Ini Kelebihan dan Kekurangan KB Suntik yang Penting Diketahui

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 05/06/2020 . 6 menit baca
Bagikan sekarang

Alat kontrasepsi suntik atau KB suntik merupakan salah satu yang cukup populer di Indonesia. KB ini merupakan alat kontrasepsi dengan tingkat efektivitas yang tinggi dalam mencegah kehamilan. Meski demikian, sebaiknya Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan KB suntik sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Apa yang dimaksud dengan KB suntik?

Sebelum memahami kekurangan dan kelebihan dari KB suntik, ada baiknya jika Anda mengenal tentang alat kontrasepsi ini terlebih dahulu. KB suntik adalah salah satu pilihan alat kontrasepsi yang bisa Anda gunakan jika ingin mencegah kehamilan.

KB suntik diberikan dengan cara melepaskan hormon progestin ke dalam aliran darah Anda dengan cara disuntikkan. Jika digunakan dengan benar, KB suntik merupakan salah satu alat kontrasepsi yang 99% efektif untuk membantu Anda mencegah terjadinya proses ovulasi, agar tidak hamil meski berhubungan seksual dengan pasangan.

KB ini biasanya bertahan melindungi Anda dari kehamilan selama delapan hingga 13 minggu. Biasanya, lama waktu ini bergantung pada jenis suntikan yang Anda gunakan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika tidak menggunakan alat kontrasepsi lain, seperti kondom, saat melakukan aktivitas seksual dengan pasangan dalam kurun waktu tersebut.

Hal ini tentu menguntungkan bagi Anda yang sering kali atau mudah lupa jika harus mengonsumsi alat kontrasepsi oral, seperti pil kb. Dengan kontrasepsi ini, Anda tidak perlu mengingat-ingat waktu untuk menggunakannya setiap hari.

Anda hanya perlu memerhatikan, kapan Anda harus mengulang suntikan sebelum masa berlakunya habis. Pasalnya, jika masa berlaku dari KB ini habis, alat kontrasepsi ini tidak lagi bekerja secara efektif.

Apa saja kelebihan KB suntik?

bolehkah suntik kb saat puasa

Penggunaan KB suntik memang memiliki beberapa kelebihan dibanding alat kontrasepsi lainnya. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. KB suntik efektif mencegah kehamilan

Menurut Planned Parenthood, organisasi nonprofit yang menyediakan pelayanan kesehatan reproduksi di Amerika Serikat, KB suntik ini merupakan salah satu alat kontrasepsi yang efektif. Pasalnya, KB ini dianggap 99% efektif mencegah kehamilan jika dilakukan dengan benar. Hanya 3 dari 100 wanita yang dilaporkan kebobolan hamil setelah pakai KB ini karena penggunaan yang keliru.

Satu kali suntik hormon ini mampu mencegah kehamilan selama 2-3,5 bulan (8-13 minggu). Maka, Anda tidak perlu repot mengingat jadwal minum dosis atau bolak-balik isi ulang resep seperti pil KB. Anda hanya perlu pergi ke dokter setiap tiga bulan sekali untuk mendapat suntikan.

2. Tidak mengganggu aktivitas seks

Kelebihan lainnya yang juga penting diketahui dari penggunaan KB ini adalah Anda tidak perlu merasa khawatir saat melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Selama alat kontrasepsi ini masih belum kedaluwarsa, maka alat ini akan efektif mencegah Anda mengalami kehamilan, meski berhubungan seks tanpa menggunakan kondom.

Di samping itu, dibandingkan jenis alat kontrasepsi lain, misalnya KB spiral, alat ini tidak membuat aktivitas seks bersama pasangan terganggu. Pasalnya, tali KB spiral yang menggantung atau tersisa di vagina membuat seks terasa sedikit tidak nyaman.

3. KB suntik tergolong aman

Tidak hanya itu, KB suntik merupakan salah satu alat kontrasepsi yang aman saat masa menyusui. Apalagi, alat kontrasepsi injeksi ini tidak memiliki reaksi negatif terhadap obat-obatan lain yang Anda gunakan. Jadi, Anda tidak perlu merasa khawatir jika harus mengonsumsi obat-obatan tertentu demi mengatasi kondisi kesehatan Anda lainnya.

4. Meringankan gejala PMS dan menstruasi

Kelebihan lain yang juga mungkin Anda rasakan saat menggunakan KB suntik adalah alat kontrasepsi yang satu ini dapat membantu Anda meringankan gejala PMS, gangguan menstruasi yang terjadi akibat endometriosis, dan juga rasa nyeri saat menstruasi setiap bulannya.

Apa saja kekurangan KB suntik?

efek samping kb suntik

Sayangnya, selain kelebihan dari penggunaan KB suntik, ada pula kekurangan yang harus Anda perhatikan. Misalnya sebagai berikut.

1. Menstruasi menjadi tidak teratur dengan KB suntik

Salah satu efek samping penggunaan KB suntik adalah perubahan pada siklus menstruasi. Jika sebelumnya Anda memiliki siklus menstruasi normal, Anda harus siap jika siklus Anda nantinya berubah.

