backup og meta
Kategori

1

Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi

10 Serum yang Aman Atasi Masalah Kulit untuk Ibu Hamil

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 05/07/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

10 Serum yang Aman Atasi Masalah Kulit untuk Ibu Hamil

Selama kehamilan, kulit ibu kerap mengalami masalah karena perubahan hormon. Untuk mengatasinya, ibu perlu menggunakan produk perawatan kulit tertentu seperti serum. Namun, apakah serum yang biasa ibu pakai tetap aman untuk hamil?

Bagaimana cara memilih jenis serum yang aman untuk ibu hamil? Apa saja rekomendasinya? Simak informasi berikut untuk mendapatkan jawabannya.

Cara memilih serum yang aman untuk ibu hamil

body serum terbaik

Kulit wajah kering, kusam, dan munculnya bintik hitam merupakan beberapa permasalahan kulit pada ibu hamil. Sebagai solusinya, ibu tetap bisa menggunakan serum selama kehamilan.

Namun, pastikan serum yang ibu pakai terbebas dari berbagai zat kimia aktif seperti berikut.

1. Retinoid

Mengutip dari laman Rare Diseases, retinoid dan bentuk turunannya seperti tretinoin, retinol, dan differine merupakan salah satu kandungan dalam produk skincare yang harus dihindari selama kehamilan.

Pasalnya, meski terkenal ampuh melawan jerawat dan bintik hitam, penggunaan retinoid selama kehamilan dapat meningkatkan risiko kecacatan lahir yang disebut fetal retinoid syndrome.

2. Paraben

Paraben tidak hanya bisa memasuki aliran darah, tapi juga bisa masuk ke dalam plasenta. Akibatnya, janin akan ikut terpapar paraben.

Hal tersebut dapat meningkatkan risiko bayi terlahir dalam kondisi cacat hingga keguguran.

Bahan lainnya yang perlu ibu hindari adalah alergen. Jika merasa kurang yakin dengan produk perawatan kecantikan saat hamil, ibu bisa memastikannya saat periksa ke dokter kandungan.

10 rekomendasi serum yang aman untuk ibu hamil

Berikut adalah rekomendasi serum yang bisa ibu pertimbangkan jika ingin menggunakannya selama masa kehamilan.

1. Sensatia Botanicals Sandalwood Dream Facial C-Serum

Sensatia Botanicals Sandalwood Dream Facial C-Serum merupakan serum dengan kandungan utama vitamin C yang dipercaya aman untuk ibu hamil.

Ini karena kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya berasal dari buah kakadu plum organik.

Selain itu, serum dari merk lokal asal Bali ini juga mengandung lidah buaya yang membantu melembapkan dan memulihkan peradangan pada kulit wajah.

Sesuai namanya, serum satu ini tidak memiliki pewangi tambahan sehingga aman untuk pemilik kulit sensitif, termasuk ibu hamil.

Nomor izin edar BPOM: NA18180102798

2. Azarine Revitalizing Anti Aging Serum

Azarine Revitalizing Anti Aging Serum yang mengandung bakuchiol dapat membantu menyamarkan kerut tanda penuaan.

Tanpa tambahan pewangi, alkohol, hingga silikon, serum antiaging ini aman untuk ibu hamil, ibu menyusui, serta pemilik kulit sensitif.

Produk lokal ini pun diklaim telah diformulasikan dengan teknologi stem sehingga dapat membantu mempercepat produksi kolagen pada kulit supaya kulit tetap kencang.

Azarine Revitalizing Anti Aging Serum juga memiliki tekstur yang ringan sehingga mudah meresap ke dalam kulit. 

Nomor izin edar BPOM: NA18202000241

3. Mama’s Choice Advanced Brightening Serum

Diformulasikan khusus untuk ibu hamil, Mama’s Choice Advanced Brightening Serum bisa menjadi pilihan serum jika ibu ingin mencerahkan kulit selama kehamilan.

Selain mengandung vitamin C dan ekstrak bunga peony untuk mencerahkan kulit, serum ini juga diperkaya dengan hyaluronan 11 multicomplex sehingga efektif menjaga kelembapan kulit.

Serum dari Mama’s Choice ini juga mengandung niacinamide yang akan mengontrol produksi minyak berlebih. Ada pula ceramide NP dengan fungsinya meratakan tekstur kulit.

Nomor izin edar BPOM: NA18221902662

4. MSBB Avoskin Your Skin Bae Marine Collagen 10% + Ginseng Root

Rekomendasi serum lokal yang aman untuk wajah ibu hamil selanjutnya datang dari merk Avoskin.

Kandungan Marine Collagen 10% dan Ginseng Root pada varian ini akan membantu memperbaiki tekstur kulit sekaligus menjaga kelembapannya.

Akar ginseng juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mengurangi peradangan pada kulit. Kombinasinya dengan kolagen juga bisa menghilangkan bekas jerawat yang tidak kunjung memudar.

Nomor izin edar BPOM: NA18202000281

5. Nutrishe Intensive Bright & Glow Serum

Dengan kandungan utama berupa alpha arbutin, Nutrishe Intensive Bright & Glow Serum dikenal cukup ampuh dalam meratakan warna kulit, mencerahkan, sekaligus mengurangi dark spots.

Brown algae yang juga ditemukan pada serum ini akan membuat kulit ibu hamil tetap kenyal dan terasa lembap. Terlebih, ada pula centella asiatica yang dapat menenangkan kulit.

Selain untuk ibu hamil, merk serum lokal ini juga diklaim aman untuk pemilik wajah dengan kulit sensitif.

Nomor izin edar BPOM: NA18221902118

6. Scarlett Whitening Brightly Ever After Serum

Salah satu cara untuk mengatasi berbagai perubahan kondisi kulit selama kehamilan ialah menggunakan Scarlett Whitening Brightly Ever After Serum.

Dengan kandungan vitamin C, niacinamide, phyto whitening, dan ekstrak lavender, serum ini dapat mencerahkan, melembapkan, mengontrol minyak, sekaligus menutrisi kulit.

Produk lokal satu ini juga diklaim mengandung antioksidan yang dapat mencegah dampak buruk polusi udara pada kulit.

Nomor izin edar BPOM: NA18201901367

7. Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil

Kandungan bakuchiol pada serum Somethinc ini diklaim mampu memberikan manfaat menyerupai retinol tanpa membahayakan ibu hamil.

Serum ini juga dilengkapi dengan sunflower seed oil dan minyak tamanu yang dapat mencegah peradangan pada kulit sekaligus merangsang produksi kolagen.

Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil juga dilengkapi dengan salicylic acid yang bisa mengontrol produksi minyak berlebih penyebab jerawat.

Ada pula vitamin E yang akan mencegah paparan radikal bebas pemicu penuaan diri.

Nomor izin edar BPOM: NA18202000303

8. Bhumi Claire Vibrant Booster

Bhumi Claire Vibrant Booster dipercaya dapat mencerahkan kulit lebih cepat karena mengandung glutathione dan alpha arbutin. 

Serum ini juga mengandung ekstrak mulberry dan bearberry yang kaya akan antioksidan sehingga dapat menjaga kulit tetap elastis serta menyamarkan garis halus karena stretch mark.

Bhumi mengklaim bahwa produknya satu ini dapat menjadi alternatif brightening booster bagi orang-orang yang tidak cocok menggunakan serum vitamin C atau brightening agents lain yang berpotensi mengiritasi kulit.

Nomor izin edar BPOM: NA18221900878

9. True to Skin Bakuchiol Anti Aging Serum

Retinol memang merupakan bahan dalam produk skincare yang harus dihindari saat hamil. Sebagai gantinya, ibu bisa menggunakan serum dari True to Skin yang mengandung bakuchiol.

Bakuchiol dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, mempercepat regenerasi kulit, mencerahkan, mengatasi jerawat, hingga menecegah tanda penuaan dini seperti kemunculan bintik hitam.

True to Skin Bakuchio Anti Aging Serum juga dilengkapi dengan lactobionic acid (PHA) yang dapat menutrisi kulit serta probiotik dan 7 seed beans complex untuk memperbaiki skin barrier.

Nomor izin edar BPOM: NA18202000262

10. Joylab Hi! Bright Serum

Diformulasikan dengan 3- ethyl ascorbic acid sebagai bentuk vitamin C, serum buatan lokal ini dipercaya cocok untuk pemilik kulit wajah sensitif, termasuk ibu hamil.

Tidak hanya mencerahkan, vitamin C di dalamnya juga akan meratakan warna kulit jika digunakan secara rutin.

Joylab Hi! Bright Serum juga dilengkapi dengan jojoba seed oil untuk membuat kulit tampak lebih sehat dan Vitamin E untuk membantu meningkatkan elastisitas kulit.

Serum satu ini juga mengklaim telah terbebas dari paraben, SLS, alkohol, silikon, dan pewangi tambahan.

Nomor izin edar BPOM: NA49210100112

Meski ibu hamil tetap diberi kebebasan untuk memakai serum, perhatikan apakah ada efek samping di awal pemakaian.

Jika terdapat reaksi alergi pada kulit, segera hentikan pemakaian serum dan periksakan diri ke dokter.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 05/07/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan