Ingrown Hair

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia

Definisi

Apa itu ingrown hair?

Ingrown hair atau rambut tumbuh ke dalam adalah rambut yang tumbuhnya mengarah ke dalam kulit, bukannya bertumbuh ke luar kulit. Kondisi ini dapat menyebabkan peradangan, nyeri, dan benjolan-benjolan kecil pada area di mana rambut baru saja dicabut atau dicukur. 

Ingrown hair adalah kondisi umum yang disebabkan oleh mencukur rambut. Ingrown hair umumnya muncul pada pria di area janggut, termasuk dagu, pipi dan terutama pada leher.

Ingrown hair juga dapat muncul pada kulit kepala pria yang menggunduli rambut. Pada wanita, area umum dimana ingrown muncul meliputi ketiak, area kemaluan dan kaki.

Biasanya, ingrown hair bukanlah masalah serius dan dapat membaik tanpa perawatan. Namun kondisi ini dapat mengganggu dan mengesalkan. Anda dapat mencegahnya dengan tidak menghilangkan rambut. 

Jika tidak memungkinkan, Anda dapat menggunakan metode penghilang rambut yang mengurangi risiko munculnya ingrown hair. Namun, ingrown hair kronis dapat menyebabkan:

  • Infeksi bakteri (dari menggaruk)
  • Penggelapan kulit (hiperpigmentasi)
  • Bekas luka permanen (keloid)
  • Pseudofolliculitis barbae, juga dikenal dengan razor bumps.

Seberapa umum ingrown hair?

Kondisi ini sangat umum dan dapat terjadi pada pasien dengan usia berapapun. Ingrown hair dapat ditangani dengan mengurangi faktor-faktor risiko. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala ingrown hair?

Rambut tumbuh ke dalam paling sering muncul di daerah jenggot, termasuk dagu dan pipi, dan terutama leher. Kondisi ini muncul di kulit kepala mereka yang mencukur rambut mereka. 

Area umum lainnya untuk rambut tumbuh ke dalam adalah ketiak, area kemaluan dan kaki. 

Gejala umum dari ingrown hair adalah:

  • Benjolan-benjolan kecil, padat dan bulat (papul)
  • Luka kecil, bernanah dan seperti lepuhan (pustul)
  • Penggelapan warna kulit (hiperpigmentasi)
  • Nyeri
  • Gatal-gatal
  • Rambut yang tertanam

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Pada kebanyakan kasus, Anda tidak perlu meminta bantuan medis untuk mengatasi rambut masuk ke dalam. Namun, jika kondisi ini sangat mengganggu atau benjolan tak kunjung hilang, Anda perlu menghubungi dokter. 

Anda juga harus menghubungi dokter bila Anda mengalami gejala-gejala berikut ini:

  • Mengalami gejala infeksi, seperti nanah keluar dari benjolan, peningkatan kemerahan, rasa gatal, dan peningkatan rasa sakit.
  • Ingrown hair merupakan kondisi yang kronis. Dokter dapat membantu mengatasi kondisi tersebut.
  • Jika Anda adalah seorang wanita dengan ingrown hair yang disebabkan oleh pertumbuhan rambut berlebih (hirsutisme), dokter dapat menentukan apakah kelebihan rambut tersebut merupakan hasil dari kelainan hormon yang dapat diatasi, seperti gejala ovarium polikistik.

Penyebab

Apa penyebab ingrown hair?

Siapapun dapat memiliki ingrown hair, namun kondisi ini lebih umum terjadi pada orang yang memiliki rambut yang sangat keriting atau kasar. Rambut keriting lebih cenderung menekuk ke belakang dan dapat masuk kembali ke kulit, terutama setelah dicukur atau dipotong. 

Kulit mati dapat menyumbat folikel rambut, di mana rambut di dalamnya terdorong untuk bertumbuh ke samping di bawah kulit, bukannya tegak dan ke luar.

Selain itu, orang-orang dengan kadar hormon seksual tertentu dapat memiliki pertumbuhan rambut yang berlebih, yang menyebabkan ingrown hair, terutama setelah mencukur.

Banyak orang dengan keturunan Afrika-Amerika, Latin dan orang-orang dengan rambut yang tebal dan keriting memiliki jenis ingrown hair yang disebut pseudofolliculitis. 

