home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

5 Cara Mudah Mencegah Rambut Rontok Bagi Para Wanita

5 Cara Mudah Mencegah Rambut Rontok Bagi Para Wanita

Siapa, sih, yang tidak sebal setengah mati melihat helai rambut terus berguguran setiap kali menyisir? Nah, sebelum makin banyak lagi “korban” yang berjatuhan, cepat lakukan berbagai macam cara mencegah rambut rontok di bawah ini.

Tips mencegah rambut rontok makin parah dari hari ke hari

Mulai sekarang, coba untuk…

1. Tidak mengikat rambut terlalu kencang

kucir rambut

Rambut dikuncir adalah tatanan gaya yang paling simpel, apalagi kalau cuaca sedang panas-panasnya. Namun sebaiknya jangan mengikatnya terlalu kencang dan terlalu lama kalau tidak ingin rambut semakin rontok. Sama seperti Anda, rambut juga butuh bernapas.

Ketika Anda mengikat rambut terlalu kencang, tarikannya akan mencabut rambut keluar dari kulit kepala juga merusak folikelnya. akibatnya, rambut jadi mudah rontok. Folikel rambut yang rusak bisa menyebabkan rambut baru gagal tumbuh kembali sehingga mengakibatkan kebotakan di beberapa bagian kepala.

Jika ingin mencegah rambut rontok makin parah, gunakan ikat rambut yang tidak terlalu ketat atau tebal, longgarkan ikatan antara rambut dan kulit kepala, serta sesekali gerai rambut Anda untuk membiarkannya bernapas.

2. Kurangi penggunaan catokan, blow, dan hair dryer

Sumber: Sangbe

Alat catokan, blow rambut, dan hair dryer bisa menyebabkan rambut rontok dan kering mudah patah jika dipakai terlalu sering. Pasalnya, suhu panas dari alat-alat penataan rambut ini akan menguapkan nutrisi alami yang ada di dalam batang rambut.

Maka, kurangilah frekuensi seberapa sering dan durasi lama waktu Anda menggunakannya demi mencegah rambut rontok berangsur-angsur. Jika ingin mengeringkan rambut, keringkanlah dengan cara diangin-anginkan, atau kalau ingin lebih cepat pakailah kaos katun daripada handuk yang berserat.

3. Jauhi penggunaan bahan kimia pada rambut

bleaching rambut

Sering gonta-ganti warna rambut, meluruskan rambut di salon, atau perawatan rambut lainnya yang menggunakan bahan kimia lama-lama dapat merusak tekstur alami rambut. Akibatnya rambut akan cepat rapuh dan melemah, yang berujung pada kerontokan. Terlebih apabila sebelum perawatan Anda tidak mengoleskan serum atau vitamin rambut guna menjaga kesehatannya.

4. Penuhi nutrisi dari makanan dan minuman

makanan untuk arthritis

Pastikan Anda memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian yang tidak hanya penting untuk tubuh, tapi juga kesehatan rambut. Asupan vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, zat besi, seng, dan lain sebagainya dari sumber makanan sehat mampu merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan.

5. Pakai perawatan rambut yang sesuai dengan jenis rambut Anda

minyak untuk rambut

Kenali jenis dan tipe rambut Anda sejak dini guna mencegah risiko rambut rontok di kemudian hari. Sebab komposisi dalam produk perawatan rambut seperti shampo atau kondisioner, yang tidak cocok dengan rambut justru bisa menghilangkan nutrisi alaminya. Nantinya membuat rambut rentan patah dan rontok.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

8 Amazing Tips to Prevent Hair Loss in Women. https://www.huffingtonpost.com/toby-nwazor/8-amazing-tips-to-prevent_b_10111774.html Diakses pada 27 September 2018.

10 Strategies to Prevent Hairs Loss: In Men and Women, After Pregnancy, and During Chemo. https://www.healthline.com/health/how-to-prevent-hair-loss Diakses pada 27 September 2018.

Foto Penulis
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri Diperbarui 04/10/2018
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus