Nama Generik: Telbivudine Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Telbivudine digunakan?

Telbivudine adalah obat untuk mengobati infeksi jangka panjang hepatitis B. Hepatitis B adalah infeksi hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B. Infeksi persisten dapat menyebabkan kerusakan hati, kanker hati langka, dan gagal hati. Telbivudine membantu untuk mengurangi jumlah virus hepatitis B dalam tubuh Anda. Obat ini adalah antivirus yang termasuk dalam kelas obat yang dikenal sebagai virus hepatitis B nucleoside reverse transcriptase inhibitor. Telbivudine bukanlah obat untuk infeksi hepatitis B, dan tidak dapat mencegah penyebaran virus ke orang lain melalui kontak seksual atau kontaminasi darah (seperti penggunaan jarum suntik yang bergilir).

Bagaimana aturan pakai obat Telbivudine?

Bacalah panduan obat dan Brosur Informasi Pasien yang disediakan apotek, jika ada, sebelum Anda mendapatkan obat ini dan setiap kali Anda membeli ulang. Jika ada pertanyaan, ajukan pada dokter atau apoteker

Minum obat ini dengan atau tanpa makanan, biasanya sekali sehari atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda.

Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda, fungsi ginjal, dan respon terhadap pengobatan.

Sangat disarankan untuk minum obat ini persis seperti yang ditentukan oleh dokter Anda. Jangan lewatkan apapun dosisnya.

Obat ini bekerja paling baik bila jumlah obat dalam tubuh Anda disimpan pada tingkat yang konstan. Oleh karena itu, minum obat ini pada interval yang sama. Untuk membantu Anda mengingat, minumlah obat ini di waktu yang sama setiap hari.

Beri tahu dokter jika kondisi Anda tetap atau malah memburuk.

Bagaimana cara menyimpan Telbivudine?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Telbivudine?

Sebelum menggunakan obat tertentu, pertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu. Ini adalah keputusan yang harus dibuat Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, perhatikan hal berikut:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain. Beri tahu dokter juga jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk tanpa resep, baca label pada kemasan secara saksama.

Anak-anak

Studi yang tepat belum dilakukan pada hubungan usia terhadap efek Telbivudine pada anak-anak. Keamanan dan kemanjuran belum ditentukan.

Lansia

Meskipun studi yang sesuai pada hubungan usia terhadap efek Telbivudine belum dilakukan pada lansia, masalah geriatri khusus tidak diharapkan untuk membatasi kegunaan Telbivudine pada orang yang berusia lanjut usia. Namun, pasien lanjut usia lebih mungkin untuk memiliki masalah ginjal yang berkaitan dengan usia, yang mungkin memerlukan kehati-hatian dan penyesuaian dosis untuk pasien yang menerima Telbivudine.

Apakah obat Telbivudine aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B. (A = Tidak berisiko, B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian, C = Mungkin berisiko, D = Ada bukti positif dari risiko, X = Kontraindikasi, N = Tidak diketahui)

Efek Samping

Apa efek samping Telbivudine yang mungkin terjadi?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Obat ini dapat menyebabkan lactic asidosis (penumpukan asam laktat dalam tubuh, yang bisa berakibat fatal). Lactic asidosis muncul secara perlahan-lahan dan dapat memburuk dari waktu ke waktu. Segera cari bantuan medis, jika Anda memiliki gejala lactic asidosis, bahkan yang ringan sekalipun, seperti:

  • Nyeri atau lemat otot
  • Mati  rasa atau terasa dingin pada bagian tangan dan kaki
  • Kesulitan bernapas
  • Merasa pusing, pusing, lelah, atau sangat lemah
  • Sakit perut, mual bersamaan dengan muntah
  • Detak jantung cepat atau tidak teratur

Hubungi dokter Anda sekaligus jika Anda memiliki efek samping yang serius lainnya, seperti:

  • Nyeri otot, atau kelemahan (dapat terjadi beberapa minggu atau bulan setelah Anda mulai mengonsumsi telbivudine)
  • Demam atau gejala flu, dan urine berwarna gelap
  • Lengan dan kaki terasa terbakar, sakit atau geli
  • Gejala liver mual, nyeri perut bagian atas, gatal-gatal, kehilangan nafsu makan, urin berwarna gelap, tinja berwarna seperti tanah liat, sakit kuning (kulit atau mata terlihat menguning).

Efek samping yang kurang serius meliputi:

  • Batuk, sakit tenggorokan
  • Sakit kepala, tubuh terasa lelah
  • Pusing
  • Nyeri otot
  • Demam ringan
  • Perut kembung, mual ringan, muntah, diare
  • Ruam kulit ringan atau kulit terasa gatal
  • Nyeri sendi, nyeri punggung atau
  • Gangguan tidur (insomnia)

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Telbivudine?

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Mengonsumsi obat ini dengan obat-obatan berikut tidak direkomendasikan. Dokter Anda mungkin tak akan meresepkan obat ini kepada Anda atau akan mengganti beberapa obat yang sudah Anda konsumsi.

  • Peginterferon Alfa-2a

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Telbivudine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Telbivudine?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • Penyakit ginjal – Gunakan dengan hati-hati. Dampaknya mungkin akan meningkat karena peluruhan obat yang lambat dari dalam tubuh.
  • Myopathy (Nyeri otot, rasa  nyeri, atau tubuh terasa lemah) atau
  • Peripheral Neuropathy (Gangguan syaraf dengan mati rasa, kesemutan) Gunakan dengan hati-hati. Mungkin dapat membuat kondisi semakin memburuk.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Telbivudine untuk dewasa?

600 mg oral sekali sehari

Berapa dosis obat Telbivudine untuk anak-anak?

16 tahun keatas: 600 mg oral sekali sehari

Dalam dosis dan sediaan apa Telbivudine tersedia?

Tablet: 600 mg

Larutan: 100 mg/ 5 ml

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: September 28, 2017 | Terakhir Diedit: September 28, 2017

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan