home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tak Hanya Melembapkan, Ini 4 Kegunaan Hand Cream untuk Kulit Tangan

Tak Hanya Melembapkan, Ini 4 Kegunaan Hand Cream untuk Kulit Tangan

Kulit wajah bukan satu-satunya bagian tubuh yang bisa kering dan kusam. Kulit tangan Anda juga perlu dilindungi, sebab tangan tidak luput dari berbagai faktor yang dapat menyebabkan kerusakan. Inilah salah satu kegunaan terpenting dari hand cream.

Mengapa Anda perlu memakai hand cream?

perbedaan kulit kering dehidrasi

Kulit dapat kehilangan kelembapannya akibat berbagai faktor. Apabila kulit mulai terasa kering, Anda perlu mengembalikan kelembapannya agar kulit senantiasa sehat serta mampu melindungi jaringan di bawahnya dengan baik.

Uniknya, tangan manusia terselubung oleh dua jenis kulit. Kulit pada bagian punggung tangan merupakan salah satu kulit yang paling tipis dan rapuh. Area ini juga lebih mudah kering dan keriput sehingga Anda perlu memberikan perlindungan ekstra.

Sebaliknya, kulit telapak tangan merupakan salah satu bagian kulit yang paling tebal. Cairan lebih sulit menembus kulit telapak tangan sehingga area ini rentan menjadi kering dan pecah-pecah. Hand cream memiliki kegunaan untuk mencegah hal tersebut.

Selain faktor ketebalan kulit, tangan Anda dapat menjadi kering akibat beberapa hal. Berikut beberapa di antaranya.

1. Lingkungan kerja

Beberapa orang bekerja di lingkungan yang membuat tangan mereka rentan menjadi kering. Misalnya, tenaga kesehatan yang harus sering mencuci tangan atau penata rambut yang sering terkena zat kimia dari cat rambut dan produk-produk sejenisnya.

2. Cuaca

Angin yang berembus pada musim kemarau dan pancaroba lebih kering dibandingkan pada musim penghujan. Hal ini dapat menyebabkan kulit wajah, punggung tangan, dan telapak tangan menjadi kasar karena kehilangan kelembapannya.

3. Kondisi medis

Hand cream memiliki kegunaan yang penting bagi para penderita eksim dan psoriasis. Pasalnya, tangan mereka lebih rentan menjadi kering dengan kulit yang mengelupas serta pecah-pecah akibat iritasi dan peradangan.

Kegunaan hand cream untuk kesehatan kulit tangan

Berbeda dengan moisturizer dan losion badan pada umumnya, hand cream umumnya lebih kental dan kaya. Produk ini mengandung lebih banyak bahan pelembap yang mampu menyerap lebih jauh ke dalam kulit telapak tangan.

Di bawah ini berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari pemakaian hand cream.

1. Mencegah kulit kering akibat sering cuci tangan

Mencuci tangan memang bisa membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit. Namun, zat kimia pada sabun dapat menarik cairan dan minyak alami yang melembapkan kulit. Akibatnya, kulit kehilangan lapisan pelindungnya dan menjadi kering.

Kegunaan utama bahan pelembap dalam hand cream ialah mengisi jaringan pelindung kulit sehingga kulit kembali lembap. Untuk hasil yang optimal, American Academy of Dermatology Association menyarankan penggunaan hand cream yang:

  • mengandung minyak mineral atau petroleum,
  • tidak mengandung parfum dan pewarna, serta
  • dikemas dalam tube.

2. Mencegah keriput dan garis-garis halus

Paparan sinar ultraviolet (UV) serta radikal bebas dari polusi dan asap kendaraan dapat mempercepat proses penuaan kulit. Tanpa perlindungan ekstra dari produk pelembap, garis-garis halus dan keriput akan lebih mudah muncul pada kulit tangan Anda.

Ini sebabnya Anda disarankan untuk memakai hand cream secara rutin, khususnya saat beraktivitas di luar rumah. Jangan lupa, pilihlah produk yang jadi satu dengan tabir surya dengan minimal kandungan SPF 15 untuk menangkal sinar UVA dan UVB.

3. Menjaga kesehatan tangan dan kuku

Tidak sekadar melembapkan kulit, kegunaan lainnya dari hand cream yakni menjaga kesehatan kulit tangan secara keseluruhan. Hal ini penting terutama untuk orang dengan pekerjaan yang membuat tangannya rentan kering dan rusak.

Penggunaan rutin hand cream juga membantu merawat kuku dan kutikula (lapisan kulit mati yang mengelilingi sisi-sisi kuku). Anda bisa memperoleh manfaat ini dengan mengoleskan hand cream ke ujung jari, lalu pijat lembut selama beberapa menit.

4. Mencegah infeksi kulit

Kulit yang kering lebih mudah terinfeksi kuman penyebab penyakit. Ini karena kuman dapat memasuki tubuh lewat celah pada jaringan kulit. Celah tersebut biasanya terisi oleh cairan yang Anda dapatkan dari asupan air dan produk perawatan kulit.

Selain memperbaiki jaringan pelindung kulit, zat pelembap pada hand cream juga dapat mengisi celah-celah tersebut. Hasilnya, kulit menjadi lebih lembap, kenyal, dan ampuh menangkal kuman yang menyerang.

Hand cream memiliki kegunaan yang hampir mirip dengan moisturizer untuk wajah, tapi pemakaiannya dikhususkan untuk tangan. Ini karena tangan memiliki kulit tipis dan kulit tebal yang sama-sama rentan terhadap kerusakan.

Agar kulit tangan tetap sehat dan lembap, jangan lupa sertakan pemakaian hand cream dalam rangkaian perawatan kulit Anda. Gunakan secara teratur untuk mendapatkan kulit yang lembut, kenyal, dan lembap sepanjang waktu.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Dry Skin Relief from COVID-19 Handwashing. (n.d.). Retrieved 26 April 2021, from https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/dry/coronavirus-handwashing

How to Care for the Skin of Your Hands. (2019). Retrieved 26 April 2021, from https://www.bad.org.uk/shared/get-file.ashx?id=3776&itemtype=document

5 Tips to Keep Hands From Drying and Cracking. (n.d.). Retrieved 26 April 2021, from https://www.rush.edu/news/5-tips-keep-hands-drying-and-cracking

Dry Skin: Who Gets and Causes. (n.d.). Retrieved 26 April 2021, from https://www.aad.org/public/diseases/a-z/dry-skin-causes

Skin Care and Aging. (2017). Retrieved 26 April 2021, from https://www.nia.nih.gov/health/skin-care-and-aging#healthy

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari Diperbarui 27/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x