Psoriasis Saat Hamil, Bagaimana Cara Aman Mengatasinya?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20 April 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Anda yang sedang hamil tapi memiliki psoriasis, pasti bertanya-tanya apakah penyakit peradangan kulit ini akan memengaruhi kehamilan dan kesehatan si kecil yang ada di dalam kandungan? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa dampak psoriasis saat hamil bagi ibu dan janin?

Hampir 60 persen wanita hamil akan mengalami peningkatan gejala psoriasis selama sembilan bulan masa kehamilan. Hal ini diduga karena peningkatan hormon progesteron yang memicu gejala psoriasis.

Psoriasis tidak akan menghalangi Anda untuk hamil atau memiliki bayi yang sehat. Penyakit peradangan kulit ini tidak akan menyebabkan Anda keguguran atau bayi lahir cacat, seperti yang telah dibuktikan oleh salah satu penelitian terbitan Journal American Academy of Dermatology.

Penelitian yang melibatkan 1.463 wanita ini tidak menemukan bukti bahwa psoriasis saat hamil tidak akan membuat ibu melahirkan bayi dengan berat lahir rendah dibandingkan mereka yang tidak memiliki psoriasis. Psoriasis saat hamil juga tidak akan meningkatkan risiko penyakit tertentu pada ibu.

Bagaimana perawatan dan pengobatan psoriasis saat hamil?

Jangan pernah mencoba-coba beli obat yang dijual secara bebas, baik di apotek atau lewat toko online. Konsultasikan dulu kondisi Anda dengan dokter agar Anda mendapatkan pengobatan yang tepat. Dokter akan merekomendasikan obat psoriasis yang aman digunakan saat hamil berdasarkan jenis serta tingkat keparahannya.

Yang manapun rekomendasi dokter, penanganan psoriasis pada dasarnya bertujuan untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kulit, mengurangi gejala, dan memperbaiki tekstur kulit yang terserang gejalanya.

Lalu, apa saja pilihan obat psoriasis untuk ibu hamil?

Beragam jenis pengobatan psoriasis saat hamil yang direkomendasikan dokter

Pada umumnya, obat oles dan obat minum akan diresepkan oleh dokter untuk meringankan gejala psoriasis. Namun untuk wanita hamil, pengobatan psoriasis yang umum digunakan dan terbilang aman adalah obat topikal atau obat oles dan terapi cahaya (fototerapi).

1. Emolien sebagai pelembap dan pelindung kulit

Emolien merupakan obat untuk melembutkan dan melembapkan kulit. Obat-obatan yang biasanya berupa salep atau krim ini bekerja dengan mengurangi inflamasi dan kecepatan produksi sel kulit.

Emolien digunakan untuk mengatasi psoriasis tingkat ringan sampai menengah. Penggunaan obat oles ini juga dapat dikombinasikan dengan sampo untuk menangani psoriasis di kulit kepala. Apa saja obat oles yang biasa digunakan?

Kortikosteroid

Obat ini bekerja dengan cara mengurangi inflamasi kulit. Penggunaannya yang berlebihan dapat mengakibatkan penipisan kulit. Karena itu, kortikosteroid hanya boleh digunakan dengan resep dokter. Khusus untuk bagian yang sensitif seperti wajah atau lipatan kulit, dokter akan memberikan kortikosteroid oles dengan dosis lebih rendah.

Calcineurin Inhibitor

Obat ini diduga dapat menghambat kinerja sistem kekebalan tubuh sehingga mengurangi inflamasi kulit. Jenis calcineurin inhibitor (penghambat calcineurin) yang biasa digunakan adalah tacrolimus and pimecrolimus. Namun, calcineurin inhibitor tidak dianjurkan pemakaiannya jangka panjang karena berpotensi meningkatkan risiko kanker kulit dan limfoma.

Analog Vitamin D

Calcipotriol dan calcitriol merupakan 2 jenis analog vitamin D yang biasanya digunakan. Krim ini dapat dipakai bersamaan atau menggantikan kortikosteroid oles. Fungsinya adalah untuk menghambat regenerasi kulit dan mengurangi inflamasi.

Dithranol

Dithranol umumnya digunakan untuk jangka pendek dalam menangani ruam akibat psoriasis pada kaki, tangan, serta tubuh bagian atas. Pemakaian obat ini harus hati-hati (tidak boleh terlalu kental atau tinggi konsentrasinya) karena kulit bisa terbakar.

2. Terapi Cahaya (Fototerapi)

Terapi cahaya dipilih sebagai alternatif untuk beberapa jenis psoriasis yang tidak bisa ditangani dengan obat-obatan oles. Proses fototerapi umumnya ditangani oleh dokter spesialis kulit dan menggunakan sinar ultraviolet A dan B.

Durasi tiap sesi terapi ultraviolet B (UVB) memakan waktu beberapa menit dan dijalani pasien beberapa kali dalam seminggu. Fungsinya adalah untuk mengurangi kecepatan produksi sel-sel kulit. Jenis foto terapi lainnya adalah terapi sinar ultraviolet A (UVA) yang dikenal dengan terapi kombinasi psoralen dan ultraviolet A (PUVA). Sinar UVA dapat menembus kulit lebih dalam dari UVB.

Pada tiap sesi, psoralen akan dioleskan pada kulit atau dikonsumsi dalam bentuk tablet sehingga kulit pasien akan lebih sensitif terhadap cahaya. Pasien juga biasanya akan diminta untuk mengenakan kacamata khusus selama 24 jam setelah mengonsumsi psoralen untuk mencegah katarak. Tetapi, terapi ini tidak dianjurkan untuk jangka panjang karena memiliki risiko kanker kulit.

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Segudang Manfaat Masker Lidah Buaya dan Tips Membuatnya

Buat Anda yang sedang cari cara alami untuk merawat tubuh, kenapa tidak coba membuat masker lidah buaya? Ada segudang manfaat yang sayang jika terlewatkan.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 9 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit

Begini Cara Tepat Memilih Pelembap untuk Kulit Kering

Kulit kering bikin gatal dan kusam? Itu berarti Anda butuh pelembap untuk kulit kering yang benar-benar sesuai dan sehat. Bagaimana cara memilihnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 9 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Jenis Penyakit Kulit Menular dan Tidak Menular yang Umum

Ada macam-macam penyakit kulit dari yang menular hingga yang tidak. Agar tak keliru, kenali jenis penyakit kulit berdasar penularannya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Kulit 13 November 2020 . Waktu baca 12 menit

Ragam Perawatan untuk Meredakan Kulit Gatal Akibat Dermatitis Kontak

Lakukan perawatan dermatitis kontak ini di rumah agar rasa gatal dan sensasi perih yang mengganggu dapat segera teratasi.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Kesehatan Kulit, Dermatitis 10 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat sariawan

Benarkah Obat Kumur Bisa Mengobati Sariawan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
terapi cahaya cara mengatasi depresi menghilangkan depresi

Memanfaatkan Cahaya, Terapi yang Dapat Membantu Mengatasi Depresi

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
jari tangan gatal

5 Gangguan Kesehatan Penyebab Gatal di Jari Tangan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 9 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Pruritus

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 3 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit