home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

7 Menu Sahur Sehat dan Praktis Andalan Anak Kos

7 Menu Sahur Sehat dan Praktis Andalan Anak Kos

Menjalani sahur selama bulan puasa tentu menjadi tantangan tersendiri bagi anak kos. Anda tidak hanya dituntut bisa bangun tidur sendiri, tapi juga menyiapkan makanan sendiri. Lalu, apa saja menu sahur sehat dan praktis untuk anak kos?

Ragam menu sahur sehat dan praktis untuk anak kos

sahur untuk autoimun

Jika bosan dengan nasi goreng, ayam goreng, dan mi instan, sudah saatnya Anda mengganti menu sahur dengan yang baru. Di bawah ini sederet pilihan menu makanan saat sahur yang sehat, praktis, dan ekonomis untuk Anda coba.

1. Nasi dan telur

Walaupun simpel, jangan anggap remeh menu populer ini. Nasi punya karbohidrat yang memberi energi pada tubuh. Sementara itu, telur kaya nutrisi protein dan lemak sehat yang akan diubah menjadi cadangan energi ketika karbohidrat sudah menipis.

Telur juga termasuk bahan yang gampang diolah. Anda bisa memasak telur menjadi telur mata sapi, telur orak-arik, atau omelet dengan tambahan keju dan cacahan sayur untuk menambah nilai nutrisinya.

2. Sereal dan susu

Sereal bisa menjadi menu sahur darurat untuk anak kos yang telat bangun pagi. Cukup campurkan sereal dengan segelas susu hangat, dan menu sahur Anda siap disantap. Meski praktis, menu sahur ini dapat memberikan tubuh Anda energi dan serat.

Namun, perlu diingat bahwa kebanyakan produk sereal mengandung banyak gula. Jadi, pilihlah sereal dengan kandungan gula per sajian kurang dari lima gram dan serat lebih dari tiga gram. Batasi porsinya dan jangan mengonsumsinya setiap hari.

3. Sup sayuran

Sup sayuran adalah menu sahur ideal untuk anak kos yang ingin makan lebih banyak serat. Menu ini juga mengandung banyak vitamin, mineral, serta cairan yang akan mencegah Anda terkena dehidrasi saat berpuasa.

Sebelum tidur, masaklah kaldu, aneka sayuran favorit, dan bumbu untuk menambah cita rasa. Anda juga bisa menambahkan potongan ayam, daging sapi, telur puyuh, atau sumber protein lain untuk mendapat asupan energi dari zat gizi protein.

4. Capcay

Seperti sup sayuran, capcay juga kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Asupan serat penting karena bisa memberikan rasa kenyang lebih lama, membantu mengontrol gula darah, dan mencegah susah BAB selama berpuasa.

Capcay juga alternatif untuk Anda yang suka masakan gurih, tapi ingin mengurangi konsumsi minyak. Agar olahan satu ini lebih menyehatkan, Anda dapat mengganti minyak sayur dengan minyak kedelai, minyak jagung, atau cooking spray.

5. Pasta

Pasta termasuk menu sahur sehat dan praktis untuk anak kos karena mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan serat sekaligus. Menu serbaguna ini dapat diolah dengan hampir segala macam bahan makanan yang tersedia di dapur Anda.

Namun, kebanyakan pasta instan tinggi gula sehingga tidak baik dikonsumsi berlebihan. Jika memungkinkan, pilihlah pasta dari gandum utuh yang bisa membantu menahan lapar, mengontrol gula darah, dan menjaga kadar kolesterol tetap normal.

6. Oatmeal dan buah-buahan

Oat termasuk biji-bijian yang paling menyehatkan. Makanan ini kaya karbohidrat, protein, dan serat, tapi rendah kalori. Oat juga memiliki vitamin B kompleks dan belasan mineral sehingga menjadi salah satu makanan padat nutrisi.

Anda dapat mengolah oat menjadi hidangan manis dengan menambah madu, yogurt, atau buah. Bila Anda bosan dengan oatmeal manis, makanan ini juga bisa dimasak dengan kaldu dan ditambahkan telur mata sapi, keju, atau potongan jamur.

7. Sandwich dari roti gandum

Ketika Anda hanya punya sedikit waktu untuk memasak, sandwich bisa jadi pilihan. Makanan praktis dan sehat asal Inggris ini mengandung karbohidrat dari roti, protein dan lemak dari daging, serta vitamin dan mineral dari daun selada.

Jadikan sandwich lebih sehat dengan penggunaan roti gandum kaya serat serta penambahan selembar keju. Tidak hanya lezat, menu sahur untuk anak kos ini juga akan membuat Anda kenyang lebih lama sehingga puasa tetap terasa nyaman.

Sahur memang bukan keharusan tapi sayang untuk dilewatkan karena pada saat inilah tubuh akan mendapatkan nutrisi untuk beraktivitas. Oleh sebab itu, menu sahur untuk anak kos idealnya perlu mengandung nutrisi yang cukup dan beragam.

Jangan lupa penuhi minum air yang cukup saat sahur. Batasi pula makanan yang digoreng, makanan pedas, serta makanan asam yang dapat memicu kambuhnya asam lambung saat puasa.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Top 10 Health Benefits of Eating Eggs. (2020). Retrieved 8 May 2020, from https://www.healthline.com/nutrition/10-proven-health-benefits-of-eggs

Breakfast Cereals: Healthy or Unhealthy?. (2020). Retrieved 8 May 2020, from https://www.healthline.com/nutrition/are-breakfast-cereals-healthy#tips

Healthy Cooking Oils. (2020). Retrieved 8 May 2020, from https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-eating/eat-smart/fats/healthy-cooking-oils

Is Pasta Healthy or Unhealthy?. (2020). Retrieved 8 May 2020, from https://www.healthline.com/nutrition/is-pasta-healthy#section2

9 Health Benefits of Eating Oats and Oatmeal. (2020). Retrieved 8 May 2020, from https://www.healthline.com/nutrition/9-benefits-oats-oatmeal#section6

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari Diperbarui 28/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro