6 Khasiat Baik Asparagus Bagi Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 September 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Pernah dengar sayur yang bernama asparagus sebelumnya? Ya, sayur yang satu ini mungkin tidak terlalu umum ditemui, kecuali ketika dimasak jadi sup asparagus. Bahkan, biasanya lebih mudah ditemui di supermarket yang menawarkan beragam jenis sayuran yang cukup asing. Nutrisi yang terkandung dalam asparagus juga tidak kalah baik dengan sayur-sayuran lainnya. Yuk, kenalan dengan beragam manfaat asparagus yang sayang untuk dilewatkan.

Manfaat asparagus yang sayang dilewatkan

1. Padat nutrisi

Asparagus dikemas dengan nutrisi yang istimewa, tapi kalorinya sangat rendah. Berbagai nutrisi yang terkandung dalam asparagus yakni protein, lemak, serat, vitamin C, vitamin A, vitamin E, folat, kalium, dan fosfor. Tidak hanya itu, asparagus juga memiliki sejumlah kecil kandungan mikronutrien seperti zat besi, zinc, dan riboflavin.

Asparagus digadang-gadang sebagai sayur yang tinggi kandungan vitamin K, yang berperan aktif dalam pembekuan darah sekaligus menjaga kesehatan tulang. Bahkan, karena kandungan folatnya yang tinggi maka asparagus sering disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, guna membantu pembentukan sel-sel dan DNA calon bayi.

2. Menyehatkan pencernaan

Sistem pencernaan manusia membutuhkan asupan serat yang cukup agar kerjanya senantiasa optimal. Nah, Anda bisa dengan mudah mendapat asupan serat hanya dengan makan setengah cangkir asparagus seberat 1,8 gram. Kandungan serat tidak larut yang tinggi pada asparagus bermanfaat untuk memperlancar gerakan usus sehingga bisa dikonsumsi untuk mengobati sembelit.

Sementara kandungan serat larutnya bisa menjadi makanan untuk bakteri baik dalam usus, yakni Bifidobacteria dan Lactobacillus. Itu sebabnya, menambahkan asparagus ke dalam menu makanan sehari-hari, merupakan cara terbaik guna membantu memenuhi kebutuhan serat dan menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.

3. Membantu menurunkan berat badan

Sedang menentukan makanan apa yang baik untuk menurunkan berat badan Anda? Salah satu pilihan terbaik yang bisa dicoba yakni dengan makan asparagus. Pasalnya, asparagus mengandung kalori dalam jumlah yang rendah, yakni hanya sekitar 20 kalori dalam setengah cangkir.

Di samping itu, kandungan serat pada asparagus tidak hanya bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan, tapi juga berefek terhadap penurunan berat badan.

Hal ini didukung oleh pernyataan dari Keri Gans, seorang konsultan gizi sekaligus penulis buku The Small Change Diet, bahwa serat bisa membantu tubuh untuk merasa kenyang sehingga mencegah Anda dari makan dalam jumlah banyak.

4. Membantu menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi banyak dikaitkan sebagai faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke. Sebuah penelitian dari American Journal of Physiology, Endocrinology, and Metabolism menunjukkan bahwa memperbanyak makan makanan sumber kalium sembari mengurangi asupan garam merupakan cara yang efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Di sinilah manfaat asparagus lainnya berperan, karena asparagus merupakan sumber kalium yang baik untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi, dengan cara mengoptimalkan kerja pembuluh darah serta mengeluarkan kelebihan garam melalui urin.

Pernyataan ini juga diperkuat oleh penelitian yang dimuat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, yang melakukan penelitian pada dua kelompok tikus. Kelompok tikus yang pertama diberi makan asparagus, sementara kelompok tikus lainnya tidak.

Hasilnya ditemukan bahwa setelah 10 minggu kemudian, tikus yang mendapat asupan asparagus memiliki tekanan darah 17 persen lebih rendah dibandingkan tikus yang tidak mendapat asupan asparagus. Para peneliti memperkirakan ini terjadi karena kandungan senyawa aktif dalam asparagus yang dapat memperbesar pembuluh darah sehingga tekanan darah tinggi berangsur-angsur menurun.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk membuktikan apakah senyawa aktif ini juga akan memiliki efek yang sama.

5. Menunjang kesehatan kehamilan

Manfaat asparagus lainnya yang tidak kalah penting adalah untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi selama masa kehamilan. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, asparagus kaya akan kandungan vitamin B9 atau asam folat yang bermanfaat bagi ibu hamil dan bayinya terutama di trimester awal kehamilan.

Asupan folat yang memadai di masa ini, akan membantu mengoptimalkan pembentukan sel darah merah dan DNA. Selain itu, folat juga berperan penting untuk melindungi buah hati Anda dari cacat tabung saraf yang bisa dengan mudah mengakibatkan berbagai komplikasi di kemudian hari.

6. Sumber antioksidan yang baik

Faktanya, asparagus memiliki kandungan antioksidan dalam jumlah yang tinggi, seperti vitamin E, vitamin C, glutathione, serta berbagai flavonoid dan polifenol. Antioksidan merupakan senyawa yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari efek bahaya yang ditimbulkan oleh radikal bebas dan stres oksidatif.

Stres oksidatif sendiri telah banyak dikaitkan dengan penuaan, peradangan sel yang kronis, serta kanker. Jika Anda ingin mendapatkan produksi antioksidan yang optimal, disarankan untuk makan asparagus bersama dengan sayur dan buah lainnya demi mengoptimalkan jumlah antioksidan dalam tubuh.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Tak heran jika kale kini naik daun di kalangan para pecinta kesehatan. Sayuran hijau ini mengandung segudang manfaat, termasuk untuk kanker payudara.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi, Hidup Sehat 28 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit

Tips Makan Sayuran Agar Mudah Dicerna oleh Tubuh

Tahukah Anda jika cara makan sayuran dan penyajiannya tidak tepat, membuat sayur jadi sulit dicerna tubuh. Simak tips berikut untuk mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Tips Sehat 27 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

6 Makanan Kaya Gizi yang Harus Ibu Hamil Penuhi Saat Sahur

Ibu hamil yang berpuasa tidak bisa makan sembarangan. Berikut beberapa contoh makanan sahur untuk ibu hamil yang bisa menjadi referensi Anda.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hari Raya, Ramadan 13 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit

Seberapa Banyak Porsi Makan yang Tepat untuk Anak Usia 5 Tahun?

Meski masih dalam masa pertumbuhan, bukan berarti anak harus makan berlebihan. Berikut porsi makan yang tepat dan sesuai untuk anak usia 5 tahun.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Parenting, Nutrisi Anak 8 April 2020 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

anjuran gizi ibu hamil muda atau trimester pertama

Cara Mengetahui Apakah Porsi Makan Anda Sudah Cukup, Masih Kurang, Atau Terlalu Banyak

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 25 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
buah dan sayur mengandung racun

7 Makanan Sehari-hari yang Ternyata Sebenarnya Mengandung Racun

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 20 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit
buah yang sudah dipotong

3 Alasan Kenapa Sebaiknya Jangan Beli Buah yang Sudah Dipotong

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 13 Juli 2020 . Waktu baca 3 menit
Konten Bersponsor
sayur untuk anak 1 tahun

5 Jenis Sayur yang Cocok untuk Anak Usia 1 Tahun

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 29 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit