Apa itu skoliosis?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu skoliosis?

Skoliosis adalah suatu kondisi di mana tulang belakang melengkung ke samping. Derajat kelengkungan tulang belakang diukur dengan sudut. Semakin besar sudut, risiko kondisi skoliosis yang serius semakin meningkat. Anak dalam masa perkembangan lanjut dengan lengkung tulang belakang di bawah 30 derajat tidak perlu dimonitor ketat dan jarang kondisinya memburuk. Jika lengkung tulang belakang 50-75 derajat, dokter akan menggunakan terapi yang cukup kuat.

Skoliosis biasanya bermula saat masa kanak-kanan dan bertambah buruk secara progresif di masa dewasa.

Seberapa umumkah skoliosis?

Banyak pasien skoliosis dimulai sejak usia muda (kurang dari 10 tahun). Anda dapat mengurangi kemungkinan terkena skoliosis dengan mengurangi faktor risiko. Diskusikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala skoliosis?

Beberapa gejala skoliosis adalahs sebagai berikut:

  • Kedua bahu tidak sama tinggi
  • Salah satu tulang belikat lebih menonjol dibandingkan yang lainnya
  • Pinggang yang tidak sama tinggi
  • Salah satu panggul lebih tinggi dari panggul lainnya

Kebanyakan anak dengan skoliosis tidak bergejala namun mereka bungkuk pada satu sisi punggung atau salah satu bahu lebih tinggi dari sisi lainnya saat membungkuk. Selain itu, pinggang anak dapat rata ataupun cenderung ke satu sisi.

Pada dewasa, nyeri tulang belakang merupakan gejala yang paling sering terjadi pada skoliosis berat. Gejala dan tandanya yaitu: penurunan tinggi, iga membusung atau perubahan ukuran pinggang bukan akibat penambahan berat badan. Semakin pinggang berubah, semakin berat pula kondisi Anda.

Saat kondisi tulang belakang Anda semakin serius, Anda akan merasa lemas, nyeri dan sesak. Skoliosis menyebabkan masalah emosional yang cukup serius, khususnya untuk para remaja.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Anda harus menghubungi dokter bila Anda mengalami gejala tulang belakang yang tidak normal, khususnya pada punggung.

Jika tulang belakang melengkung ringan, Anda tidak akan menyadari adanya kelainan dengan jelas, namun orang lain dapat melihatnya. Jadi, apabila Anda melihat tulang belakang teman atau keluarga Anda tidak lurus saat mereka berdiri, sarankan untuk pergi ke dokter.

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab skoliosis?

Penyebab skoliosis biasanya tidak diketahui, namun diduga faktor genetik berperan banyak. Skoliosis pada dewasa sebagian besar akibat keadaan bawaan seperti:

  • Kaki yang tidak seimbang atau tidak sama panjang
  • Kelainan tulang belakang kongenital
  • Kelainan saraf

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk skoliosis?

Jika Anda memiliki riwayat keluarga menderita skoliosis, Anda berisiko tinggi.

Banyak orang percaya bahwa postur berjalan yang salah dan malnutrisi atau salah berolahraga meningkatkan risiko skoliosis namun hal ini tidak benar. Walaupun faktor tersebut tidak menyebabkan skoliosis namun dapat menyebabkan penyakit lain seperti degenerasi makular, inflamasi, atau trauma saraf tulang belakang.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk skoliosis?

Tulang yang secara bertahap melengkung saat masa pertumbuhan tidak menyebabkan nyeri dan tidak membutuhkan terapi. Lengkungan yang menyebabkan rasa nyeri dan deformitas harus segera di terapi.

Walaupun tidak ada prosedur medis atau diet yang dapat menyembuhkan lengkungan tersebut, dokter akan memberikan antinyeri dan obat antiinflamasi jika Anda merasa kesakitan.

Dokter akan melakukan pemeriksaan x-ray secara teratur untuk memonitor proses skoliosis dan menggunakan kawat penahan untuk mencegah bengkok menjadi semakin parah, namun hal ini tidak dapat menyembuhkan bagian yang bengkok. Kawat penahan dapat membuat 70% anak tidak memerlukan terapi pembedahan.

Saat tulang belakang melengkung atau menyebabkan nyeri hebat, dibutuhkan operasi untuk menyambungkan kembali tulang belakang. Sebelum dilakukan operasi, dokter harus memastikan bahwa nyeri punggung bukan disebabkan penyakit lain.

Olahraga dan stimulasi otot elektrik tidak membantu dalam terapi skoliosis.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk skoliosis?

Dokter mendiagnosis skoliosis melalui pemeriksaan fisik dan x-ray tulang belakang. Jika Anda memiliki hasil x-ray tulang belakang beberapa tahun lalu, dokter akan lebih mudah membandingkan dan mendiagnosis. Dokter Anda juga dapat mengukur lengkung skoliosis.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi skoliosis?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi skoliosis:

  • Gunakan kawat penahan sesuai anjuran. Meski begitu, lengkung bisa jadi tetap memburuk walaupun menggunakan kawat ini
  • Lakukan fisioterapi walaupun prosesnya menyakitkan
  • Jangan menyerah karena terapi yang dimonitor oleh dokter dapat berlangsung selama bertahun-tahun. Mintalah dukungan keluarga Anda
  • Periksakan anak Anda secara teratur untuk mendeteksi dini komplikasi skoliosis

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Yang juga perlu Anda baca