home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

6 Hal Sederhana yang Ternyata Bisa Jadi Penyebab Cantengan

6 Hal Sederhana yang Ternyata Bisa Jadi Penyebab Cantengan

Pernah mengalami kuku yang tumbuh tidak semestinya? Kondisi ini disebut cantengan, yang terjadi ketika kuku menembus masuk ke dalam kulit dan daging, sehingga berisiko menyebabkan infeksi serta peradangan. Sebagian besar kasus cantengan terjadi di jempol kaki. Sebenarnya, bagaimana penyebab cantengan bisa terjadi?

Apa saja penyebab cantengan?

Cantengan tidak hanya akan membuat penderitanya merasakan nyeri, tapi juga dapat menurunkan rasa percaya diri karena bentuk kuku yang tidak normal. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang kerap kali menjadi penyebab cantengan:

1. Tidak memotong kuku dengan benar

potong kuku

Timothy C. Ford, DPM, seorang direktur kesehatan anak di Rumah Sakit Jewish Hospital & St Mary’s HealthCare, menjelaskan bahwa salah satu penyebab cantengan yang paling sering terjadi adalah karena cara memotong kuku yang salah.

Entah karena terlalu pendek saat memotong kuku ataupun pemotongan kuku yang tidak rata sehingga kuku akan tumbuh ke arah yang salah.

2. Pakai sepatu terlalu sempit

pakai sepatu penyebab kaki sakit

Penggunaan alas kaki, baik itu sepatu, kaos kaki, maupun stocking yang terlalu ketat dan sempit, tanpa disadari bisa membuat kuku tumbuh ke dalam kulit kaki. Hal ini dikarenakan alas kaki yang sempit akan mengakibatkan kuku tertekan ke dalam, yang pada akhirnya memicu pertumbuhan kuku ke arah yang salah.

Itu alasannya kenapa Anda dianjurkan memakai alas kaki yang pas di kaki. Dalam artian, tidak terlalu sempit tapi juga tidak kebesaran. Selain kaki dapat bernapas dengan baik, pertumbuhan jari kaki pun tidak akan terhambat.

Supaya tidak muncul masalah pada kaki, sebaiknya Anda hindari 7 kesalahan saat memakai sepatu berikut ini.

3. Cedera pada kuku

darah beku di kuku

Kuku dan jari kaki yang sering kejedot pintu, meja, serta benda keras lainnya. Bahkan, tidak sengaja kejatuhan barang berat tepat di atas kuku kaki, merupakan hal lain yang jadi penyebab cantengan Anda.

Ya, nyatanya keteledoran Anda sendiri bisa membuat kuku patah, dan akhirnya tumbuh ke dalam daging.

4. Melakukan kegiatan yang membuat pertumbuhan kuku tidak normal

penyebab infeksi jamur pada kuku kaki

Ada beberapa kegiatan yang berisiko menyebabkan cantengan, misalnya sepak bola dan menari balet. Bukan tanpa alasan, ini bisa terjadi karena ada tekanan pada kuku saat Anda sedang menari maupun menendang bola.

5. Ukuran jari tidak sebanding dengan kuku

merawat kuku selama kemoterapi kanker

Kondisi jari yang terlalu kecil dan tidak sebanding dengan ukuran yang kuku yang besar, akan membuat jari kesulitan untuk menjaga pertumbuhan kuku. Akibatnya, kuku tumbuh tidak teratur.

6. Faktor keturunan

Jika ada anggota keluarga yang memiliki cantengan, maka risiko Anda untuk mengalami cantengan akan lebih besar.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

What Cause Ingrown Toenails? https://www.everydayhealth.com/foot-health/ingrown-toenails.aspx Diakses pada 20 Agustus 2018.

Ingrown Toenails. https://www.emedicinehealth.com/ingrown_toenails/article_em.htm#what_are_common_causes_and_risk_factors_of_an_ingrown_toenail Diakses pada 20 Agustus 2018.

Ingrown Toenails. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ingrown-toenails/symptoms-causes/syc-20355903 Diakses pada 20 Agustus 2018.

Ingrown Toenails: Why Do They Happen? https://www.healthline.com/health/ingrown-toenail#causes Diakses pada 20 Agustus 2018.

Foto Penulis
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri Diperbarui 27/08/2018
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus