6 Kiat Menghadapi Stres di Kantor Agar Tetap Produktif dan Semangat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 02/04/2018 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Menghadapi berbagai tekanan di tempat kerja lama-lama bisa membuat orang stres di kantor. Masalahnya, kalau sudah stres performa kerja pun akan semakin menurun. Bukannya disenangi rekan kerja, justru Anda bisa semakin tidak disukai karena dianggap tidak serius. Untuk itu, penting sekali bagi Anda untuk mempelajari berbagai strategi dalam mengatasi stres di kantor berikut ini.

1. Alihkan pikiran saat muncul stres di kantor

Terkadang, untuk melepaskan kepenatan di pikiran, Anda hanya perlu membiarkan pikiran untuk berkelana memilkirkan hal yang lain. Dengan begini, masalah yang terasa sulit bisa Anda redam sejenak, dan ketika Anda kembali, pikiran sudah lebih jernih dan bersemangat kembali.

Jangan memaksakan diri untuk berpikir terlalu berat di tempat kerja jika itu justru membuat Anda semakin stres. Bila Anda punya waktu luang meski sedikit saja, manfaatkan untuk hal-hal favorit Anda. Entah itu membaca artikel lucu, menggambar, atau menulis untuk menghilangkan stres di kantor.

2. Mengelola stres dengan cara yang sehat

Anda mungkin mencoba melawan stres dengan makan segala hal yang berlemak atau gorengan, bermalas-malasan di rumah, merokok, atau minum alkohol. Padahal, hal-hal tadi justru bisa membuat Anda makin stres dan tubuh tidak sehat. Karena itu, munculnya stres di kantor seharusnya bisa jadi penyemangat Anda untuk mulai hidup sehat.

Olahraga rutin dan menjaga asupan makanan adalah kedua hal yang tidak boleh dilewatkan. Orang yang stres atau tertekan biasanya akan mudah mengabaikan kesehatan fisiknya. Padahal pengaturan makan dan olahraga adalah hal yang paling penting untuk membuat Anda lebih kuat dan tahan terhadap stres.

Olahraga

Selalu sisihkan waktu Anda untuk berolahraga secara rutin. Olahraga jenis apa pun adalah aktivitas pereda stres yang ampuh. Olahraga akan meningkatkan detak jantung Anda, dan membuat berkeringat. Cara ini sangat efektif untuk memperbaiki mood, serta meningkatkan energi.

Bukan hanya itu, olahraga menurut University of Leicester, akan meningkatkan aliran ke seluruh tubuh termasuk ke otak, dan ini akan membuat Anda bisa berpikir lebih jernih. Masalah yang membuat Anda stres di kantor pun dapat dihadapi dengan baik.

Pengaturan makan

Pilihan makanan juga dapat memberikan dampak besar pada suasana hati Anda ketika bekerja. Kurangi asupan zat yang dapat mengacaukan mood Anda seperti kafein, alkohol, lemak trans, dan pengawet makanan.

Saat makan, pilihlah lebih banyak makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 untuk memberi dorongan pada suasana hati Anda semakin membaik. Contohnya dari ikan salmon, makarel, rumput laut, kacang kedelai, ikan tuna, telur, dan kacang kenari.

Anda juga perlu menghindari nikotin saat sedang stres di kantor. Merokok saat Anda merasa stres mungkin tampak menenangkan, tetapi nikotin sebenarnya adalah stimulan yang kuat menyebabkan tingkat kecemasan semakin tinggi, bukannya meredam.

3. Curhat dengan orang yang dipercaya

Terkadang peredam stres terbaik adalah dengan berbagi cerita dengan orang terdekat. Bercerita, apalagi dengan tatap muka secara langsung, merupakan cara yang paling efektif untuk meredakan ketegangan dan merasa lebih tenang.

Orang lain tidak harus memperbaiki masalah Anda, hanya perlu menjadi pendengar yang baik. Curhat juga akan membuat Anda mendapatkan dorongan positif dari orang terdekat yang memahami kondisi Anda.

4. Tidur yang cukup

Anda mungkin merasa seperti tidak punya cukup waktu untuk tidur karena banyak pekerjaan. Ingat, hal ini hanya akan menurunkan produktivitas Anda di tempat kerja. Selain itu, kurang tidur juga akan menurunkan konsentrasi dan kemampuan memecahkan masalah.

Semakin baik Anda beristirahat, maka semakin baik Anda akan bisa menghadapi tanggung jawab pekerjaan di tempat kerja dan mengatasi tekanan di tempat kerja.

Matikan layar televisi, komputer, atau HP sekitar satu jam sebelum tidur. Cahaya yang dipancarkan dari layar gadget Anda dapat menekan produksi melatonin tubuh dan mengganggu tidur Anda.

Sebelum tidur, jangan membuka-buka kembali e-mail kantor atau pekerjaan Anda. Sebagai gantinya, fokuslah pada aktivitas yang menenangkan seperti mendengarkan musik dengan lampu kamar yang redup, berdoa, atau bermeditasi.

5. Atur waktu dan prioritas dengan baik

Buat jadwal kerja yang seimbang. Cobalah mencari keseimbangan antara pekerjaan, kehidupan keluarga, aktivitas sosial, dan kegiatan Anda lainnya. Berangkat ke tempat kerja 10-15 menit lebih awal pun bisa mempermudah hari Anda. Jangan sampai sudah stres di kantor, Anda malah datang terlambat dan menciptakan masalah baru.

Anda juga perlu menetapkan batas-batas yang sehat. Banyak orang yang akhirnya merasa tertekan akibat selalu stand by 24 jam sehari untuk bekerja. Kalau sudah begini, bisa jadi Anda masuk dalam kategori gila kerja alias workaholic. Kondisi ini bisa merugikan Anda sendiri, baik secara mental maupun fisik.

6. Berpikir positif

Stres di kantor bisa jadi merupakan hasil dari pikiran negatif Anda sendiri. Contohnya berpikiran negatif kalau target tidak akan tercapai, tugas tidak akan selesai, pekerjaan yang diberikan pasti sulit, rekan kerja pasti susah diajak kerja sama, dan sebagainya. Ini adalah pikiran pemicu stres Anda sendiri. Pemikiran negatif harus selalu dibuang, entah seberat apa pun tugas yang Anda dapatkan.

Jika Anda terlalu fokus pada sisi negatif dari setiap situasi, Anda akan kehabisan energi. Berpikir positif akan membantu tubuh untuk menjaga tingkat energi Anda. Misalnya daripada sibuk berpikir apa yang bakal terjadi kalau target tidak tercapai, fokuslah untuk mencari solusi kreatifnya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Stres Berkepanjangan Ternyata Bisa Mengubah Bentuk dan Fungsi Otak

Stres adalah hal yang wajar. Namun, stres yang dibiarkan berlarut-larut bisa mengubah bentuk dan fungsi otak. Ini sederet cara mencegahnya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Fakta Unik 07/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Khasiat Minyak Esensial untuk Meredakan Stres

Pertolongan pertama saat stres: gunakan minyak esensial untuk meredakan stres. Apa saja jenis minyak esensial dan bagaimana cara menggunakannya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 05/06/2020 . Waktu baca 6 menit

Stres Ternyata Membuat Seseorang Menerima Berita Buruk dengan Berbeda

Siapa yang tidak pernah merasa stres? Faktanya, ketika seseorang dilanda stres disebut dapat mengubah cara mereka menangani kabar buruk. Benarkah demikian?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Psikologi 04/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Begini Cara Mengatasi Stres Karena PHK Akibat dari Pandemi COVID-19

Imbas dari COVID-19 membuat sebagian pekerja diberhentikan dari pekerjaannya dan merasa stres. Yuk, kenali cara mengatasi stres karena PHK di sini.

Ditulis oleh: Nabila Azmi
Coronavirus, COVID-19 04/05/2020 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Sponsored
foto orang yang merawat anggota keluarga yang terkena penyakit kronis; saat mengasuh, penting untuk tetap jaga diri saat merawat orang sakit kronis

Tips Jaga Diri Saat Merawat Orang Sakit Kronis di Masa Pandemi

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 13/07/2020 . Waktu baca 5 menit
Sponsored
ilustrasi pemilik kedai kopi yang memilih merintis usaha atau bekerja sesuai passion

Bagaimana Bekerja sesuai Passion Bisa Bantu Kesehatanmu?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . Waktu baca 5 menit
berimajinasi mengatasi stres

Berimajinasi Bantu Atasi Stres dan Gangguan Kecemasan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . Waktu baca 5 menit
manfaat menulis jurnal mental

3 Manfaat Menulis Jurnal untuk Kesehatan Mental dan Cara Memulainya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 07/06/2020 . Waktu baca 6 menit