home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

8 Olahraga yang Ampuh Meningkatkan Vitalitas Pria

8 Olahraga yang Ampuh Meningkatkan Vitalitas Pria

Seks adalah hal penting bagi kehidupan banyak orang karena bisa berperan dalam menghilangkan stres, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan imunitas. Maka dari itu, penting untuk membuat kehidupan seks Anda selalu prima, salah satunya dengan berolahraga. Lantas, jenis olahraga apa saja yang ampuh khususnya dalam meningkatkan vitalitas pria? Simak ulasannya berikut ini.

Pilihan olahraga melatih ketangkasan seks pria

Manfaat berolahraga pada kehidupan seks yakni dapat meningkatkan energi, stamina, volume otot, membakar lemak, serta meningkatkan rasa percaya diri dan suasana hati.

Menurut Journal of Sexual Medicinez, olahraga rutin mampu meningkatkan fungsi seksual pada pria sekaligus menurunkan risiko disfungsi ereksi (impotensi). Dengan begitu, semua manfaat tadi akan membawa kualitas seks yang luar biasa dan Anda idam-idamkan.

Berikut adalah beberapa olahraga bagi pria yang ampuh meningkatkan stamina dan membuat kondisi tubuh prima saat berhubungan seks.

1. Plank

gerakan plank

Gerakan plank sederhana bisa Anda lakukan dengan melakukan posisi awal push up, namun dengan siku sebagai tumpuan. Lalu, Anda hanya perlu menahan posisi ini dalam jangka waktu yang disesuaikan kemampuan lalu ditingkatkan secara bertahap.

Manfaat plank yakni bisa membentuk stamina dan menguatkan seorang pria saat berhubungan seks, misalnya dalam posisi misionaris. Perubahan signifikan juga bisa Anda rasakan pada otot inti bagian perut. Jenis olahraga ini juga bisa menjauhkan Anda dari risiko cedera punggung.

2. Sikap lilin

Untuk melakukan gerakan olahraga ini, pertama Anda perlu berbaring telentang di permukaan lantai atau matras olahraga yang rata. Kemudian, angkatlah kaki ke atas hingga membentuk sudut 90 derajat dengan badan Anda. Setelah berhasil melakukan posisi ini, Anda bisa menambahkan gerakan naik-turun atau menahannya beberapa waktu.

Gerakan olahraga ini dapat meningkatkan stamina, ketahanan, dan membentuk otot kaki, khususnya otot paha. Otot paha yang berdekatan dengan organ vital pria bisa membantu Anda melakukan berbagai posisi seks dengan mudah.

3. Kegel

Senam kegel tidak hanya bermanfaat bagi wanita, tetapi pria juga bisa merasakan manfaatnya. Secara umum, gerakan senam ini bertujuan melatih otot pinggul. Sebuah studi dalam Sexual Medicine Reviews menyebut olahraga vitalitas pria ini mampu mencegah disfungsi ereksi. Lebih khusus lagi, gerakan ini juga bisa meningkatkan fungsi ereksi dan mencegah ejakulasi dini.

Gerakan senam kegel bagi pria biasanya dimulai dari berbaring terlentang pada permukaan rata. Kemudian, tekuk lutut Anda sehingga kaki bagian atas membentuk sudut 45 derajat. Lalu, pegang pinggul dan angkat bagian atas tubuh Anda. Tahan posisi ini selama 5 detik lalu lepas dan ulangi gerakannya.

4. Push up

Hampir semua orang, termasuk Anda sudah familiar dengan gerakan push up. Latihan kekuatan otot tangan ini ternyata juga merupakan salah satu jenis olahraga terbaik untuk meningkatkan ketahanan dan performa seks Anda.

Anda bisa melakukan beberapa set gerakan push up dalam sekali latihan. Jika belum mampu untuk bertumpu pada ujung jari kaki, Anda bisa menekuk lutut dan menjadikannya sebagai tumpuan. Gerakan ini bermanfaat untuk melatih daya dorong, stabilitas gerak, dan tentunya ketahanan stamina saat berhubungan seks.

5. Squat

gerakan squat

Squat dimulai dengan posisi jongkok dengan kedua tangan diletakkan di belakang kepala. Lalu, Anda mengangkat badan sampai posisi berdiri dan kembali lagi ke posisi semula. Lakukan gerakan ini berulang kali menyesuaikan stamina Anda.

Hal tersebut sangat bermanfaat dalam memperkuat ketahanan tubuh bagian bawah. Selain itu, gerakan ini dapat membantu meningkatkan produksi testosteron dan melancarkan aliran darah ke tubuh bawah. Hal ini bisa berdampak melalui orgasme lebih intens dari biasanya.

6. Gerakan kuda-kuda

Dalam posisi berdiri, lebarkan kedua kaki Anda ke depan dan belakang. Kemudian, tekuk lutut kaki depan Anda. Jika Anda sudah melakukannya, posisikan tubuh seperti sedang kuda-kuda. Lakukan berulang kali atau bisa juga ditahan selama beberapa detik.

Gerakan ini juga bisa melatih keseimbangan tubuh Anda saat melakukan hubungan seks di atas ranjang agar lebih bertenaga. Selain itu, gerakan ini membuat aliran darah ke tubuh bagian bawah lebih lancar.

7. Gerakan membungkukkan tubuh

Ambil posisi berdiri dengan kaki terbuka ke kanan dan kiri dengan lebar. Kemudian, Anda perlu membungkukkan tubuh ke bawah hingga kepala hampir menyentuh lutut dan sejajar pinggang. Rentangkan kedua tangan untuk menyentuh betis dan tahan posisi ini selama beberapa saat.

Hal ini dapat memberikan fleksibilitas pada tubuh pria. Gerakan ini merupakan bentuk latihan peregangan otot, sehingga semua otot Anda akan terasa lebih rileks dan lentur.

8. Gerakan kupu-kupu

Pertama, rentangkan tubuh Anda dalam posisi terlentang. Kemudian, tekuk kedua kaki dan satukan tumit kaki, sehingga Anda berada dalam posisi seperti bersila. Buka selebar-lebarnya kaki Anda dan tahan posisi ini selama beberapa waktu sehingga terasa ada peregangan pada otot tubuh bagian bawah.

Gerakan yang menyerupai kupu-kupu ini memiliki manfaat dalam memperlancar sirkulasi darah tubuh bagian bawah. Selain itu, hal ini juga membantu meningkatkan kekuatan Anda di atas ranjang.

Gerakan olahraga untuk meningkatkan vitalitas seksual pria seperti di atas dapat Anda lakukan di sela-sela aktivitas harian. Terlebih, gerakan-gerakannya tergolong dalam olahraga ringan yang tidak memerlukan biaya, tempat, dan peralatan khusus.

Selain itu, olahraga kardio pada umumnya juga efektif mencegah dan mengatasi disfungsi ereksi. Pastikan Anda rutin berolahraga, minimal 150 menit per minggu dengan intensitas sedang. Hal ini juga perlu Anda imbangi dengan pola makan dan gaya hidup sehat.

Namun, apabila mengalami disfungsi ereksi atau gangguan lain yang tidak membaik setelah berolahraga, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut dengan dokter Anda.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Samadi, D. (2017). 8 Exercises All Men Must Do for Incredible Sex. HuffPost. Retrieved 19 May 2021, from https://www.huffpost.com/entry/8-exercises-all-men-must-_b_10066712

Schaefer, A., & Sampson, S. (2019). Sex Workouts: Improve Your Performance Between the Sheets. Healthline. Retrieved 19 May 2021, from https://www.healthline.com/health/better-sex-workouts-boost-performance

American Heart Association Recommendations for Physical Activity in Adults and Kids. American Heart Association. (2018). Retrieved 19 May 2021, from https://www.heart.org/en/healthy-living/fitness/fitness-basics/aha-recs-for-physical-activity-in-adults

Cohen, D., Gonzalez, J., & Goldstein, I. (2016). The Role of Pelvic Floor Muscles in Male Sexual Dysfunction and Pelvic Pain. Sexual medicine reviews, 4(1), 53–62. https://doi.org/10.1016/j.sxmr.2015.10.001 

Simon, R. M., Howard, L., Zapata, D., Frank, J., Freedland, S. J., & Vidal, A. C. (2015). The association of exercise with both erectile and sexual function in black and white men. The journal of sexual medicine, 12(5), 1202–1210. https://doi.org/10.1111/jsm.12869

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi Diperbarui 29/10/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan