home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Cara Melakukan Perawatan Facial Wajah Sendiri di Rumah (Tidak Repot, Kok!)

Cara Melakukan Perawatan Facial Wajah Sendiri di Rumah (Tidak Repot, Kok!)

Padatnya jadwal pekerjaan di kantor membuat Anda tidak sempat melakukan perawatan wajah di klinik kecantikan. Akibatnya, kulit wajah pun jadi lebih kusam dan tidak terawat. Tapi tenang, tidak sempat ke klinik kecantikan untuk melakukan perawatan wajah, bukan berarti Anda tidak bisa merawat wajah sendiri di rumah, kan? Ini dia panduan melakukan perawatan facial wajah a la salon di rumah sendiri.

Cara melakukan facial wajah sendiri di rumah

Saat ini Anda bisa dengan mudahnya menemukan banyak produk perawatan kulit yang memungkinkan untuk melakukan facial wajah sendiri di rumah. Harga yang ditawarkan pun beragam tergantung dari merek dan kualitas produknya. Ada empat bahan yang perlu Anda persiapkan untuk melakukan facial wajah di rumah.

  • Pembersih wajah (face wash)
  • Scrub exfoliating
  • Masker wajah
  • Serum dan pelembap

Jika Anda sudah punya semua bahan seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda sudah siap untuk melakukan perawatan wajah ala salon di rumah! Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan facial wajah sendiri di rumah.

1. Membersihkan wajah

Sebelum memulai prosedur perawatan wajah apapun, sangat penting untuk membersihkan segala bentuk kotoran dan minyak yang menumpuk di wajah. Jika Anda menggunakan makeup, Anda bisa membersihkan wajah dengan pembersih makeup terlebih dahulu karena sisa-sisa makeup tidak bisa diangkat hanya dengan mencuci wajah saja. Jangan lupa ikat atau jepit rambut Anda agar wajah tidak tertutupi rambut atau hal lainya.

Setelah itu, cuci wajah Anda dengan menggunakan pembersih atau sabun wajah dengan gerakan melingkar dari atas kebawah agar kotoran di wajah terangkat. Kemudian bilas menggunakan air hangat (suam-suam kuku). Lalu keringkan wajah dengan handuk berbahan lembut.

2. Scrubbing

Setelah membersihkan wajah, tahap selanjutnya adalah scrubbing. Scrubbing ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit Anda bisa teregenerasi dengan baik. Anda bisa menggunakan bahan scrubbing alami dari campuran gula pasir, air mawar, dan minyak zaitun.

Bila semua bahan sudah tercampur jadi satu, oleskan secara merata ke wajah. Lalu, gosok seluruh wajah menggunakan scrub dengan gerakan memutar. Bagian dahi, hidung dan dagu sebaiknya lebih lama digosok karena bagian tersebut paling banyak tumbuh komedo. Kemudian, bilas wajah hingga bersih menggunakan air hangat.

Jika kulit Anda sedang berjerawat, sebaiknya hindari scrubbing karena bisa membuat kulit semakin iritasi.

3. Steaming

Langkah facial wajah berikutnya adalah steaming atau penguapan. Caranya cukup mudah. Siapkan mangkuk atau baskom besar yang berisi air panas. Kemudian, dekatkan wajah Anda di atas baskom tersebut selama kurang lebih dua menit sambil menutup bagian kepala dengan handuk agar uap terpapar hanya di bagian wajah saja.

Fungsi steaming ini adalah untuk membuka pori-pori dan mengeluarkan kotoran seperti komedo di wajah.

4. Masker

memilih masker wajah

Melakukan perawatan wajah kurang lengkap rasanya kalau belum pakai masker. Masker wajah ini berfungsi untuk menutrisi kulit Anda sehingga membuatnya kencang, cerah, dan lebih bercahaya. Anda bisa membuat masker wajah sendiri di rumah. Agar kulit benar-benar terawat, pilih masker sesuai dengan jenis kulit Anda.

Gunakan cuka sari apel atau pepaya untuk jenis kulit berminyak, madu atau lidah buaya untuk jenis kulit kering, dan pisang untuk kulit jerawat. Sedangkan untuk anti penuaan, Anda bisa gunakan masker yang terbuat dari bubuk kopi.

Oleskan masker secara merata ke seluruh bagian wajah, kecuali mata, bibir, dan leher. Untuk bagian mata, Anda bisa menutupnya dengan timun segar yang sebelumnya sudah disimpan di dalam kulkas. Diamkan masker wajah ini selama 15 sampai 20 menit. Setelah itu, bilas sampai bersih menggunakan air hangat.

5. Serum dan pelembap

Setelah melakukan serangkaian cara yang sudah disebutkan di atas, sampailah Anda pada tahap terakhir facial wajah. Di tahap ini Anda bisa mengusapkan serum dan pelembap ke seluruh wajah. Ketika wajah bersih dan segar maka nutrisi serum dan pelembap akan lebih mudah menyerap ke dalam lapisan kulit.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

At-Home Facial: How to Get Professional Results and Full-On Pampering Without Straining Your Budget (Recipes Included!) – http://www.huffingtonpost.com/deborah-burnes/home-facial_b_1778710.html diakses pada 27 September 2017

How to Give Yourself A Spa-Level Face Massage at Home – https://www.self.com/story/how-to-massage-your-face diakses pada 27 September 2017

How to Do Tou Own Facial at Home – http://www.livestrong.com/article/73648-own-facial-home/ diakses pada 27 September 2017

10 Step of a Spa Facial – http://www.livestrong.com/article/103597-steps-spa-facial/ diakses pada 27 September 2017


Foto Penulis
Ditulis oleh Risky Candra Swari Diperbarui 16/06/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x