Segudang Manfaat yang Ditawarkan oleh Madu Hitam

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 20/10/2019
Bagikan sekarang

Sebagai pemanis alami, madu mempunyai warna kecokelatan yang menarik perhatian orang-orang. Akan tetapi, ternyata terdapat madu yang lebih pekat warnanya dibandingkan madu biasa, yaitu madu hitam. Apakah manfaat madu hitam sama dengan madu pada umumnya? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya. 

Apa itu madu hitam?

Sumber: Off Grid Quest

Madu hitam merupakan madu yang berasal dari bunga mahoni, sehingga warnanya lebih hitam dan pekat. Selain itu, jenis madu yang satu ini juga mempunyai rasa yang lebih pahit dibandingkan madu biasa. 

Sumber rasa pahit tersebut berasal dari senyawa alkaloid yang ada pada pohon mahoni. Akan tetapi, justru dari alkaloid inilah banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dari madu hitam. 

Selain itu, madu hitam juga mengandung beberapa zat lainnya yang ternyata baik untuk tubuh Anda, seperti saponin dan flavonoid. 

Manfaat madu hitam

Pada tahun 2013, terdapat sebuah penelitian yang dimuat dalam Iranian Journal of Basic Medical Sciences tentang penggunaan madu tradisional dan modern untuk kesehatan manusia. Di sana diketahui bahwa madu hitam mengandung antioksidan lebih tinggi daripada madu biasa.

Hal ini dikarenakan madu yang mengandung senyawa flavonoid ini mempunyai kandungan fenolik total yang lebih banyak, sehingga efeknya cukup besar terhadap tubuh manusia. 

Selain itu, banyak penelitian yang mengatakan bahwa semakin gelap warna sebuah madu, semakin banyak nutrisi dan vitamin yang dimiliki olehnya. 

Maka itu, kebanyakan orang percaya bahwa madu hitam memiliki manfaat yang baik untuk tubuh manusia, seperti:

1. Cocok untuk penyandang diabetes

gaya hidup penyebab orang kota kena diabetes

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, madu hitam mengandung alkaloid yang tinggi dan sifatnya baik untuk penyandang diabetes. Tidak hanya itu, madu hitam memiliki kadar glukosa yang rendah, sehingga kemungkinan besar tidak akan meningkatkan gula darah secara drastis. 

Bahkan, menurut sebuah penelitian dari Journal Pharmaceutical Biology tanaman yang mengandung senyawa alkaloid juga menunjukkan aktivitas antihiperglikemik pada uji coba tikus yang memiliki diabetes.

Itu sebabnya, madu hitam yang memiliki kandungan alkaloid ini kemungkinan besar memiliki manfaat terhadap pengobatan diabetes. 

Walaupun demikian, belum ada penelitian langsung pada manusia untuk membuktikan apakah hal ini benar-benar aman untuk digunakan. Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

2. Membantu mengobati maag

perut sering kembung

Selain cocok untuk para diabetesi, manfaat madu hitam lainnya adalah dapat membantu mengobati maag (sindrom dyspepsia). Madu hitam diketahui dapat membantu mengatasi gejala maag yang cukup mengganggu, seperti perut sakit dan mual.

Salah satu penyebab seseorang merasakan gejala maag adalah tukak lambung. Nah, madu sendiri memiliki sifat dasar sebagai antibiotik, sehingga membantu mengurangi gejala tukak lambung akibat infeksi Helicobacter pylori.

3. Menyehatkan kulit

kulit putih belum tentu kulit sehat

Sudah menjadi rahasia umum bahwa madu dapat membantu proses penyembuhan luka di kulit, sehingga bisa juga digunakan untuk menyamarkan bekas jerawat. Selain itu, madu hitam juga mempunyai manfaat untuk menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah. 

Hal tersebut karena madu hitam dapat mengangkat sel kulit mati pada wajah karena sifat eksfoliasinya. 

Cobalah untuk mengoleskan madu hitam pada wajah Anda maksimal dua kali seminggu. Jangan lupa pula untuk memakai minyak zaitun untuk menjaga kelembapan pada wajah setelah diolesi madu hitam.

Namun, Anda perlu ingat bahwa metode ini bekerja sesuai dengan sensitivitas kulit masing-masing orang. 

4. Membantu meredakan batuk

meredakan batuk mengobati batuk

Bagi Anda yang sedang batuk dan ingin mencoba cara alami, mungkin Anda bisa menggunakan madu hitam sebagai solusinya. 

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Child Pediatric Health terhadap anak yang menderita bronkitis menemukan bahwa sifat dasar madu secara umum dapat mengurangi gejala batuk. Metode ini pun cukup efektif pada orang-orang yang belum melakukan pengobatan apa pun untuk meredakan batuk mereka. 

Meski begitu, Anda tetap dianjurkan untuk menggunakan madu hitam ini bersama dengan obat batuk lainnya agar kondisi Anda cepat membaik. 

Mengonsumsi madu apa pun, termasuk madu hitam memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Akan tetapi, jika Anda ragu bahwa jenis madu ini sesuai dengan kondisi Anda, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memakai madu hitam.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Madu Penyubur Kandungan Bikin Cepat Hamil? Cek Faktanya di Sini

Klaim manfaat madu penyubur kandungan yang dapat membuat wanita cepat hamil sebenarnya bukan lagi berita baru. Namun, benarkah hal tersebut?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari

Lebih Sehat Mana, Minum Teh Pakai Madu Atau Gula Pasir Biasa?

Teh manis adalah minuman favorit sejuta umat Indonesia. Anda lebih suka minum teh manis pakai gula atau pakai madu? Kira-kira, lebih sehat yang mana?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Nutrisi, Hidup Sehat 17/10/2018

Usia Berapa Bayi Mulai Boleh Diberikan Madu?

Segudang khasiat madu membuat Anda tak ragu untuk memberikannya pada bayi. Namun tunggu dulu, ternyata madu untuk bayi tidak boleh asal diberikan, lho.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

8 Bahan Alami yang Manjur Redakan Gatal Akibat Gigitan Nyamuk

Tak perlu repot-repot membeli losion anti nyamuk untuk meredakan gatal gigitan nyamuk. Pergilah ke dapur dan cari 8 bahan alami ini untuk meredakan gatalnya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri

Direkomendasikan untuk Anda

minum madu saat sahur

Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020

5 Manfaat Quercetin, Pigmen Tumbuhan yang Baik untuk Tubuh

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 24/02/2020
madu untuk luka

Benarkah Madu Bisa Membuat Luka Sembuh Lebih Cepat?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 16/10/2019
madu bagi ibu hamil

6 Kebaikan Madu Bagi Ibu Selama Masa Kehamilan

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 08/04/2019