Siklus menstruasi yang mungkin Anda rasakan setelah menggunakan KB jenis ini adalah menjadi lebih lama, lebih cepat, lebih sedikit, atau mungkin Anda tidak mengalami menstruasi sama sekali.

2. Timbul berbagai masalah kesehatan

Ada berbagai masalah kesehatan yang mungkin Anda alami setelah menggunakan kontrasepsi ini. Meski mungkin bukan masalah kesehatan yang berat. Namun, Anda tetap harus memerhatikannya.

Sebagai contoh, Anda mungkin mengalami sakit kepala, jerawat, rambut rontok, suasana hati yang mudah berubah, hingga gairah seks yang menurun. Kondisi ini mungkin bertahan hingga tiga bulan lamanya, hingga kadar progesteron sintetis habis atau keluar dari tubuh Anda.

3. Butuh waktu lama hingga masa subur kembali normal

Mengingat bahwa alat kontrasepsi berfungsi untuk mencegah kehamilan, maka selama penggunaan KB ini, Anda mungkin tidak akan mengalami kehamilan meski telah berhubungan seks dengan pasangan. Namun, jika Anda ingin kembali hamil dan kesuburan Anda kembali normal, Anda mungkin harus menunggu waktu cukup lama untuk melakukannya.

Bahkan, Anda bisa menunggu agar kesuburan Anda kembali normal hingga satu tahun lama setelah menghentikan pemakaian. Dalam kurun waktu tersebut, Anda mungkin baru bisa mengalami kehamilan.

Oleh sebab itu, berdasarkan sebuah artikel yang dimuat di Mayo Clinic, jika Anda ingin melakukan program hamil di tahun berikutnya, mungkin alat kontrasepsi ini bukan pilihan yang terbaik untuk Anda.

4. Peningkatan berat badan

Ini mungkin adalah salah satu efek samping yang tidak Anda inginkan. Ya, penggunaan KB ini berpotensi meningkatkan berat badan Anda, tapi tidak perlu khawatir. Pasalnya, Anda bisa mengatasi kondisi ini dengan mengimbangi penggunaan suntik KB ini dengan diet dan olahraga.

5. Tidak melindungi dari penyakit menular seksual

Meski bisa membantu melindungi Anda dari kehamilan, penggunaan KB ini tidak dapat melindungi Anda dari penyakit menular seksual. Dengan begitu, jika Anda ingin tetap terlindungi dari penyakit ini, Anda mungkin harus tetap menggunakan kondom saat melakukan hubungan seks.

Pertimbangkan kelebihan dan kekurangan pemakaian KB suntik bersama pasangan, sebelum Anda memutuskannya. Akan lebih baik jika Anda bertanya terlebih dahulu kepada dokter. Dokter akan membantu Anda memilih alat kontrasepsi yang terbaik untuk kondisi Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Belum Pernah Hamil, Amankah Bila Pakai KB Suntik?

KB suntik biasanya digunakan untuk menunda kehamilan pada wanita yang sudah pernah hamil. Mungkinkah bila KB suntik dipakai saat belum pernah hamil?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kontrasepsi, Hidup Sehat 06/01/2020 . 4 menit baca

Berbagai Efek Samping KB Suntik yang Mungkin Terjadi

Ada berbagai pilihan kontrasepsi bagi wanita, salah satunya KB suntik. Namun, pertimbangkan dulu kemungkinan efek samping KB suntik sebelum memilihnya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kontrasepsi, Hidup Sehat, Seks & Asmara 01/04/2019 . 10 menit baca

5 Pertimbangan Penting Saat Berniat Ganti Alat Kontrasepsi

Berencana ganti alat kontrasepsi dengan jenis lain? Tunggu dulu. Coba pertimbangkan beberapa hal ini agar KB yang digunakan tetap sama efektifnya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kontrasepsi, Kehamilan 28/02/2019 . 4 menit baca

Telat Suntik KB, Apa yang Harus Saya Lakukan?

Sama seperti pil kb, suntik kb juga tidak luput dari telat dan kelupaan. Jika Anda telat suntik kb, apa yang harus dilakukan? Baca ulasannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kontrasepsi, Hidup Sehat 21/02/2019 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

bolehkah suntik kb saat puasa

Bolehkah Melakukan Suntik KB Saat Puasa?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 19/05/2020 . 3 menit baca
kb suntik 3 bulan

Hal-hal yang Perlu Diketahui tentang KB Suntik 3 Bulan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 28/03/2020 . 7 menit baca
kb suntik 1 bulan

KB Suntik 1 Bulan, Apa Bedanya dengan KB Suntik Biasa?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 09/03/2020 . 7 menit baca
Obat alami pelancar haid

Haid Tidak Teratur? Berikut Daftar Pelancar Haid Alami yang Patut Dicoba

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 22/01/2020 . 4 menit baca