Apa itu molluscum contagiosum (moluskum kontagiosum)?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu molluscum contagiosum (moluskum kontagiosum)?

Molluscum contagiosum atau moluskum kontagiosum adalah infeksi lapisan kulit luar karena virus, yang menyebabkan papul atau bintil merah atau putih pada kulit. Jika penyakit ini mempengaruhi daerah kelamin, ia disebut penyakit menular seksual (sexually transmitted disease/STD).

Seberapa umumkah molluscum contagiosum (moluskum kontagiosum)?

Moluskum kontagiosum cukup umum pada anak-anak (lebih sering anak laki-laki) dan orang dewasa muda. Orang dewasa muda menderita molluscum contagiosum sebagian besar melalui hubungan seks. Kasus lainnya adalah orang dengan sistem imun yang lemah atau penyakit menular lainnya.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala molluscum contagiosum (moluskum kontagiosum)?

Ketika Anda terinfeksi moluskum kontagiosum, bintik-bintik kecil mungkin muncul pada kulit di bagian tubuh yang terpengaruh, sering kali pada wajah, kelopak mata, ketiak, dan paha (selangkangan). Biasanya, bintik tidak muncul pada tangan, telapak kaki, atau mulut. Bintik-bintik ini memiliki lebar sekitar 2-5 milimeter dan lesung di bagian tengah. Biasanya tidak terjadi peradangan (pembengkakan dan merah) dan tidak memerah jika Anda tidak memencet atau menggaruk luka yang menyebabkan virus menyebar dalam barisan atau kelompok, yang disebut crop.

Bila molluscum terdapat di kelopak mata, bakteri mungkin menyebar ke dalam mata dan menyebabkan gejala mata merah. Molluscum contagiosum akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu, tapi sebagian mungkin berlangsung selama berbulan-bulan. Penyakit ini biasanya tidak meninggalkan bekas luka.

Beberapa gejala atau tanda lainnya mungkin tidak tercantum di atas. Jika Anda merasa cemas tentang gejala tersebut, segera konsultasi ke dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda atau gejala di atas atau ingin bertanya, konsultasikanlah dengan dokter. Setiap tubuh berfungsi berbeda satu sama lain. Diskusikan dengan dokter untuk mendapatkan solusi terbaik untuk situasi Anda.

Penyebab

Apa penyebab molluscum contagiosum (moluskum kontagiosum)?

Penyebabnya adalah poxvirus (keluarga virus yang juga menyebabkan kutil). Virus menyebar melalui kontak langsung, menyentuh kulit atau benda yang terinfeksi seperti pakaian. Di samping itu, virus ini mungkin juga ditularkan melalui hubungan seks.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk molluscum contagiosum (moluskum kontagiosum)?

Infeksi moluskum kontagiosum mungkin lebih banyak terjadi pada orang dengan sistem imun yang lemah dan pada anak-anak yang mengidap dermatitis atopik. Tidak memiliki faktor risiko bukan berarti Anda tidak dapat mengalami penyakit ini. Faktor ini hanya sebagai referensi. Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk detail lebih lanjut.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana cara mendiagnosis molluscum contagiosum (moluskum kontagiosum)?

Dokter akan membuat diagnosis awal dari riwayat pengobatan, tes darah, dan pemeriksaan fisik. Diagnosis akhir tergantung pada penemuan sel darah putih berbulu khusus dalam darah. Rujukan akan dibuat untuk spesialis darah (hematologis). Biopsi sumsum tulang akan dilakukan. Dalam biopsi ini, hematologis mengambil sampel sumsum tulang untuk dipelajari dengan mikroskop dan melakukan tes tambahan pada sampel sumsum tulang.

Bagaimana cara mengobati molluscum contagiosum (moluskum kontagiosum)?

Bintil mungkin hilang dengan sendirinya, tapi orang sering kali mendapatkan pengobatan agar virus tidak menginfeksi orang lain, atau untuk mencegah ruam menyebar ke bagian tubuh lainnya. Pengobatan termasuk menghilangkan bintil dengan menggunakan laser yang membekukan atau mengikis bintil. Pengobatan ini kadang-kadang mungkin meninggalkan bekas luka. Karenanya, dokter mungkin menggunakan krim kulit khusus sebagai alternatif untuk membantu menghilangkan bintil.

Pengobatan mungkin harus diulangi jika bintil baru muncul. Selain itu, orang dapat mengalami infeksi ini lebih dari sekali. Hindari berbagi handuk atau barang pribadi lainnya yang terkontaminasi, dan jaugi orang yang terinfeksi

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi molluscum contagiosum (moluskum kontagiosum)?

Gaya hidup dan pengobatan rumahan di bawah ini mungkin dapat membantu mengatasi molluscum contagiosum:

  • Mengikuti pengobatan sesuai dengan resep dokter.
  • Mengunjungi dokter sesuai dengan jadwal untuk mengawasi perkembangan gejala dan kesehatan Anda.
  • Menjaga area yang terinfeksi tetap bersih dan tertutup dengan pakaian atau perban untuk menghindari penyebaran virus..
  • Jangan berbagi handuk tangan dengan orang lain sampai bintil hilang
  • Jangan menggaruk bintil pada kulit dan lalu menyentuh bagian tubuh lainnya. Anda akan menyebarkan virus dan mungkin mengalami infeksi (bakteri) lainnya.
  • Jangan menggunakan kolam renang umum, sauna, dan pancuran sampai bintil hilang, untuk menghindari penularan infeksi ke orang lain.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: September 22, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Yang juga perlu Anda baca