Mana yang Lebih Baik untuk Membentuk Alis: Threading, Waxing, atau Cabut Alis?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 13 Agustus 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Alis adalah salah satu bagian yang penting untuk menunjang kecantikan wajah wanita. Alis yang simetris dan rapi akan membuat penampilan seseorang menjadi jauh lebih berbeda. Jadi jangan heran, apabila sebagian wanita merasa tidak percaya diri untuk bepergian kalau alisnya belum “cetar”.

Bentuk alis yang simetris dan rapi berawal dari cara membentuk alis yang dilakukan secara tepat. Jika Anda salah ketika membentuk alis maka bisa membuat penampilan Anda terkesan garang meski sebenarnya Anda memiliki wajah yang lembut. Lantas, bagaimana cara membentuk alis mata agar rapi dan simetri? Ketahui jawabannya dalam artikel ini.

Beragam cara membentuk alis mata

Ada beberapa cara untuk membentuk dan merapikan alis yang bisa dilakukan sendiri di rumah ataupun di klinik kecantikan. Misalnya dengan cara mencabut, threading, ataupun waxing. Nah, dari ketiga cara tersebut, manakah yang paling baik dan aman? Yuk, ketahui kelebihan dan kekurangan dari ketiga cara perawatan alis tersebut.

1. Cabut alis

Cara membentuk alis yang satu ini adalah cara yang paling sering dilakukan oleh sebagian orang. Selain lebih mudah, cabut alis juga bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa perlu pergi ke salon. Meski bisa dilakukan sendiri, Anda juga harus hati-hati. Pasalnya jika Anda menggunakan pinset yang tidak steril atau bahkan karatan, ini sangat mungkin piset mentransfer bakteri ke kulit sehingga menyebabkan infeksi.

Nah, untuk mendapatkan hasil cantik dan aman, pertama-tama pastikan Anda menggunakan pinset yang steril dan pinset yang miring, karena semakin lebar pegangannya maka akan semakin nyaman digunakan. Lalu, siapkan cermin besar dan pastikan Anda mendapatkan pencahayaan yang baik. Setelah tiga hal tersebut terpenuhi, barulah Anda bisa membentuk alis.

Selain itu, jangan pernah Anda mencabut rambut alis lebih dari satu helai secara bersamaan. Hal ini dikarenakan akan menyebabkan rambut tidak tercabut sampai ke akarnya dan justru membuat akar terjebak di dalam folikel rambut. Jadi, perhatikan dengan seksama rambut alis yang Anda akan cabut. Cabutlah alis yang berada hanya di luar garis alis alami Anda.

2. Waxing alis

Sama halnya dengan waxing untuk menghilangkan rambut-rambut yang tidak diinginkan di bagian tubuh lain, perawatan alis yang satu ini pun menggunakan lilin khusus wax. Setelah alis dibentuk, lilin dioleskan pada bagian rambut-rambut alis yang akan dihilangkan. Selanjutnya, diletakkan waxing strip dan ditarik dengan cepat. Proses ini akan mengangkat rambut-rambut alis tetapi kemungkinan besar tidak akan mencabut hingga ke akar alis.

Hal yang paling sering ditakuti dari waxing adalah efek sakit dan kemerahan yang ditimbulkannya. Hal ini dikarenakan waxing menarik kuat bagian kulit sehingga tidak dianjurkan bagi mereka yang berkulit sensitif.

Meskipun bisa dilakukan di rumah, ada baiknya perawatan ini dilakukan oleh seorang profesional di salon kecantikan terpercaya dan dengan perawatan kulit yang tepat. Sehingga efek samping dari waxing akan lebih minimal. Pasalnya, dari beberapa kasus yang sering terjadi saat melakukan waxing di rumah, banyak orang yang mengaku mengalami kegagalan dalam mencabut lilin sehingga pencabutan dilakukan berulang. Nah, hal inilah yang dapat menyebabkan kemerahan yang berlebih, peradangan, atau bahkan pendarahan dan luka bakar pada kulit.

3. Threading alis

Threading adalah cara menghilangkan bulu halus di tubuh dengan menggunakan benang. Tidak seperti waxing, threading tidak menarik atau meregangkan kulit.

Bagi Anda yang ingin merapikan alis dengan hasil yang lebih rapi dan bersih, Anda bisa melakukan threading alis. Selain itu, cara ini memungkinkan Anda untuk membentuk alis secara cepat dan lebih detail sesuai keinginan Anda. Hasilnya pun lebih natural karena bulu alis dihilangkan satu per satu. Jadi, kalau Anda ingin menambahkan sedikit lekukan pada alis atau membiarkannya tumbuh sedikit lebih banyak, threading sepertinya pilihan yang lebih tepat.

Meskipun proses threading lebih cepat, namun cara ini sangat sulit untuk dilakukan. Itu sebabnya, jika Anda ingin melakukan perawatan alis yang satu ini, Anda harus pergi ke klinik kecantikan yang memiliki tenaga kecantikan terlatih untuk melakukan threading. Prosedur threading pada dasarnya mirip dengan waxing. Meskipun mirip, threading tidak akan sesakit waxing karena threading tidak mengangkat lapisan kulit.

Kesimpulan

Setiap cara membentuk alis yang sudah disebutkan di atas nyatanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan Anda sendiri. Pilihlah perawatan yang membuat Anda nyaman untuk melakukannya. Jadi, jangan sampai ketika Anda ingin membentuk ataupun merapikan alis tapi malah membuat alis tidak tampak natural dan tidak sesuai dengan Anda.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Cara Mencerahkan Kulit Siku dan Lutut yang Menghitam

Lutut hitam yang berbeda warna dengan bagian kaki lainnya bisa terasa mengganggu penampilan. Bagaimana cara mencerahkannya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 20 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Apa Saja Skincare yang Dapat Membantu Mengecilkan Pori-Pori?

Pori-pori wajah yang besar memang bisa menganggu penampilan. Lantas, apa saja daftar skincare yang bisa membantu mengecilkan pori-pori besar?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 19 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Bahan Kimia Berbahaya pada Body Lotion yang Harus Dihindari

Pernahkah Anda memerhatikan bahan kimia yang tercantum pada kemasan body lotion? Hindari kandungan body lotion berbahaya ini, ya!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan 16 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Sampai Berapa Lama Hasil Laser Hair Removal Bisa Bertahan?

Usut punya usut, perawatan laser hair removal diklaim lebih tahan lama dibanding perawatan penghilang bulu lainnya, lho. Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 15 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit



Direkomendasikan untuk Anda

operasi memperbesar payudara

Operasi Memperbesar Payudara: Biaya, Risiko, dan Prosesnya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Satria Perdana
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
tidak tumbuh jenggot dan kumis

Penyebab Kumis dan Jenggot Tidak Tumbuh pada Sebagian Pria

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
pengertian micellar water adalah

Mengungkap Serba-serbi Micellar Water, Amankah Bagi Wajah?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
waxing bulu: hot wax atau cold wax

Hot Wax atau Cold Wax: Lebih Efektif Mana untuk Menghilangkan Bulu?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Brigitta Maharani
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit