kenapa Anda bisa mengalami mimpi buruk?

Sebelum Anda mengerti bagaimana cara mengatasi mimpi buruk, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu mimpi buruk dan penyebabnya. Jika Anda sudah mengetahui penyebabnya, akan lebih mudah untuk Anda mengatasi mimpi buruk.

Mimpi buruk bisa membuat Anda terbangun dari tidur nyenyak. Biasanya, mimpi ini membuat jantung Anda berdebar-debar dan takut. Biasanya mimpi buruk terjadi selama tahap tidur Rapid Eye Movement (REM), di mana sebagian besar mimpi terjadi.

Mimpi yang buruk ini biasanya terjadi secara spontan karena Anda tidak bisa memilih akan mimpi apa malam ini. Penyebab dari mimpi buruk bisa dari berbagai faktor dan gangguan, di antaranya:

  • Makan sebelum tidur, ini dapat meningkatkan metabolisme dan sinyal otak lebih aktif sehingga Anda bisa mengalami mimpi buruk.
  • Beberapa obat-obatan, seperti obat yang memengaruhi otak atau obat nonpsikologis juga sering dikaitkan dengan mimpi buruk.
  • Kurang tidur juga dapat menyebabkan Anda mengalami mimpi buruk.
  • Masalah tidur juga dapat menyebabkan mimpi buruk, seperti sleep apnea dan sindrom kaki gelisah (restless legs syndrome).
  • Masalah psikologis, seperti gangguan kecemasan dan depresi, dapat menyebabkan mimpi buruk. Post-traumatic stress disorder (PTSD) juga bisa menyebabkan Anda mengalami mimpi buruk yang berulang.

Bagaimana cara mengatasi mimpi buruk?

mimpi buruk

Saat Anda terbangun karena mimpi buruk, mungkin Anda merasa takut dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Rasa takut dan panik saat terbangun justru dapat membuat perasaan Anda lebih buruk. Akibatnya, kondisi akan semakin sulit Anda kendalikan.

Supaya tidak lagi salah langkah, ikuti beberapa cara berikut ini untuk mengatasi mimpi buruk.

1. Saat bangun jangan cemas, lakukan hal ini

Pertama-tama, Anda sangat perlu menenangkan diri. Coba ambil napas dalam-dalam secara perlahan. Kemudian, tanamkah dalam diri Anda, bahwa semua yang Anda rasakan sebelumnya hanyalah mimpi. Lihat sekeliling dan sentuh benda di sekitar untuk membantu Anda meyakinkan diri bahwa hal yang buruk tersebut adalah mimpi semata.

Jika Anda merasakan kondisi di sekitar cukup gelap, nyalakan lampu kamar. Lalu minum segelas air putih untuk membantu menenangkan diri Anda.

Bila mimpi buruk ini membuat Anda terbangun di malam hari dan terjaga, Anda bisa lakukan hal lain yang membuat Anda lupa terhadap mimpi tersebut. Contohnya, membaca buku dan bacalah sampai Anda kembali tertidur.

2. Cari tahu penyebab mimpi buruk

nonton film horor

Mimpi buruk bisa terjadi karena ada pemicunya. Mengetahui penyebabnya, bisa menjadi cara ampuh untuk mengatasi sekaligus mencegah mimpi buruk di kemudian hari.

Bila kondisi ini terjadi akibat malam terlalu malam, hindari makan berat di malam hari. Cukup konsumsi camilan sehat untuk mengganjal perut, seperti yogurt, segelas susu, atau dua buah pisang.

Jika Anda mencurigai bahwa obat-obatan penyebabnya, konsultasikan pada dokter. Minta dokter untuk mengganti obat dengan jenis obat lain yang memiliki khasiat sama tapi dengan efek samping lebih ringan.

Cara lain yang bisa Anda terapkan agar tidak mengalami mimpi buruk, yakni:

  • Hindari membaca buku atau menonton film yang seram. Anda mungkin perlu juga menghindari mendengarkan radio/podcast seram di malam hari. Sebelum Anda ingin membaca buku atau menonton film, cari tahu lebih dahulu genre-nya dan bagaimana review orang lain sebagai pertimbangan.
  • Atur kembali jadwal tidur Anda, terutama jika Anda merasa kurang tidur. Cobalah tidur lebih awal dan bangun pagi hari secara rutin, sekalipun di hari itu Anda libur.
  • Jangan minum kopi atau alkohol dan merokok di malam hari. Kebiasaan ini bisa membuat Anda tidur tidak nyenyak dan mungkin memicu mimpi yang tidak mengenakkan.

3. Belajar untuk mengatasi stres

Anda mungkin tidak sadar, jika stres bisa jadi penyebab mimpi buruk. Oleh sebab itu, belajar mengatasi stres ternyata bisa juga menjadi cara untuk mengatasi mimpi buruk di kemudian hari.

Ada banyak cara untuk menghilangkan stres, mulai dari melakukan hal yang disukai, meditasi, olahraga secara rutin, dan menerapkan terapi relaksasi sebelum tidur.

4. Konsultasi ke dokter

andrologi

Umumnya, cara di atas cukup ampuh dalam mengatasi mimpi buruk dan mencegahnya kembali terjadi. Akan tetapi, pada beberapa orang mimpi buruk masih kerap menyerang atau efeknya sulit sekali untuk dihilangkan. Bila hal ini terjadi pada Anda, kemungkinan besar mimpi buruk terjadi akibat adanya trauma ataupenyakit mental.

Langkah bijak untuk mengatasinya memang harus konsultasi ke psikolog/dokter. Pasalnya, bila dibiarkan mimpi buruk yang akan merusak kualitas tidur. Efeknya nanti dapat berdampak buruk pada banyak hal, seperti prestasi di sekolah atau kantor, hubungan dengan pasangan, dan kesehatan tubuh.

Namun sebelum konsultasi, ada mungkin perlu mencatat beberapa hal berikut ini.

  • Seperti apa mimpi buruk yang Anda alami.
  • Seberapa sering Anda mengalaminya.
  • Kira-kira kejadian atau kebiasaan apa yang menjadi pemicu munculnya mimpi buruk.
  • Bagaimana kondisi tubuh Anda ketika Anda terbangun setelah mimpi buruk.

Lewat catatan ini, Anda bisa membuat laporan yang lebih jelas pada dokter/psikolog, sehingga mempermudah menemukan cara untuk mengatasinya. Anda mungkin perlu memerlukan konsultasi beberapa kali, hingga Anda bisa sepenuhnya terbebas atau mampu menghadapi mimpi buruk.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Publishing, H. Do people really get nightmares from eating late? Retrieved April 09, 2021, from https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/do-people-really-get-nightmares-from-eating-late.

Nightmares – risk factors. Retrieved April 09, 2021, from http://sleepeducation.org/sleep-disorders-by-category/parasomnias/nightmares/risk-factors.

Nightmare causes and tips to get a better night’s sleep. (2021, March 16). Retrieved April 09, 2021, from https://www.sleep.org/causes-nightmares/.

Nightmare disorder. (2017, July 06). Retrieved April 09, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/nightmare-disorder/diagnosis-treatment/drc-20353520.

Ben-Joseph, E. (Ed.). (2018, May). How can i stop my nightmares? (for teens) – nemours kidshealth. Retrieved April 09, 2021, from https://kidshealth.org/en/teens/expert-nightmares.html.

Prout, W. (2021, March 03). How to kill a nightmare – top 5 tips to avoid bad dreams. Retrieved April 09, 2021, from https://www.sleepadvisor.org/how-to-avoid-nightmare/.

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Tanggal diperbarui 02/07/2020
x