Mengapa Lagu Tertentu Bisa Membuat Anda Teringat Mantan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 3 Oktober 2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Pernahkah Anda ketika mendengarkan lagu tertentu justru membuat Anda teringat mantan? Walaupun tidak berirama sedih, lagu tersebut bisa membawa kembali kenangan ketika Anda berdua bersama. Rupanya, ada penjelasan ilmiah terkait hal ini. Simak ulasannya di bawah ini. 

Alasan mendengar lagu tertentu membuat Anda ingat mantan

mendengarkan lagu galau

Beberapa tahun belakang ini, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat merangsang otak manusia dibandingkan aktivitas lainnya. Hal tersebut meninggalkan ‘jejak’ pada pikiran Anda, sehingga lagu diyakini dapat mengingatkan Anda akan apa yang Anda sentuh, cium, dan rasakan saat mendengarkan lagu tersebut di masa lampau. 

Menurut sebuah penelitian dari University of California, daerah tertentu di otak yang berhubungan dengan ingatan dan emosi dapat aktif jika dipicu oleh lagu. Sepenggal lagu yang akrab di telinga Anda dapat membawa Anda pada kenangan tentang seseorang atau tempat tertentu. 

Nah, karena hal itulah, tak jarang Anda teringat sosok mantan dan suasana yang Anda lalui saat itu saat lagu tersebut diputar. 

Pengaruh jenis musik terhadap kenangan bersama mantan

terapi musik untuk kanker

Biasanya, ketika mendengar lagu sedih, Anda teringat oleh masa-masa beberapa hari sebelum Anda dan mantan mengakhiri hubungan. Mulai dari pertengkaran hingga sikap acuh tak acuh yang mulai muncul dalam hubungan Anda. 

Benarkah mendengarkan aliran musik tertentu juga membuat Anda teringat kenangan bersama mantan?

Menurut seorang psikolog musik dari Inggris, Kelly Jakubowski, sulit mengatakan apakah genre atau aliran musik tertentu bisa mengaktifkan ingatan seseorang. Normalnya, orang akan mengingat sesuatu melalui lagu jika lagu tersebut mereka dengarkan setiap hari. 

Jika Anda menyukai lagu-lagu opera, tentu berpengaruh terhadap selera musik Anda. Atau, bagi orang yang menggemari musik yang sedang populer saat ini, tentu seleranya akan berbeda dengan penyuka musik klasik. 

Akan tetapi, mendengarkan lagu sedih merupakan sebuah pengecualian karena ternyata lebih sering memberikan ingatan untuk sejumlah besar orang, seperti pengalaman yang menyedihkan.

Lantas, apa lagu yang membuat Anda teringat mantan bikin susah move-on?

Mendengarkan lagu yang membuat Anda teringat mantan artinya bukan berarti Anda susah untuk move on. Hubungan Anda berdua memang berakhir, tetapi pengalaman manis pahit tetap tersimpan di ingatan Anda. 

Lagu-lagu yang menyebabkan nostalgia tersebut sebenarnya dapat membantu Anda untuk mengenal diri sendiri dan memberikan kekuatan ketika menghadapi sebuah tantangan baru. Kuncinya adalah menggunakannya untuk membangun masa depan Anda, terutama ketika memulai hubungan baru.

Memang tidak ada salahnya teringat mantan ketika mendengarkan sebuah lagu. Bagaimanapun, nostalgia adalah hal yang sangat umum terjadi pada semua orang. 

Ada beberapa cara agar Anda bisa memanfaatkan nostalgia tersebut sebagai bagian dari cara untuk menata masa depan Anda, antara lain: 

  • Membuat kenangan baru tanpa menyesalinya karena apa yang terjadi hari ini akan menjadi pengalaman berharaga yang selalu Anda ingat. 
  • Menggunakan kenangan yang indah sebagai motivasi ketika Anda tidak bersemangat. 

Nostalgia bisa diartikan sebagai dua hal, apakah Anda memang sedang dalam proses melupakan dengan mengingat hal-hal yang menyakitkan ataukah Anda masih belum menerima hubungan ini berakhir.

Otak adalah salah satu organ manusia yang cukup rumit, sehingga tidak jarang manusianya sendiri pun tidak mengerti bagaimana bisa mendengarkan lagu bisa membuat Anda teringat mantan.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mendengarkan Musik, Cara Sederhana utuk Mengatasi Gangguan Tidur

Medengarkan musik memang menenagkan. Selain itu, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa musik dapat membantu mengatasi gangguan tidur yang Anda miliki.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Hidup Sehat, Fakta Unik 6 Desember 2018 . Waktu baca 4 menit

Suka Nonton Konser? Yuk, Intip Manfaatnya Bagi Kesehatan

Anda termasuk orang yang suka nonton konser musik? Ternyata tidak hanya sekadar berteriak, melompat, dan bernyanyi saja. Ada manfaat kesehatannya juga, lho.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 15 Mei 2018 . Waktu baca 4 menit

Bagaimana Cara Orang Tuli Menikmati Musik?

Musik merupakan gaya hidup. Dinikmati saat kerja, menyetir, maupun belajar. Lalu bagaimana dengan orang Tuli? Bagaimana Tuli menikmati musik?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Hidup Sehat, Fakta Unik 29 Desember 2017 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

musik untuk olahraga

Pilihan Musik Terbaik untuk Menggenjot Semangat Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 7 Juni 2019 . Waktu baca 4 menit
mengirim pesan ke mantan

Selain Minta Balikan, Jangan Coba-Coba Mengirimkan Pesan Ini Ke Mantan Anda

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 5 Juni 2019 . Waktu baca 4 menit
cara berhenti memikirkan mantan

5 Kunci Antigagal Agar Berhenti Memikirkan Si Mantan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 1 Juni 2019 . Waktu baca 3 menit
berhubungan dengan mantan

Lebih Baik Jalin Pertemanan Atau Putus Kontak Dengan Si Mantan, Ya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 3 April 2019 . Waktu baca 4 menit