3 Tips Jitu Mengakali Si Kecil Supaya Doyan Makan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum.

Makanan menyediakan berbagai nutrisi yang diperlukan anak untuk tumbuh kembangnya. Namun,  tak sedikit anak yang susah makan, belum lagi pilih-pilih makanan, terutama pada makanan sehat seperti sayuran. Anda tidak perlu khawatir, simak tips berikut supaya anak mau makan dengan lahap.

Tips supaya anak mau makan dengan lahap

Anak yang susah makan tentu jadi masalah bagi orangtua. Sebab kebiasaan ini akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuhnya. Agar nafsu makan meningkat dan tidak lagi susah makan, ikuti beberapa langkah berikut.

1. Jadikan diri Anda sebagai contoh

diet dash hipertensi

Anak memiliki kebiasaan untuk meniru orang lain yang ada di sekitarnya, terutama Anda sebagai orangtua. Nah, agar anak tidak susah makan, jadikan diri Anda sebagai contoh yang baik.

Selain menyiapkan makanan  yang sehat, Anda juga harus menunjukkan bahwa Anda bukan pemilih makanan. Anda menghabiskan semua sayur dan makan lainnya yang tersaji di atas piring.

2. Sajikan menu sehat yang bervariasi

resep wortel

Banyak hal yang menyebabkan anak jadi susah dan bosan makan. Bisa dari rasa makanan yang kurang terasa enak di lidahnya, bentuk dan warnanya yang tidak menarik, atau baunya yang tidak disukai.

Semua kendala itu bisa diatasi dengan cara membuat variasi menu makanan, supaya si kecil tertarik untuk melahapnya. Contohnya jika anak tidak suka wortel atau bayam. Anda bisa membuat dimsum wortel, dadar gulung bayam, atau nugget sayur.

Memotong sayur lebih kecil dan mencampurnya dengan berbagai bahan makanan lain, kadang membuat anak tidak menyadari makan yang tidak disukainya tersebut. Anda bisa meminta saran anak untuk setiap menu makanan, agar anak lebih semangat untuk makan.

3. Buat waktu makan jadi menyenangkan

resep makan malam

Menciptakan suasana makan yang menyenangkan bisa membantu meningkatkan semangat anak untuk makan. Selain mengutamakan makan bersama, jauhkan berbagai hal yang bisa merusak suasana makan, misalnya televisi.

Jangan memaksa anak untuk menghabiskan makanannya, biarkan ia makan sesuai dengan keinginannya. Namun juga harus perhatikan seberapa banyak ia makan. Memaksa anak untuk makan, bisa membuat anak semakin malas untuk makan.

Anda bisa mengajak anak untuk membantu Anda berbelanja bahan makanan, membantu mencuci atau memotong sayuran, dan membantu menyiapkan makanan. Anak tentu jadi lebih termotivasi untuk menikmati makanan yang ikut dibuatnya.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca