home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Tak Cuma Kuku Terasa Sakit, Ini Gejala Cantengan yang Biasanya Muncul

Tak Cuma Kuku Terasa Sakit, Ini Gejala Cantengan yang Biasanya Muncul

Gejala cantengan akan terasa sangat menyakitkan dan biasanya akan semakin buruk jika tidak diobati. Kuku cantengan atau ingrown nail adalah kondisi di mana kuku kaki atau tangan memiliki bagian akhir yang tajam yang tumbuh ke bawah ke dalam daging jari kaki atau tangan. Kuku cantengan lebih sering terjadi pada kaki.

Kuku kaki yang tumbuh ke dalam biasanya disebabkan karena memotong kuku terlalu pendek, pakai sepatu yang kesempitan, atau jempol kaki yang terbentur kaki meja atau pintu kayu. Hal tersebut dapat menyebabkan kuku patah dan akhirnya tumbuh ke dalam dan menyebabkan cantengan. Lantas apa saja gejala cantengan?

Berbagai gejala cantengan

Selain penyebab yang disebutkan dia atas, orang yang sudah lanjut usia, memiliki diabetes, atau memiliki masalah dengan sirkulasi darah di kaki memiliki peluang lebih besar untuk mengalami kuku kaki yang tumbuh ke dalam (kuku cantengan). Hal ini juga berlaku bagi anak-anak dan remaja yang mungkin memakai sepatu yang sempit.

Gejala cantengan yang umumunya muncul antara lain:

  • jari kaki yang mengeras, bengkak, dan terasa rapuh di sekitar kuku
  • kemerahan, bernanah dan sangat sakit serta terasa panas di sekitar kuku
  • nyeri di jari di sepanjang salah satu atau kedua sisi kuku

Anda perlu segera mengunjungi dokter jika merasakan sakit di jari kaki atau terdapat nanah atau kemerahan yang tampak menyebar. Ini bisa jadi gejala cantengan Anda sudah terinfeksi.

Selain itu jika kuku cantengan terinfeksi, akan menimbulkan rasa nyeri yang tidak kunjung hilang, dan kuku berdarah serta bernanah.

Kuku cantengan yang dibiarkan terinfeksi dapat menjadi masalah kambuhan dan menyebabkan komplikasi serius, seperti masalah tulang.

Jika kuku yang tumbuh ke dalam tidak terinfeksi, Anda dapat mencoba beberapa pengobatan di rumah untuk mengurangi rasa sakitnya dan mencegah cantengan muncul kembali.

Jika Anda memiliki diabetes atau kondisi lain yang menyebabkan aliran darah yang buruk ke kaki Anda, segera kunjungi dokter Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Ingrown Toenails https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ingrown-toenails/symptoms-causes/syc-20355903 diakses 29 Agustus 2018.

Understanding Ingrown Nails — Symptoms https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/understanding-ingrown-nail-symptoms diakses 29 Agustus 2018.

Ingrown Toenails: Why Do They Happen? https://www.healthline.com/health/ingrown-toenail#symptoms diakses 29 Agustus 2018.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Andisa Shabrina Diperbarui 25/01/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita