Selama ini banyak orang menganggap bahwa kebugaran tubuh adalah satu-satunya hal yang penting jika ingin tetap sehat sampai usia tua nanti. Padahal, meski tak terlihat, otak juga perlu untuk tetap bugar agar kerjanya tetap optimal. Nah, tahukah Anda bahwa selain untuk sekadar mengisi waktu luang, manfaat TTS juga bisa mempertajam ingatan? Bagaimana bisa? Cari tahu di sini.

Bermain TTS dapat mempertajam ingatan jangka pendek

Mengisi TTS di pojok kolom koran akhir minggu atau di buklet khusus yang dijual di warung rokok memang terlihat seperti aktivitas sepele untuk mengisi waktu luang. Namun ternyata, manfaat TTS penting bagi otak. Sudah banyak penelitian yang menyatakan bahwa teka-teki silang alias TTS bermanfaat untuk merangsang kerja otak. Tidak hanya untuk kaum muda, tetapi juga untuk mereka yang sudah masuk kategori lanjut usia.

Pertanyaan dan kotak-kotak kolom TTS yang menjebak melatih otak untuk terus berpikir, menganalisis, melatih kecerdasan emosional, hingga menguji daya ingat karena semua pertanyaan yang ada menuntut Anda untuk mengingat nama, tempat, peristiwa, kata-kata asing, dan hal-hal lain yang kadang bahkan tidak pernah terpikirkan atau terlupakan. Pada akhirnya TTS bisa kembali menyegarkan otak sehingga dapat bekerja lebih optimal.

Menurut penelitian, orang yang sering bermain teka-teki silang akan memiliki ketajaman otak di kemudian hari. Penelitian ini melibatkan 17.000 orang berusia 50 tahun. Penelitian ini dilakukan oleh University of Exeter Medical School dan Kings College London. Para partisipan penelitian ini diberikan pertanyaan seberapa sering mereka memainkan teka-teki silang. Penelitian ini menggunakan sistem uji kognitif, dan menemukan bahwa partisipan yang lebih sering bermain teka-teki silang memiliki perhatian, penalaran, dan ingatan yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak.

Penelitian ini juga menemukan bahwa “usia” otak dari seseorang yang sering bermain TTS lebih muda 10 tahun dari usia biologis mereka. Ketajaman fungsi otak ini khususnya dilaporkan pada kecepatan penalaran tata bahasa dan akurasi ingatan jangka pendek. Profesor Keith Wesnes dari University of Exeter mengatakan bahwa keterampilan fokus, penalaran, dan ingatan bisa sangat dipengaruhi oleh permainan kata-kata seperti TTS.

Mengisi TTS juga bisa mencegah cepat pikun

Tidak hanya itu, sebuah penelitian yang telah dipublikasikan di JAMA Neurology, kegiatan merangsang otak seperti bermain TTS ampuh untuh mencegah pikun. Penelitian ini melibatkan 2.000 orang lanjut usia dengan usia rata-rata 70 tahun.

Selama masa penelitian, para partisipan mengajukan beberapa pertanyaan terkait keterlibatan lansia dalam kegiatan merangsang kognitif seperti bermain permainan asah otak seperti catur dan teka-teki silang, terlibat dalam kegiatan sosial, hingga membuat kerajinan tangan.

Hasil pengamatan menunjukkan lansia yang aktif bermain komputer mengalami penurunan kerusakan kognitif atau daya guna otak hingga 30 persen. Sementara itu, mereka yang aktif melakukan kegiatan sosial hingga membuat kerajinan tangan mengalami penurunan kerusakan daya guna otak sebesar 22 hingga 28 persen.

Peneliti menyimpulkan, lansia yang rutin melakukan kegiatan merangsang mental dan mengasah otak dapat mengurangi risiko mengalami kerusakan kognitif atau gangguan alzheimer yang mungkin terjadi empat tahun kemudian.

Agar otak selalu terasah, Anda harus mengisi TTS secara rutin. Anda bisa membuat target dengan mengisi TTS setidaknya beberapa hari dalam sepekan atau setiap kali Anda punya waktu luang. Tidak perlu setiap hari. Jika Anda ingin lebih tertantang, cobalah TTS dalam bahasa asing, misalnya bahasa Inggris. Dengan demikian, koleksi kosakata bahasa Inggris Anda akan bertambah dengan sendirinya.

Selain mencegah pikun, apa lagi manfaat TTS untuk kesehatan?

  • TTS juga membantu Anda untuk mendisiplinkan diri. Kebanyakan TTS membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk menyelesaikannya. Ketika mulai mengisi TTS, tanpa disadari Anda akan melakukan komitmen mental: duduk selama satu jam, tekun menyelesaikan TTS, tanpa melakukan hal yang lain. Kegiatan itu membantu pikiran Anda fokus pada satu hal dan tetap tajam. Dengan demikian, semakin sering Anda mengisi TTS akan semakin mudah Anda menyelesaikannya.
  • TTS juga membuat Anda bereksplorasi. Selain bertanya pada orang lain, jika Anda terjebak pada satu pertanyaan sulit, Anda bisa surfing di internet untuk mencari jawaban, membuka ensiklopedia, dan berbagai buku lain.
  • TTS juga membuat Anda selalu ingin tahu. Sifat ingin tahu bukan hanya dimiliki oleh anak-anak. Anda yang sudah dewasa pun wajib untuk terus mau tahu. Bisa jadi, ketika mengisi TTS, Anda menemukan salah satu jawaban yang menarik dan lantas ingin tahu lebih jauh tentang kata tersebut.
  • TTS menumbuhkan sifat kompetitif yang sehat. Semakin sering Anda berkutat dengan TTS, semakin Anda ingin mengandalkan kemampuan diri sendiri, tanpa harus bertanya pada orang lain. Ini menumbuhkan motivasi untuk menang dan menyelesaikan misi dengan cara yang jujur dan sportif.

Tapi meskipun beragam hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat TTS penting untuk meningkatkan kerja otak dan mencegah pikun, bukan berarti Anda boleh menghentikan aktivitas fisik rutin Anda dan hanya bermain TTS sepanjang hari. Selain terus rajin mengisi kolom teka-teki silang di koran Minggu, Anda juga harus tetap bergerak aktif, menghindari atau berhenti merokok, dan makan makanan seimbang yang sehat untuk membantu meningkatkan kerja otak Anda menjadi lebih baik.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca