Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tak Hanya Enak, Ini 10 Manfaat Susu Almond bagi Ibu Hamil

Tak Hanya Enak, Ini 10 Manfaat Susu Almond bagi Ibu Hamil

Bosan dengan rasa susu yang biasa Anda minum? Sesekali, ibu hamil bisa coba minum susu almond. Selain rasanya yang enak, Anda juga bisa memperoleh sejumlah manfaat susu almond untuk ibu hamil. Bahkan, bagi ibu hamil yang punya alergi susu sapi, susu almond bisa jadi pilihan yang tepat buat Anda. Memangnya, apa saja manfaat susu almond selama masa kehamilan?

Sejumlah manfaat susu almond untuk ibu hamil

susu, nutrisi, dan suplemen makanan untuk orang tua

Susu almond biasanya menjadi minuman bagi mereka yang sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan.

Namun ternyata, susu almond juga menawarkan sejumlah manfaat bagi kehamilan berikut ini.

1. Mencegah kelebihan berat badan saat hamil

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, susu almond dapat bermanfaat untuk mengontrol kenaikan berat badan. Hal ini juga berlaku saat hamil.

Kandungan kalorinya yang rendah dapat mencegah kenaikan berat badan berlebih saat hamil.

2. Membantu mengatasi diabetes gestasional

Manfaat lain dari susu almond untuk ibu hamil adalah sebagai pilihan minuman yang rendah gula.

Itu sebabnya, jenis susu yang satu ini sangat cocok untuk mencegah diabetes saat hamil.

3. Menjaga kesehatan jantung ibu dan bayi

Selain itu, susu almond juga rendah kolesterol sehingga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan melancarkan peredaran darah ibu.

4. Membantu melancarkan ASI

Memasuki kehamilan trimester ketiga, Anda perlu mempersiapkan diri untuk proses menyusui.

Susu almond dapat membantu untuk melancarkan ASI karena minuman ini mengandung lemak baik (HDL).

5. Membantu pertumbuhan saraf bayi

Di samping itu, manfaat susu almond yang tak kalah penting untuk ibu hamil adalah sebagai salah satu sumber omega-3.

Omega-3 ini berperan sangat penting untuk mencerdaskan otak anak dan mencegah cacat pada saraf.

6. Menangkal bahaya radikal bebas

Susu almond juga mengandung antioksidan dan vitamin E. Kandungan tersebut bisa membantu menangkal radikal bebas yang dapat berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin.

7. Meningkatkan asupan kalsium

Meski kandungan kalsiumnya tidak sebanyak susu sapi, tetapi Anda tetap bisa memperoleh asupan zat tersebut dari susu almond.

Kalsium sangat dibutuhkan saat hamil untuk pertumbuhan tulang janin dan mencegah osteoporosis.

8. Membantu memenuhi kebutuhan magnesium

Selain kalsium, mineral lainnya yang tidak kalah penting untuk ibu hamil adalah magnesium.

Melansir Nutrition Reviews, magnesium dapat mencegah persalinan prematur, pre-eklampsia, dan intrauterine growth restriction (IUGR).

9. Membuat tidur lebih nyenyak

Kabar baiknya lagi, manfaat magnesium pada susu almond juga dapat meningkatkan kualitas tidur ibu hamil.

Hal ini berdasarkan studi pada hewan yang diterbitkan oleh Journal of Natural Medicines. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terhadap manusia.

10. Mengurangi stres

Berdasarkan studi dari jurnal Current Signal Transduction Therapy, magnesium juga berperan dalam menurunkan hormon kortisol.

Minum susu almond dapat membantu ibu hamil agar lebih rileks dan tidak stres.

Adakah risiko yang perlu diperhatikan jika minum susu almond saat hamil?

manfaat susu almond untuk ibu hamil

Meskipun menawarkan sejumlah manfaat, ada beberapa hal yang perlu ibu hamil perhatikan saat mengonsumsi susu almond, antara lain sebagai berikut.

  • Susu almond tidak cocok dikonsumsi bagi ibu hamil dengan kekurangan kalori. Ini karena kalori pada susu tersebut sangat rendah.
  • Berhati-hatilah dalam memilih produk susu almond. Pilih yang tidak mengandung gula tambahan, perisa buatan, dan zat pengental (karagenan) agar aman bagi kesehatan.
  • Susu almond lebih dianjurkan bagi Anda yang menderita alergi susu sapi. Jika tidak punya alergi, lebih baik minum susu sapi. Ini karena susu sapi lebih kaya nutrisi yang penting untuk ibu hamil.
  • Kandungan yodium pada susu almond sangat rendah. Untuk mencegah kekurangan yodium saat hamil, Anda perlu tambahan dari makanan atau minuman lain.
  • Susu almond asli tidak mengandung mineral yang cukup untuk ibu hamil. Oleh karena itu, pilihlah susu almond yang sudah diperkaya dengan kalsium dan vitamin D.
  • Kandungan protein pada susu almond cukup rendah. Jadi, diperlukan tambahan makanan dan minuman lainnya untuk mencegah kekurangan protein.
  • Bagi Anda yang mengidap alergi kacang, sangat tidak dianjurkan untuk minum susu almond karena berisiko menimbulkan reaksi alergi.
  • Belum banyak penelitian yang menyebutkan secara khusus manfaat susu almond untuk ibu hamil dan janin. Jadi, sebaiknya Anda tidak menjadikan susu ini sebagai minuman utama.

Itulah beberapa manfaat susu almond untuk ibu hamil beserta hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum minum minuman yang satu ini.

Konsumsilah minuman ini sesuai kebutuhan dan kondisi Anda. Agar lebih baik lagi, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum minum susu almond saat hamil.

Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Almond Milk or Soy Milk—Which is the Healthier Alternative?. (2018). Retrieved 26 July 2021, from https://dining.nd.edu/whats-happening/news/almond-milk-or-soy-milkwhich-is-the-healthier-alternative/

Healthy Eating for Pregnancy. (2011). Retrieved 26 July 2021, from https://clch.nhs.uk/application/files/6715/9178/4422/Eating_Well_for_a_healthy_Pregnancy_2017_First_Steps_Nutrition.pdf

Lise Brantsæter, A., Olafsdottir, A., Forsum, E., Olsen, S., & Thorsdottir, I. (2012). Does milk and dairy consumption during pregnancy influence fetal growth and infant birthweight? A systematic literature review. Food & Nutrition Research, 56(1), 20050. doi: 10.3402/fnr.v56i0.20050

Bath, S., Hill, S., Infante, H., Elghul, S., Nezianya, C., & Rayman, M. (2017). Iodine concentration of milk-alternative drinks available in the UK in comparison with cows’ milk. British Journal Of Nutrition, 118(7), 525-532. doi: 10.1017/s0007114517002136

11 Benefits of Almond Milk You Didn’t Know About. (2021). Retrieved 26 July 2021, from https://www.lifehack.org/articles/lifestyle/benefits-almond-milk.html

Abdollahnejad, F., Mosaddegh, M., Kamalinejad, M., Mirnajafi-Zadeh, J., Najafi, F., & Faizi, M. (2015). Investigation of sedative and hypnotic effects of Amygdalus communis L. extract: behavioral assessments and EEG studies on rat. Journal Of Natural Medicines, 70(2), 190-197. doi: 10.1007/s11418-015-0958-9

Zeng, Y., Yang, J., Du, J., Pu, X., Yang, X., Yang, S., & Yang, T. (2015). Strategies of Functional Foods Promote Sleep in Human Being. Current Signal Transduction Therapy, 9(3), 148-155. doi: 10.2174/1574362410666150205165504

Office of Dietary Supplements – Magnesium. Retrieved 26 July 2021, from https://ods.od.nih.gov/factsheets/Magnesium-HealthProfessional/

Dalton, L., Ní Fhloinn, D., Gaydadzhieva, G., Mazurkiewicz, O., Leeson, H., & Wright, C. (2016). Magnesium in pregnancy. Nutrition Reviews, 74(9), 549-557. doi: 10.1093/nutrit/nuw018

Calvo, M., & Whiting, S. (2021). Survey of current vitamin D food fortification practices in the United States and Canada. J Steroid Biochem Mol Biol ., 136(211). doi: 10.1016/j.jsbmb.2012.09.034

Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 28 Tahun 2019 Tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia. Retrieved 26 July 2021, fromhttp://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Indah Fitrah Yani Diperbarui 30/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita