backup og meta
Kategori
Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi

6 Manfaat Kacang Merah untuk Ibu Hamil Selain Menjaga Kesehatan Tulang

Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita · General Practitioner · None


Ditulis oleh Atifa Adlina · Tanggal diperbarui 09/10/2021

    6 Manfaat Kacang Merah untuk Ibu Hamil Selain Menjaga Kesehatan Tulang

    Maksimalkan masa kehamilan ibu dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi dan gizi. Tak hanya protein hewani, protein nabati yang berasal dari kacang-kacangan pun sebaiknya dikonsumsi ibu hamil. Salah satunya adalah kacang merah yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat kacang merah untuk ibu hamil? Simak dulu penjelasannya di sini.

    Kandungan gizi kacang merah

    Manfaat kacang merah untuk ibu hamil

    Mengutip Pregnancy, Birth, and Baby, sayuran dan kacang-kacangan mempunyai kandungan nutrisi dan gizi seperti vitamin, mineral, hingga serat.

    Kacang merah merupakan salah satu jenis makanan ibu hamil yang mempunyai manfaat untuk membantu perkembangan janin dalam rahim. Berikut adalah berbagai kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalam kacang ini.

    • Kalori: 171
    • Air: 57,2 gram
    • Protein: 11 gram
    • Karbohidrat 28 gram
    • Serat: 2,1 gram
    • Kalsium: 293 mg
    • Fosfor 134 mg
    • Zat besi: 3,7 mg
    • Kalium: 360,7 mg
    • Zinc: 1,4 mg
    • Niasin: 1,1 mg

    Manfaat kacang merah untuk ibu hamil

    Manfaat kacang merah untuk ibu hamil

    Kacang merah adalah salah satu jenis makanan sehat terbaik untuk tubuh termasuk ibu hamil dengan harga cukup terjangkau. Mengonsumsi kacang merah sebagai menu merupakan cara mudah untuk meningkatkan asupan protein juga serat tanpa kalori yang tinggi.

    Di bawah ini adalah manfaat dari kacang merah untuk ibu hamil yang sudah diolah menjadi makanan.

    1. Menjaga perkembangan tulang dan gigi

    Manfaat pertama dari kacang merah untuk ibu hamil adalah mendukung pertumbuhan tulang dan gigi janin dalam kandungan. Hal ini karena terdapat kandungan kalsium tinggi pada kacang merah.

    Perlu ibu ketahui bahwa bayi dalam rahim mengambil sebagian besar kalsium yang ia butuhkan. Maka dari itu, memenuhi asupan kalsium juga bermanfaat untuk Anda dalam mencegah terjadinya osteoporosis.

    Selain itu, kalsium pada kacang merah juga bermanfaat untuk menutrisi jantung, otot, saraf, serta perkembangan hormonnya.

    2. Tekanan darah seimbang

    Kandungan kalsium pada kacang merah tak hanya bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan tulang, tetapi juga menjaga keseimbangan tekanan darah ibu hamil.

    Kalsium dapat membantu pembuluh darah agar tetap kuat serta mengendur jika dibutuhkan. Maka dari itu, asupan kalsium yang terjaga juga dapat mencegah komplikasi kehamilan seperti preeklamsia.

    Lalu, kalsium juga berfungsi dalam pelepasan hormon yang berhubungan dengan enzim agar fungsi tubuh berjalan dengan baik.

    3. Mencegah kram

    Kram pada bagian tubuh tertentu adalah salah satu keluhan pada ibu hamil. Untuk mencegah kondisi ini, manfaatkan kacang merah karena terdapat kandungan kalium.

    Kandungan kalium dalam kacang merah ini bermanfaat untuk menjaga fungsi otot seperti melemaskan dinding pembuluh darah. Tak hanya menurunkan tekanan darah tinggi, terpenuhinya asupan kalium juga dapat melindungi kondisi kram otot serta detak jantung tidak teratur.

    4. Mengatur kadar gula

    Tingginya kadar gula saat hamil dapar memicu kondisi kesehatan seperti diabetes hingga penyakit kronis seperti serangan jantung. Coba untuk mengonsumsi kacang merah karena bermanfaat untuk menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah pada ibu hamil.

    Kacang merah kaya akan protein serta karbohidrat yang mudah dicerna sehingga cukup efektif dalam menjaga kesehatan gula darah. Tanaman ini juga mengandung magnesium yang berfungsi untuk membantu menstimulasi enzim, mengatur insulin, juga mengontrol kadar gula.

    [embed-community-8]

    5. Menjaga sistem imun

    Zinc adalah jenis mineral yang terkadang dianggap tidak begitu penting. Padahal, manfaat zinc dalam kacang merah dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

    Mengonsumsi kacang merah selama kehamilan juga berfungsi untuk menjaga pertumbuhan sel serta pembentukan genetik si kecil. Sebaiknya ibu perlu berhati-hati karena rendahnya asupan zinc dapat menambah risiko berat badan bayi lahir rendah.

    Ada pula kandungan 8 asam amino yang dapat mempersiapkan protein dalam tubuh. Asam amino juga berfungsi untuk membantu melawan infeksi dan penyakit.

    6. Mencegah cacat lahir

    Hampir semua orangtua menginginkan agar bayi dalam kandungan bisa lahir secara selamat dan tanpa kekurangan apapun.

    Caranya adalah dengan memanfaatkan kacang merah untuk membantu produksi sel darah merah sehingga oksigen dapat mengalir ke seluruh tubuh ibu hamil.

    Terdapat kandungan folat dalam kacang merah yang manfaat utamanya adalah untuk membentuk tabung saraf sehingga mencegah cacat lahir pada otak dan tulang belakang.

    Folat adalah kelompok dari vitamin B yang ibu butuhkan untuk membantu kesehatan pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan.

    Saat mengonsumsi kacang merah, pastikan Anda sudah mencucinya hingga bersih dan memasaknya terlebih dahulu sehingga tidak ada racun yang masuk ke dalam tubuh.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Damar Upahita

    General Practitioner · None


    Ditulis oleh Atifa Adlina · Tanggal diperbarui 09/10/2021

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan