5 Kunci Antigagal Agar Berhenti Memikirkan Si Mantan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Mau sudah putus lama atau baru-baru ini, yang namanya mantan terindah pasti sulit dilupakan. Eits, tunggu dulu. Ini pertanda Anda belum move on sepenuhnya. Bukan hanya makin bikin galau, terus-terusan memikirkan mantan (yang mungkin sudah move on dari Anda) juga bisa merusak mood. Ada tidak sih, cara untuk berhenti memikirkan mantan?

Cara paling jitu agar berhenti memikirkan mantan

pasangan ingin putus

1. Jauhi semua yang berhubungan dengan mantan

Agar berhenti memikirkan si dia, cara pertama adalah cepat-cepat menghindar dari segala hal yang berhubungan dengan mantan.

Jika memungkinkan, hindari pergi ke tempat-tempat kencan langganan dan teman-teman sepergaulan si mantan yang juga Anda kenal. Jangan takut untuk dibilang sombong karena menghindar adalah cara yang paling efektif untuk Anda menyembuhkan hati dari luka. Ini hanya untuk sementara dan demi kebaikan diri Anda sendiri.

Bisa juga dengan membuang barang-barang pemberian mantan, menghapus foto-foto kenangan, sampai menghapus kontak mantan.

2. Blokir semua sosial medianya

Wajar untuk sulit berhenti memikirkan mantan karena Anda pasti punya banyak kenangan manis bersamanya. Namun, zaman sekarang membuat makin sulit untuk berhenti karena kita jadi mudah terpancing lewat sosial media. 

Hanya sekali melihat postingan foto atau cuitan mantan di sosmed, Anda jadi terus kepikiran dirinya hingga berhari-hari.

Bila sudah demikian, tidak ada salahnya unfollow dan block mantan di semua akun sosial media Anda. Cara ini sah-sah saja untuk dilakukan agar Anda bisa berhenti memikirkan mantan dan tidak lagi kepo mencari kabarnya lewat dunia maya.

3. Cari kesibukan yang bermanfaat

Menyibukkan diri dengan aktivitas bermanfaat bisa jadi cara untuk berhenti memikirkan mantan paling jitu. Dengan begitu, Anda jadi tidak akan sempat untuk bengong dan berkhayal buat balikan karena Anda akan lebih fokus untuk mengerjakan hal-hal lain yang harus diselesaikan.

Sibukkanlah diri dengan pekerjaan di kantor, mencari hobi baru, cuti untuk jalan-jalan ke luar kota, ikut menjadi sukarelawan di acara sosial, atau bahkan menghabiskan waktu bersama keluarga dan sahabat.

4. Jangan coba ingat-ingat alasan putus

Jangan sekali-kali mencoba mengingat kembali kenapa Anda berdua dulu bisa putus.

Tidak hanya membuat Anda semakin galau dan menyesali keputusan tersebut, ini hanya akan membuat Anda semakin kepikiran si mantan. Mungkin juga Anda jadi berusaha untuk kontak si dia lagi buat berusaha balikan, padahal sikonnya sudah mustahil.

Ingat, tidak ada gunanya mengembalikan nasi yang sudah menjadi bubur. Yakinkan diri saja bahwa keputusan putus dulu adalah yang terbaik buat Anda berdua.

5. Ikhlaskan

Bila Anda masih suka memikirkan mantan tanpa sebab, tandanya ada hal yang belum Anda ikhlaskan dari si dia.

Maka, mengikhlaskan diri untuk menerima “vonis” putus adalah cara berhenti memikirkan mantan yang paling bijak. Tekankan pada diri sendiri bahwa percintaan yang gagal itu adalah hal yang lumrah. Hampir semua orang pernah mengalaminya dan bisa berhasil move on.

Pada waktunya, Anda akan mendapatkan orang baru yang lebih tepat dan menyayangi Anda sepenuh hati.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca