Cara Melakukan Perawatan Facial Wajah Sendiri di Rumah (Tidak Repot, Kok!)

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Mei 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Padatnya jadwal pekerjaan di kantor membuat Anda tidak sempat melakukan perawatan wajah di klinik kecantikan. Akibatnya, kulit wajah pun jadi lebih kusam dan tidak terawat. Tapi tenang, tidak sempat ke klinik kecantikan untuk melakukan perawatan wajah, bukan berarti Anda tidak bisa merawat wajah sendiri di rumah, kan? Ini dia panduan melakukan perawatan facial wajah a la salon di rumah sendiri. 

Cara melakukan facial wajah sendiri di rumah

Saat ini Anda bisa dengan mudahnya menemukan banyak produk perawatan kulit yang memungkinkan untuk melakukan facial wajah sendiri di rumah. Harga yang ditawarkan pun beragam tergantung dari merek dan kualitas produknya. Ada empat bahan yang perlu Anda persiapkan untuk melakukan facial wajah di rumah.

  • Pembersih wajah (face wash)
  • Scrub exfoliating
  • Masker wajah
  • Serum dan pelembap

Jika Anda sudah punya semua bahan seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda sudah siap untuk melakukan perawatan wajah ala salon di rumah! Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan facial wajah sendiri di rumah.

1. Membersihkan wajah

Sebelum memulai prosedur perawatan wajah apapun, sangat penting untuk membersihkan segala bentuk kotoran dan minyak yang menumpuk di wajah. Jika Anda menggunakan makeup, Anda bisa membersihkan wajah dengan pembersih makeup terlebih dahulu karena sisa-sisa makeup tidak bisa diangkat hanya dengan mencuci wajah saja. Jangan lupa ikat atau jepit rambut Anda agar wajah tidak tertutupi rambut atau hal lainya.

Setelah itu, cuci wajah Anda dengan menggunakan pembersih atau sabun wajah dengan gerakan melingkar dari atas kebawah agar kotoran di wajah terangkat. Kemudian bilas menggunakan air hangat (suam-suam kuku). Lalu keringkan wajah dengan handuk berbahan lembut.

2. Scrubbing

Setelah membersihkan wajah, tahap selanjutnya adalah scrubbing. Scrubbing ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit Anda bisa teregenerasi dengan baik. Anda bisa menggunakan bahan scrubbing alami dari campuran gula pasir, air mawar, dan minyak zaitun.

Bila semua bahan sudah tercampur jadi satu, oleskan secara merata ke wajah. Lalu, gosok seluruh wajah menggunakan scrub dengan gerakan memutar. Bagian dahi, hidung dan dagu sebaiknya lebih lama digosok karena bagian tersebut paling banyak tumbuh komedo. Kemudian, bilas wajah hingga bersih menggunakan air hangat.

Jika kulit Anda sedang berjerawat, sebaiknya hindari scrubbing karena bisa membuat kulit semakin iritasi.

3. Steaming

Langkah facial wajah berikutnya adalah steaming atau penguapan. Caranya cukup mudah. Siapkan mangkuk atau baskom besar yang berisi air panas. Kemudian, dekatkan wajah Anda di atas baskom tersebut selama kurang lebih dua menit sambil menutup bagian kepala dengan handuk agar uap terpapar hanya di bagian wajah saja.

Fungsi steaming ini adalah untuk membuka pori-pori dan mengeluarkan kotoran seperti komedo di wajah.

4. Masker

memilih masker wajah

Melakukan perawatan wajah kurang lengkap rasanya kalau belum pakai masker. Masker wajah ini berfungsi untuk menutrisi kulit Anda sehingga membuatnya kencang, cerah, dan lebih bercahaya. Anda bisa membuat masker wajah sendiri di rumah. Agar kulit benar-benar terawat, pilih masker sesuai dengan jenis kulit Anda.

Gunakan cuka sari apel atau pepaya untuk jenis kulit berminyak, madu atau lidah buaya untuk jenis kulit kering, dan pisang untuk kulit jerawat. Sedangkan untuk anti penuaan, Anda bisa gunakan masker yang terbuat dari bubuk kopi.

Oleskan masker secara merata ke seluruh bagian wajah, kecuali mata, bibir, dan leher. Untuk bagian mata, Anda bisa menutupnya dengan timun segar yang sebelumnya sudah disimpan di dalam kulkas. Diamkan masker wajah ini selama 15 sampai 20 menit. Setelah itu, bilas sampai bersih menggunakan air hangat.

5. Serum dan pelembap

Setelah melakukan serangkaian cara yang sudah disebutkan di atas, sampailah Anda pada tahap terakhir facial wajah. Di tahap ini Anda bisa mengusapkan serum dan pelembap ke seluruh wajah. Ketika wajah bersih dan segar maka nutrisi serum dan pelembap akan lebih mudah menyerap ke dalam lapisan kulit.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Smoothing sudah menjadi cara lama untuk meluruskan rambut. Sekarang ada tren Brazilian blowout dengan metode baru. Benarkah lebih aman dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cepat, Mulai dari Bahan Alami hingga Obat Medis

Mimisan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, tapi Anda tak perlu panik. Berikut adalah berbagai obat mimisan alami yang ampuh hentikan perdarahan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

5 Penyebab Bercak Putih di Puting Susu dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda memiliki bintik atau bercak putih di puting susu atau sekitarnya? Tak usah khawatir, kenali penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Payudara Terasa Sakit, Apa Penyebabnya Selalu Kanker?

Penyebab payudara sakit kerap dikaitkan dengan kanker. Namun, apakah anggapan itu benar? Bagaimana penjelasan lengkapnya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kanker Payudara, Kanker 14 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit



Direkomendasikan untuk Anda

cara merangsang istri

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
telat datang bulan

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mengatasi kesepian

5 Langkah Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
sakit kepala setelah keramas

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit