6 Hal yang Membuat Sakit Kepala Anda Bertambah Parah

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Migrain ataupun sakit kepala, dapat bertambah parah ketika ditandai dengan adanya peningkatan rasa sakit yang dipicu oleh beberapa hal tertentu. Kalau sakit kepala tidak segera ditangani segera, bisa-bisa akan menjalar ke kondisi kesehatan tubuh yang lain. Setidaknya ada beberapa hal yang menjadi pemicu sakit kepala tambah parah, dan hal itu harus Anda kenali dengan baik. Apa saja penyebabnya? Simak di bawah ini.

Penyebab yang membuat sakit kepala tambah parah

1. Cuaca

Cuaca yang berubah drastis dengan diiringii munculnya awan gelap, badai petir, ataupun hujan deras dapat membuat sakit kepala tambah parah. Umumnya, sakit kepala ataupun migrain yang kambuh bisa dipengaruhi oleh cuaca. Cuaca yang berubah akan menyebabkan adanya perubahan tekanan atau suhu pula, sehingga tidak jarang kondisi tubuh tertentupun menjadi tidak nyaman.

Karena Anda tidak dapat mengubah atau mengatur cuaca, disarankan untuk selalu mengecek perubahan cuaca lewat televisi atau aplikasi di telepon genggam Anda. Jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter mengenai obat sakit kepala yang bisa mencegah sakit kepala makin menjadi.

2. Lampu atau cahaya yang terlalu terang

Beberapa jenis pencahayaan, seperti lampu neon atau lampu sorot, dapat membuat sakit kepala kambuh. Langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah siap sedia kaca mata hitam selalu. Simpan kaca mata di saku baju ataupun di bagian rumah yang mudah dijangkau. Anda juga bisa menggunakan lampu yang ramah pencahayaan di mata, contohnya lampu LED (Light Emitting Diode).

3. Pola tidur yang tidak teratur

Jika Anda punya segudang aktivitas, namun tidak pandai mengatur waktunya, hal itu bisa menyebabkan sakit kepala menjadi kambuh. Hal ini umum dan biasanya sering disebabkan oleh pola tidur yang tidak teratur. Pastikan Anda tidur di malam hari selama minimal 7 jam, dan penting untuk menjauhi telepon, tablet atau laptop sebelum tidur karena hal ini bisa meningkatkan risiko sakit kepala berlebih.

4. Olahraga terlalu keras

Berolahraga terlalu keras juga bisa menjadi penyebab sakit kepala bertambah parah. Seperti yang diketahui kalau aktivitas fisik seperti angkat beban dapat membuat rasa sakit di kepala meningkat jika dilakukan berlebihan. Disarankan untuk berkonsultasi ke dokter dan beralih ke aktivitas fisik lain yang bisa mencegah sakit kepala datang lagi.

5. Efek samping obat-obatan tertentu

Tidak semua obat bereaksi baik untuk tubuh. Anda tidak bisa menduga apakah obat-obatan yang sedang Anda konsumsi bisa memicu sakit kepala datang. Pasalnya, beberapa obat yang mengandung nitrogliserin atau albuterol bisa memicu sakit kepala ketika Anda meminumnya. Penting untuk mengetahui kandungan dan jenis obat yang Anda konsumsi, dengan begitu sakit kepala yang Anda rasakan bisa dicegah sedemikian rupa.

6. Sedang merasa stress

Tidak jarang, stress bisa menjadi akar dari masalah kesehatan, termasuk sakit kepala yang Anda alami. Sebuah studi menunjukkan bahwa stress karena masalah sehari-hari bisa menyebabkan sakit di kepala meningkat. Untuk mengatasi dampak stress ini, Anda perlu menyadari dan menyelesaikan masalah stress terlebih dahulu. Setelah itu, cobalah untuk membuat perubahan kecil dalam mengatasi stress yang Anda miliki

Baca Juga:

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca