Anak Susah Makan, Perlukah Diberikan Suplemen Vitamin?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum.

Tidak jarang seorang ibu akan pusing dan cemas ketika anaknya mulai susah makan. Segala cara pasti dilakukan oleh ibu agar si kecil mau makan dan tetap terjaga asupannya. Salah satunya, memberikan suplemen untuk anak agar si kecil tidak kekurangan zat gizi dan berharap dapat meningkatkan nafsu makannya. Sebenarnya, seberapa perlu memberikan suplemen pada anak ketika anak susah makan?

Anak susah makan, apakah butuh diberikan suplemen?

Sebenarnya, bila si kecil memiliki kebiasaan makan yang baik dan sehat, seorang anak tidak memerlukan suplemen agar semua kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Biasanya, anak dengan status gizi yang baik cenderung tidak memilih-milih makanan dan justru mengonsumsi makanan yang variatif. Hal ini membuat anak mendapatkan bermacam-macam zat gizi, sehingga tak memerlukan suplemen sebagai tambahannya.

Namun, jika anak susah makan dan sudah beberapa minggu belakangan asupan makanannya tidak baik, maka mungkin si kecil membutuhkan suplemen tambahan untuk membuat nutrisinya tetap terjaga. Ya, dalam hal ini suplemen berperan untuk mencegah si kecil mengalami gangguan kesehatan akibat kurang gizi tertentu.

Sebelum memberikan suplemen pada anak, pastikan bahwa Anda telah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika memberikan suplemen pada anak, yaitu:

  • Pastikan kalau suplemen yang Anda pilih sudah aman dan mendapatkan izin edar dari BPOM.
  • Tanyakan pada dokter atau ahli gizi berapa jumlah vitamin dan mineral yang sebenarnya dibutuhkan si kecil.
  • Berikan suplemen sesuai dengan anjuran dokter dan jauhi kemasan dari jangkauan si kecil.
  • Beri tahu si kecil kalau suplemen itu obat, bukan sekadar permen yang rasanya manis dan bisa dikonsumsi terus-terusan.

Anda juga bisa berkonsultasi pada dokter terkait suplemen apa yang dapat membantu meningkatkan nafsu makan si kecil. Dengan begitu, nutrisi tetap terjaga dan si kecil akan mau makan lagi seperti biasa.

anak tidak nafsu makan

Jangan lupa, suplemen bukanlah makanan utama

Mungkin ada ibu yang sudah terlena dengan suplemen vitamin yang ia berikan pada anak. Sebagian mengira kalau hal tersebut cukup untuk menggantikan vitamin yang seharusnya didapatkan dari makanan, jadi tidak masalah bila si kecil tidak mau makan sesuai dengan kebutuhannya.

Padahal, hal ini tentu saja tidak benar. Suplemen tetap saja zat yang seharusnya tidak perlu diberikan bagi anak yang sehat. Ingatlah bahwa suplemen hanya pelengkap dan sebagai pencegahan agar si kecil tidak mengalami kekurangan gizi tertentu. Semua vitamin dan mineral sebaiknya didapatkan dari makanan. Meskipun suplemen anak terbuat dari bahan alami, tak ada yang dapat mengalahkan alaminya vitamin dan mineral dari makanan.

Jadi, hal yang perlu Anda pikirkan adalah bagaimana si kecil bisa kembali bernafsu makan dan asupannya kembali membaik, sehingga tak perlu mengonsumsi suplemen. Berikut hal yang bisa Anda lakukan untuk membuatnya kembali bernafsu makan:

  • Modifikasi menu makanan untuk si kecil, buat tampilan makanan seunik dan menarik mungkin.
  • Berikan makanan yang tinggi dan padat nutrisi, sehingga mencegah kondisi kekurangan zat gizi.
  • Berikan si kecil lebih banyak makanan yang bervariasi. Mungkin saja, anak susah makan karena ia bosan.
  • Ajak si kecil untuk bermain di luar ruangan, pastikan kalau si kecil aktif. Hal ini akan membantu merangsang nafsu makannya kembali.

Baca Juga:

Sumber
Pantau Perkembangan Anak Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan si kecil.
Error message goes here
Daftar
*Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anak anda: [num] bulan Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Yang juga perlu Anda baca