5 Manfaat Goji Berry untuk Kesehatan: Baik untuk Diet dan Gula Darah

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 05/09/2017 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Belakangan ini pasti Anda pernah dengar buah goji berry. Seringnya, buah ini dimanfaatkan untuk kecantikan. Namun, lebih dari itu ternyata buah goji berry memberi manfaat pada kesehatan Anda secara keseluruhan. Ingin tahu apa saja manfaat goji berry bagi kesehatan? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu goji berry?

Buah satu ini sebenarnya telah banyak dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional Tiongkok selama lebih dari 2000 tahun. Buah goji berry mempunyai rasa yang manis. Biasanya buah ini dimakan langsung atau dibuat sebagai jus atau teh herbal. Atau, goji berry juga bisa diambil sarinya, dibuat menjadi serbuk dan tablet.

Goji berry mengandung banyak nutrisi, antara lain vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, zat besi, selenium, kalium, seng, dan tembaga. Selain itu, ternyata goji berry juga mengandung antioksidan tinggi yang spesifik, yang disebut dengan Lycium barbarum polysaccharides. Antioksidan ini dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas, sehingga dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Manfaat goji berry untuk kesehatan

Karena kandungan nutrisi dan antioksidannya yang tinggi, maka tak heran jika goji berry dapat memberikan manfaat kesehatan yang banyak pada Anda. Beberapa manfaat goji berry untuk kesehatan adalah:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ya, buah goji berry dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih mampu melawan penyakit. Goji berry ditemukan dapat meningkatkan limfosit, yaitu sel darah putih yang bertanggung jawab dalam melindungi tubuh dari bakteri dan virus. Sebuah penelitian pada 60 orang dewasa sehat menunjukkan bahwa konsumsi 100 ml jus goji berry setiap hari selama 30 hari dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

2. Membantu menurunkan berat badan

Goji berry bisa membantu menurunkan berat badan Anda dengan berbagai cara. Kandungan serat yang tinggi dalam goji berry bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga akan makan lebih sedikit. Serat dalam goji berry juga bisa membantu dalam mengontrol kadar gula darah dan nafsu makan.

Selain itu, goji berry juga memiliki indeks glikemik rendah, sehingga pelepasan gula ke dalam aliran darah terjadi lebih lambat setelah Anda makan goji berry. Hal ini juga membuat Anda lebih bisa mengontrol rasa kenyang dan nafsu makan. Goji berry juga mampu membantu menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan tingkat metabolisme tubuh, sehingga tubuh mampu lebih banyak membakar kalori.

3. Membantu mengontrol gula darah

Buah goji berry dapat membantu menurunkan kadar gula darah, mengurangi resistensi insulin, meningkatkan toleransi gula, dan memperbaiki sel yang membantu memproduksi insulin. Efek goji berry terhadap gula darah ini dikaitkan dengan adanya kandungan antioksidan tinggi pada goji berry. Penelitian menunjukkan bahwa sari buah goji berry dapat meningkatkan sensitivitas insulin dengan cara meningkatkan penyerapan glukosa ke dalam sel dan meningkatkan sekresi insulin oleh pankreas.

4. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada goji berry juga dapat membantu Anda dalam mencegah pertumbuhan sel kanker. Penelitian menunjukkan bahwa efek penghambat tumor dari goji berry kemungkinan disebabkan oleh kemampuan goji berry dalam meningkatkan kadar antioksidan dan menurunkan kadar peradangan sitokin dalam darah.

5. Efek antipenuaan

Goji berry juga dipercaya dalam menghambat penuaan. Tak heran, banyak produk kosmetik menambahkan goji berry di dalamnya. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam goji berry (terutama zeaxanthin) dapat mencegah kerusakan sel kolagen di kulit akibat radikal bebas, sehingga dapat membantu Anda dalam menunda proses penuaan. Kandungan antioksidan dalam buah goji berry ini juga dapat melindungi kesehatan mata Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Yang Perlu Anda Tahu Seputar Pangan Rekayasa Genetika

Sudah saatnya kita meluruskan isu-isu seputar pangan rekayasa genetika (PRG) atau genetically modified foods yang penuh kontroversi ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 15/06/2020 . 5 menit baca

3 Resep Dessert Vegan yang Mudah dan Lezat

Kata siapa seorang vegan tak bisa menikmati berbagai pencuci mulut yang menggugah selera? Tiga dessert vegan yang mudah dibuat ini nikmatnya berani diadu!

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 15/06/2020 . 5 menit baca

Dua Resep Sorbet, Camilan Segar Sehat yang Mudah Dibuat

Doyan camilan dingin yang manis, tapi takut gemuk kalau keseringan makan es krim? Sudahkah Anda mencoba sorbet? Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, lho!

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 14/06/2020 . 5 menit baca

Mengulik Serba-Serbi Diet South Beach untuk Menurunkan Berat Badan

Hampir serupa dengan diet Atkins, diet south beach menekankan pola makan dengan mengurangi konsumsi karbohidrat dan perbanyak protein.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Berat Badan Ideal, Hidup Sehat 05/06/2020 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca
apa itu kolesterol

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 menit baca
tidak cepat lapar

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21/06/2020 . 5 menit baca
frozen yogurt vs es krim sehat mana

Frozen Yogurt Versus Es Krim, Lebih Sehat Mana?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 17/06/2020 . 5 menit baca