Ingin Awet Muda? 5 Buah dan Sayur Ini Wajib Ada di Menu Makan Anda

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 19/06/2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang
Artikel ini berisi:

Penuaan adalah proses alami tubuh yang tak bisa dihindari. Walaupun Anda tidak dapat menghentikannya, Anda masih bisa memiliki kesempatan untuk menjaga kulit tetap kencang dah sehat. Agar awet muda, Anda bisa mengandalkan beberapa jenis buah-buahan dan sayuran. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

Berbagai buah dan sayur yang harus Anda makan agar awet muda

Seiring bertambahnya usia, tubuh mengalami sejumlah perubahan. Tidak hanya soal penampilan, tetapi juga perubahan pada fungsi organ tubuh yang kian menurun. Misalnya saja, Anda jadi lebih lama saat mencerna makanan, mudah lelah, kehilangan selera makan, dan sebagainya.

Menurut Dr. Josh Axe, DNM, DC, CNS, seorang dokter chiropractic sekaligus ahli gizi klinis, mengungkapkan bahwa manusia sangat membutuhkan makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Pasalnya, antioksidan berperan untuk memperlambat efek penuaan di setiap bagian tubuh, mulai dari kulit, otak, jantung, hingga persendian.

Nah, agar awet muda dah punya kulit yang selalu sehat, Anda bisa mengandalkan beberapa jenis buah dan sayur berikut ini.

1. Buah delima

manfaat buah delima untuk kesehatan

Dilansir dari Healthline, buah delima adalah salah satu buah yang paling sehat. Ini karena buah delima mengandung kadar antioksidan yang lebih tinggi daripada teh hijau.

Buah berwarna merah ini dikemas dengan kandungan vitamin C yang dapat mencegah efek kerutan akibat sinar matahari. Selain itu, buah delima juga mengandung asam ellagic dan punicalagin, dua nutrisi penting yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

Dengan minum segelas jus buah delima secara rutin setiap minggu, Anda akan mendapatkan hasil kulit sehat, kencang, sekaligus awet muda.

2. Alpukat

manfaat alpukat

Selain memiliki rasa yang lezat, alpukat adalah salah satu buah super dengan segudang manfaatnya untuk kesehatan. Nutrisi yang khas pada alpukat adalah kandungan lemak sehatnya yang aman dan tidak membuat tubuh gemuk.

Alpukat mengandung senyawa unik yang disebut dengan alkohol polihidroksi lemak yang membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan memperbaiki DNA yang rusak.

Tak hanya itu, alpukat juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dua jenis antioksidan yang memberikan perlindungan ganda pada kulit. Alhasil, kulit tetap kencang dan tak mudah keriput karena efek penuaan.

3. Tomat

tomat apakah penyebab asam urat manfaat sayuran merah

Cara lain agar awet muda adalah dengan mencoba menambahkan banyak tomat pada menu makanan Anda. Ini karena tomat mengandung likopen, sejenis karotenoid yang dapat melawan efek sinar UV pada kulit.

Ya, sinar UV dapat merusak kulit, membuat cepat tua, bahkan menimbulkan kanker. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi makanan yang mengandung likopen dan antioksidan selama 15 minggu mengalami penurunan jumlah kerutan pada kulit secara signifikan.

Untuk mewujudkan kulit sehat dan awet muda, masak tomat dengan minyak zaitun yang juga mengandung lemak sehat. Dua kombinasi ini secara signifikan dapat meningkatkan penyerapan likopen ke dalam tubuh. Dengan demikian, kesehatan kulit tetap terjaga dan awet muda meski usia terus bertambah.

4. Blueberry

blueberry

Walau bentuknya kecil, siapa sangka kalau blueberry menawarkan manfaat menakjubkan untuk kulit sehat Anda. Blueberry telah terbukti dapat memperlambat efek penuaan, bahkan bisa membuat Anda panjang umur, lho!

Blueberry mengandung antosianin tinggi, suatu senyawa yang dapat menurunkan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Dengan rutin mengonsumsi sekitar 350 gram blueberry setiap hari, Anda akan terhindar dari garis-garis halus dan keriput di kulit. Alhasil, Anda terlihat lebih segar dan awet muda sepanjang hari.

5. Bayam

makan bayam meningkatkan asam urat

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Journal of Agricultural Food Chemistry, sayur bayam mengandung beta karoten dan lutein, dua nutrisi penting yang terbukti dapat meningkatkan elastisitas kulit. Ketika kulit semakin elastis, ini artinya kulit menjadi lebih kencang dan tak mudah timbul garis-garis halus yang memicu keriput.

Selain itu, sayuran hijau yang satu ini juga mengandung fitonutrien atau senyawa antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari sinar matahari. Maka itu, konsumsi 700 gram bayam setiap minggunya untuk membuat kulit tetap sehat dan awet muda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kandung Kemih bagi Pria dan Wanita?

Hati-hati, tidak menjaga kesehatan kandung kemih membuat Anda rentan kena berbagai gangguan sistem kemih seperti infeksi saluran kencing hingga kanker.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Urologi, Kandung Kemih 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

5 Ramuan Alami Terbaik untuk Mengatasi Rambut Kering

Rambut kering memang bikin penampilan terlihat kusam. Mari simak cara mengatasi rambut kering menggunakan 5 bahan alami pada penjelasan di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Rambut Rontok, Hidup Sehat 04/08/2020 . Waktu baca 4 menit

Tips Menghadapi Kecemasan Kembali Beraktivitas di Era New Normal

Wajar jika merasa khawatir terhadap ketidakpastian di tengah pandemi COVID-19. Yuk, cari tahu solusi menghadapi kecemasan di new normal di sini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
menghadapi kecemasan di new normal
Hidup Sehat, Tips Sehat 03/08/2020 . Waktu baca 5 menit

Penuhi Nutrisi Ini untuk Mencegah Penularan Coronavirus saat New Normal

Nutrisi memegang peranan yang besar untuk mencegah kemungkinan risiko COVID-19. Yuk, cari tahu nutrisi utama yang perlu ditambahkan dalam menu harian Anda.

Ditulis oleh: Maria Amanda
Nutrisi, Hidup Sehat 30/07/2020 . Waktu baca 9 menit

Direkomendasikan untuk Anda

rileksasi tubuh

5 Cara Sederhana untuk Relaksasi Sehabis Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 07/08/2020 . Waktu baca 4 menit
cara menghilangkan varises dengan skleroterapi

Sering Menggoyang-goyangkan Kaki Saat Tidur? Ini Penyebabnya

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 3 menit
sering kencing di malam hari

7 Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil yang Mengganggu

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit
nokturia adalah

Nokturia, Penyebab Sering Buang Air Kecil pada Malam Hari

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit