Sakit Kepala Terus Mengganggu? Coba Pijat di 5 Titik Refleksi Ini untuk Meredakannya

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Saat sakit kepala menyerang, Anda mungkin akan reflek memijat bagian pelipis atau belakang kepala untuk meredakan nyerinya. Pijat kepala mungkin dapat mengurangi rasa sakitnya, tapi kadang tetap saja tak kunjung hilang. Nah, bisa saja sakit kepala yang masih bertahan disebabkan Anda salah menekan titik refleksi atau titik akupresur. Memangnya, bagian mana saja yang harus dipijat untuk meredakan sakit kepala? Yuk, pelajari tekniknya di sini.

Manfaat akupresur untuk mengatasi sakit kepala

Titik akupresur atau titik refleksi adalah bagian-bagian tubuh yang sangat sensitif terhadap tekanan. Ketika titik akupresur ini disentuh atau dipijat, rangsangannya akan menimbulkan efek menenangkan dalam tubuh. Mulai dari meringankan rasa sakit, mengembalikan keseimbangan tubuh, hingga meningkatkan kesehatan.

Efek yang sama juga bisa dirasakan di bagian kepala. Menurut sebuah studi kecil yang dimuat dalam American Journal of Public Health tahun 2002, terapi pijat kepala yang dilakukan dua hingga tiga kali seminggu dapat meredakan sakit kepala tegang pada orang dewasa.

Dalam studi tersebut, pijatan di titik-titik refleksi atau akupresur yang tepat dapat mengurangi rasa sakit di kepala secara bertahap. Jika pada awalnya peserta mengalami sakit kepala tujuh kali seminggu, kekambuhan sakit kepalanya cenderung berkurang menjadi hanya dua kali seminggu.

Titik-titik refleksi untuk meredakan sakit kepala

Jika Anda ingin meredakan sakit kepala dengan memijat titik refleksi, Anda harus melakukannya dengan benar. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi sakit di kepala dengan pijat di di titik-titik refleksi berikut.

1. Union valley

meredakan sakit kepala

Union valley adalah titik akupresur yang letaknya berada di antara jempol dan jari telunjuk Anda. Melakukan pijat di titik akupresur ini diyakini dapat meredakan sakit kepala tegang dan nyeri leher.

Caranya:

  1. Jepit titik union valley di tangan kiri dengan jempol dan jari telunjuk kanan Anda. Tahan selama 10 detik. Namun, pastikan saat melakukannya, Anda tidak merasa kesakitan.
  2. Pijat bagian tersebut dengan gerakan memutar ke kiri selama 10 detik. Lalu putar ke arah berlawanan selama 10 detik.
  3. Lakukan gerakan yang sama pada tangan kanan.

2. Drilling bamboo

meredakan sakit kepala

Bagi Anda yang mengalami sakit kepala karena mata lelah, sakit kepala tegang, atau sinusitis, coba pijat atau tekan titik drilling bamboo.

Titik akupresur drilling bamboo berada di sudut dalam kedua mata Anda. Letaknya persis di pangkal hidung yang dekat dengan ujung alis. Memijat titik refleksi ini bisa membantu meredakan sakit kepala tegang yang mengganggu aktivitas Anda.

Caranya:

  1. Gunakan kedua jari telunjuk Anda, lalu tekan kedua titik akupresur dengan kekuatan yang sama. Lalu, tahan selama 10 detik.
  2. Lepaskan selama beberapa detik, lalu ulangi sampai sakit kepala Anda berkurang.

3. Feng Chi

meredakan sakit kepala

Feng Chi sering disebut juga sebagai gerbang kesadaran. Melakukan pijat kepala di area Feng Chi dapat berguna untuk  meredakan sakit kepala karena ketegangan di leher dan sakit kepala migrain.

Titik Feng Chi terletak di kepala bagian bawah, tepatnya persis di bawah telinga. Untuk menemukan titik ini, gunakan kedua jempol Anda dan raba dasar tulang tengkorak Anda yang selurusan dengan pangkal leher. Nah, disitulah letak titik akupresur Feng Chi berada.

Caranya:

  1. Letakkan jari telunjuk dan jari tengah dari kedua tangan pada titik-titik akupresur ini.
  2. Tekan dengan kuat selama 10 detik. Arahkan jari Anda menghadap ke atas, lalu lepaskan. Ulangi cara ini sampai sakit kepala Anda terasa lebih ringan.

4. Third eye

meredakan sakit kepala

Titik third eye alias mata ketiga terletak di antara kedua alis, yaitu tempat bertemunya pangkal hidung dengan dahi. Menurut Dale Grust, presiden New York Chapter of the American Massage Therapy Association, melakukan teknik pijat di titik akupresur ini sangat cocok untuk Anda yang sering mengalami sakit kepala akibat terlalu lama menatap layar komputer atau handphone.

Pasalnya, terapi akupresur pada titik ini dapat membantu melancarkan sirkulasi darah di area kepala secara keseluruhan. Alhasil, tekanan berlebihan pada sinus, mata lelah, dan sakit kepala akan berkurang sedikit demi sedikit.

 Caranya:

  1. Tekan titik akupresur ini dengan jari telunjuk kanan selama 1 menit. Lepaskan perlahan.
  2. Lakukan secara berulang sampai area mata Anda terasa lebih nyaman dan sakit kepala berkurang.

5. Shoulder well

meredakan sakit kepala

Untuk meredakan sakit kepala, ini bukan berarti Anda hanya terfokus pada titik-titik di area kepala saja. Menekan dan memijat area bahu juga bisa membantu meringankan sakit kepala, lho!

Titik akupresur yang ada di bahu disebut dengan shoulder well. Titik shoulder well terletak di antara ujung bahu dengan pangkal leher. Bukan cuma membantu meredakan sakit kepala, memijat area ini juga bisa mengurangi kekakuan pada leher dan bahu.

Caranya:

  1. Gunakan jempol pada kedua tangan, lalu pijat dengan gerakan memutar pada titik ini selama 1 menit.
  2. Putar ke arah berlawanan selama 1 menit dan rasakan sendiri perubahannya.

6. Teknik pijat refleksi lainnya

Selain teknik pijat yang telah disebutkan di atas, ada juga teknik pijat refleksi atau akupresur yang bisa Anda coba.

Misalnya, jika Anda merasakan sakit di area kepala bagian atas, Anda bisa menekan jari tengah ada pada titik tertinggi di kepala bagian atas, lalu lakukan gerakan memutar secara perlahan. Lanjutkan teknik pijat yang satu ini dengan perlahan menggerakkan gerakan memutar tersebut ke salah satu sisi kepala Anda, sampai di bagian bawah telinga.

Anda juga bisa melakukan teknik pijat lain untuk mengurangi sakit kepala akibat sinus. Misalnya, gunakan kedua jari telunjuk Anda untuk menekan bagian tengah dahi, lalu lakukan gerakan memutar. Setelah itu, arahkan gerakan tersebut menuju ke sisi-sisi kepala hingga mencapai bawah telinga Anda.

Selain itu, ada teknik pijat lain jika Anda mengalami sakit kepala di area pelipis. Letakkan telunjuk Anda di kedua sisi terluar dari wajah Anda. Lalu, tekan dan lakukan gerakan memutar di area tersebut.

Memaksimalkan pijat refleksi untuk meredakan sakit kepala

Pijat refleksi di area kepala memang terkesan mudah. Tetapi, untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal demi meradakan sakit kepala, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan selama melakukan teknik pijat berikut.

  • Teknik pijat akupresur ini dilakukan dalam posisi duduk atau berdiri yang nyaman dan rileks
  • Selalu menekan titik refleksi dengan tekanan yang sama kuatnya
  • Menarik napas dalam-dalam agar membantu tubuh lebih santai dan rileks
  • Berhenti melakukan teknik pijat jika sakit kepala yang Anda rasakan semakin parah atau justru menimbulkan rasa sakit lainnya.

Jika Anda tidak yakin dengan teknik akupresur yang Anda lakukan, tidak ada salahnya bertanya pada dokter untuk mengatasi sakit kepala yang Anda rasakan.

Siapa saja yang boleh melakukan teknik pijat akupresur?

Pijat akupresur harus dilakukan dengan tepat agar Anda bisa benar-benar mengatasi sakit kepala yang Anda rasakan. Meski Anda merasa bisa melakukannya sendiri, belum tentu Anda melakukan teknik pijat dengan benar.

Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda memercayakan pijat refleksi ini kepada ahlinya. Apalagi jika Anda juga tidak tahu bagaimana cara melakukan pijat refleksi dengan benar.

Jika Anda ingin melakukannya secara mandiri, Anda bisa belajar terlebih dahulu kepada ahli dengan para terapis atau refleksiologis untuk memahami cara melakukannya dengan benar. Baru setelahnya, Anda mungkin boleh melakukan pijat sendiri.

Jika setelah menjalani akupresur kondisi Anda tidak membaik atau justru semakin buruk, sebaiknya segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Baca Juga:

Sumber