Lebih dikenal sebagai “razor bumps”, kumpulan benjolan kecil ini umumnya muncul pada area janggut setelah rambut dicukur, di-waxing, atau dicabut.

Anda juga dapat memiliki ingrown hair jika Anda:

  • Menarik kulit dengan kencang saat mencukur, yang menyebabkan rambut masuk ke dalam kulit kembali tanpa keluar terlebih dahulu
  • Mencabut – yang dapat meninggalkan patahan rambut di bawah permukaan kulit

Saat rambut memasuki kulit, kulit bereaksi seperti terhadap benda asing – kulit menjadi meradang.

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk ingrown hair?

Memiliki jenis rambut yang keriting akan meningkatkan risiko Anda mengalami ingrown hair.

Diagnosis

Bagaimana ingrown hair didiagnosis?

Dokter biasanya akan mendiagnosis ingrown hair dengan melihat kulit Anda dan mendiskusikan dengan Anda tentang kebiasaan penghilangan rambut Anda.

Saat Anda pergi ke dokter untuk kondisi ini, Anda bisa menyiapkan beberapa hal di bawah ini:

  • Membuat daftar gejala yang Anda alami, termasuk apapun yang seperti tidak berkaitan dengan apa yang akan Anda tanyakan ke dokter. 
  • Membuat daftar informasi personal, termasuk stres atau perubahan hidup terbaru yang Anda lewati. 
  • Membuat daftar obat-obatan yang Anda konsumsi, termasuk vitamin dan suplemen. 
  • Membuat daftar pertanyaan pada dokter Anda.

Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana ingrown hair ditangani?

Anda dapat mempertimbangkan perawatan laser, yang menghilangkan rambut lebih dalam dan menghambat pertumbuhan. Dokter dapat meresepkan obat-obatan tertentu untuk mengatasi kondisi Anda, seperti:

Obat-obatan yang membantu mengangkat sel mati 

Retinoid yang dioleskan pada kulit, seperti tretinoin (Renova, Retin-A, lainnya), dapat membantu mengangkat sel mati dari kulit (eksfoliasi). 

Obat ini juga dapat mengobati bintik-bintik gelap dan kulit menebal yang disebabkan oleh rambut tumbuh ke dalam. Ini umumnya digunakan pada malam hari pada daerah yang terkena. 

Selain itu, antibiotik juga dapat digunakan untuk mengatasi ingrown hair yang terinfeksi. Formula topikal dapat digunakan pada area yang sakit, atau dokter Anda mungkin meresepkan antibiotik oral untuk mengatasi infeksi yang lebih parah. 

Krim untuk mengurangi peradangan

Dokter dapat menyarankan krim steroid. Krim steroid topikal dapat membantu mengurangi peradangan, kemerahan, dan pembengkakan. Ini tersedia tanpa resep dokter untuk dosis rendah. 

Dokter Anda mungkin merekomendasikan resep dengan konsentrasi lebih tinggi dengan instruksi spesifik untuk menggunakannya. 

Krim atau pil untuk mengendalikan infeksi

Untuk infeksi yang disebabkan menggaruk area yang terpengaruh, dokter dapat merekomendasikan salep antibiotik. Untuk kasus yang lebih parah, dokter dapat memberikan antibiotik oral.

Pencegahan

Apa saja perubahan-perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi ingrown hair?

Rambut masuk ke dalam biasanya bisa teratasi dengan sendirinya. Terkadang, kondisi ini disingkirkan dengan pinset atau jarum yang disterilkan. Namun, tindakan itu hanya dapat dilakukan pada rambut di permukaan kulit. 

Menggali rambut hanya bisa meningkatkan risiko infeksi. Mencoba menyingkirkan ingrown hair semakin berisiko ketika sudah terinfeksi. Mengambil rambut yang tumbuh ke dalam yang terinfeksi juga meningkatkan risiko komplikasi. 

Daripada berusaha mencabut rambut masuk ke dalam, cobalah basuh area terkena dengan air dan sabun. Cara ini dapat memudahkan rambut ke luar permukaan kulit dengan sendirinya. 

Jika Anda mengalami rambut tumbuh ke dalam, salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan menghindari cukur atau mencabut rambut dari wajah Anda. Tentu, ini bukan satu-satunya pilihan. 

Penggunaan krim yang dijual bebas dengan asam alfa hidroksi (AHA) atau asam glikolat di antara sesi penghilangan rambut dapat menjaga kulit tetap halus dan mengurangi kecenderungan membentuk rambut tumbuh ke dalam.

Dikutip dari Healthline, berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi ingrown hair:

Bersihkan wajah Anda secara rutin

Membersihkan wajah Anda dengan air mungkin tidak cukup untuk mencegah ingrown hair. Untuk mencegah kondisi ini, bersihkan wajah Anda secara rutin dengan pembersih ringan untuk menyingkirkan kotoran atau minyak yang menyumbat pori-pori Anda. 

Langkah tersebut penting karena pori-pori yang tersumbat dapat meningkatkan risiko kondisi rambut tumbuh ke dalam. 

Jika memungkinkan, gunakan pembersih yang dapat melakukan eksfoliasi pada kulit. Gosok wajah Anda dengan gerakan memutar untuk mengangkat sel kulit mati.  

Jika Anda melakukan waxing pada rambut wajah Anda, kompres wajah Anda dengan air hangat, beberapa menit sebelum melakukannya. Teknik ini dapat membuka pori-pori Anda dan mencegah rambut tumbuh ke dalam. 

Tingkatkan teknik mencukur Anda

Teknik mencukur yang payah juga dapat meningkatkan risiko Anda untuk mengalami rambut tumbuh ke dalam. Sebagian orang menarik kulit mereka saat mencukur rambut, tapi hal ini sering mengakibatkan rambut terpotong terlalu pendek. 

Penting juga untuk mencukur rambut Anda agar tidak terlalu pendek. Jika Anda melihat rambut wajah tumbuh ke arah bawah, cukur sesuai arahnya. 

Ganti pisau cukur Anda

Semakin alat cukur Anda dekat dengan kulit, semakin tinggi pula risiko Anda untuk mengalami ingrown hair. Agar lebih aman, pilih pisau satu tepi. 

Pisau dua tepi memotong rambut dengan lebih dalam, sehingga Anda cenderung berisiko mendapat rambut tumbuh ke dalam dengan pisau cukur ini. 

Jika Anda menggunakan pisau cukur listrik, jangan atur pisau cukur di pengaturan terdekat dengan kulit. 

Bersihkan pisau cukur Anda

Menggunakan pisau cukur yang sama berkali-kali juga meningkatkan risiko rambut tumbuh ke dalam. Anda tidak perlu mengganti pisau cukur Anda berkali-kali, tapi Anda perlu membersihkannya setelah menggunakan. 

Pisau cukur yang kotor dapat menyebabkan timbulnya bakteri pada pori-pori dan menyebabkan infeksi. Cuci pisau cukur dengan air dan pembersih mengandung alkohol setelah digunakan.

Gunakan krim pencukur

Mencukur dalam keadaan kulit kering adalah penyebab jitu untuk meningkatkan risiko ingrown hair. Sebagai cara yang praktis, jaga agar rambut wajah Anda tetap terlumasi dan lembap. 

Sebelum cukur, oleskan krim cukur dan air ke wajah Anda. Ini mengurangi rambut kering dan rapuh, sehingga memungkinkan Anda untuk mencukur rambut dalam satu kali olesan. 

Gunakan pelembap setelah mencukur

Setelah merawat wajah Anda sebelum dan saat mencukur, Anda juga perlu merawat kulit Anda setelah mencukur. Gunakan pelembap yang dapat membuat kulit Anda tetap halus setelah rambutnya dicukur. 

Lakukan kebiasaan menggunakan air dingin segera setelah Anda mencukur. Cara ini dapat mengurangi iritasi, mengencangkan pori-pori, melembapkan, dan membantu mengatasi rambut yang tumbuh ke dalam. 

Gunakan zat kimia penghilang rambut

Jika Anda mengalami masalah ingrown hair, beralih dari pisau cukur ke krim penghilang rambut mungkin bisa menjadi solusi. Depilatory adalah krim yang dirancang khusus untuk menghilangkan rambut yang tidak diinginkan, bahkan pada bagian sensitif tubuh Anda. 

Selalu lakukan tes kulit untuk memeriksakan alergi Anda sebelum menggunakan zat kimia ini. 

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Share now :

Direview tanggal: Maret 12, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 10, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca