home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Minyak Zaitun vs Minyak Alpukat: Mana yang Lebih Baik untuk Rambut?

Minyak Zaitun vs Minyak Alpukat: Mana yang Lebih Baik untuk Rambut?

Minyak ekstrak buah alpukat dan buah zaitun dipercaya baik untuk merawat kesehatan rambut. Tapi, tergantung masalah dan tujuan perawatan rambut yang Anda butuhkan, mana minyak untuk rambut yang lebih baik di antara keduanya? Simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat minyak zaitun untuk menata rambut yang sulit diatur

Minyak untuk rambut yang terbuat dari ekstrak zaitun ini bermanfaat untuk membuat rambut lebih lurus. Kandungan yang ada pada minyak zaitun adalah vitamin E, vitamin K, serta asam lemak yang bukan hanya berguna untuk kulit, namun juga berguna untuk melembabkan rambut.

Efek minyak zaitun pada rambut adalah membuat rambut menjadi lebih jatuh dan lembap, serta memperbaiki rambut dengan cepat. Ketika rambut berantakan, Anda bisa mengakalinya dengan sedikit tetes saja di jari Anda, aplikasikan setelah Anda menata rambut.

Jika Anda memiliki rambut kering dan susah diatur, coba gunakan minyak zaitun untuk mengaturnya. Caranya adalah lapisi rambut Anda dengan setengah cangkir minyak zaitun. Lalu, diamkan selama 30 menit. Ketika rambut cukup lembap, maka rambut Anda pun akan lebih mudah untuk ditata.

Manfaat minyak alpukat untuk mengatasi rambut kering

Minyak alpukat pada dasarnya diperoleh melalui proses ekstraksi buah alpukat. Minyak untuk rambut ini kaya akan vitamin E, lemak esensial, dan antioksidan. Ditambah lagi minyak alpukat punya aroma lembut dan berwarna kehijauan.

Minyak alpukat dipercaya bisa mengatasi rambut yang bertekstur kering. Biasanya kondisi rambut kering disebabkan akibat terpaan panas dan faktor lingkungan. Nah, dengan adanya kandungan vitamin E yang tinggi, minyak alpukat mampu melembutkan dan menyerap ke dalam kutikula rambut sehingga jadinya lebih lembut.

Minyak alpukat juga bisa mendorong kelembapan kulit kepala dari sengatan matahari dan berfungsi sebagai tabir surya alami untuk kepala Anda. Minyak ekstrak alpukat ini bisa digunakan setiap hari sebagai bagian dari merawat rambut. Coba gunakan sebelum mengaplikasikan conditioner atau sesudah keramas dengan shampo.

Jadi minyak untuk rambut mana yang lebih bagus? Zaitun atau alpukat?

Kedua jenis minyak untuk rambut ini punya manfaat dan kegunaan masing-masing, contohnya seperti vitamin dan mineral yang bagus untuk rambut. Seperti yang telah disinggung di atas, hasil yang lebih baik itu tergantung pada tujuan perawatan rambut yang Anda ingin dapatkan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Sumit, K., Swarnkar, V. Sharma, S., & Baldi, A. (2012, December). Herbal cosmetics: Used for skin and hair. Inventi Rapid: Cosmeceuticals.
https://www.researchgate.net/publication/235944029_Herbal_Cosmetics_Used_for_Skin_and_Hair

Olive Oil vs Avocado Oil for Dry Hair  http://www.livestrong.com/article/222811-olive-oil-vs-avocado-oil-for-dry-hair/ Diakses pada 26 Juli 2017

Avocado Oil https://draxe.com/avocado-oil/  Diakses pada 26 Juli 2017

Avocado Oil for Skin http://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/avocado-oil-for-skin Diakses pada 26 Juli 2017

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Novita Joseph
Tanggal diperbarui 05/08/2017
x