6 Khasiat Teh Chamomile yang Baik Bagi Tubuh

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 23 September 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Pernahkan Anda merasakan manfaat teh chamomile yang baik untuk tubuh? Ya, chamomile merupakan salah satu bunga yang sering dijadikan salah satu sumber obat herbal yang berkhasiat baik bagi tubuh. Bunga chamomile ini lebih sering dijadikan sebagai minuman teh, dengan cara dikeringkan terlebih dahulu. Mau tau, apa saja khasiat teh chamomile bagi tubuh? Yuk, simak penjelasan artikel berikut ini.

Manfaat teh chamomile bagi kesehatan

1. Kekebalan tubuh

Manfaat teh chamomile yang pertama ini baik untuk menguatkan kekebalan tubuh. Pasalnya,teh chamomile baik untuk menangkal berbagai jenis infeksi dalam tubuh, maka sistem imun dan kekebalan tubuh akan bertambah jika Anda rutin minum teh chamomile.

Pada kandungan teh chamomile juga terdapat senyawa fenolik yang memiliki kandungan anti bakteri, yang mampu menyerap racun dari makanan yang biasa Anda makan. Sebuah penelitian menyarankan, dengan meminum 5-6 gelas teh chamomile selama 2 minggu secara rutin, akan berdampak baik bagi tubuh untuk memerangi segala infeksi.

2. Meredakan nyeri haid

Jika Anda suka merasakan sakit pada saat menstruasi, cemas dan tidak nyaman di masa-masa haid itu, ada baiknya cobalah segelas teh chamomile selama menstruasi. Mengapa demikian? Manfaat dari teh chamomile ini salah satunya memiliki zat anti inflamasi dan relaksaksi pada tubuh. Selain meredakan sakit ketika haid, teh chamomile juga bisa menepis rasa kembung dan sakit perut akibat kram.

3. Meredakan stress

Mudah stress dan panik? Jangan khawatir, hal itu bisa terjadi oleh siapa saja. Dengan manfaat teh chamomile yang kaya akan sifat relaksasi, secangkir tehnya saja dapat meredakan rasa stress dan cemas pada pikiran Anda.

Ketika bunga chamomile dijadikan teh, saat diminum akan meningkatkan kadar serotonin dan melatonin dalam tubuh Anda yang baik untuk ketenangan dan relaksasi badan. Minumlah 2-3 cangkir teh chamomile per hari untuk mendapatkan khasiatnya. Tetapi ingat! Ibu hamil tidak disarankan mengonsumi teh chamomile selama kehamilan, karena akan meningkatkan potensi keguguran pada janin.

4. Mencegah diabetes

Beberapa penelitian di Inggris telah menunjukkan bahwa manfaat teh chamomile dapat berguna pada penderita diabetes. Teh chamomile dapat berguna menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan mengatur kadar insulin agar seimbang dalam darah. Tetapi sebelum Anda mengonsumsi minuman chamomile untuk diabetes Anda, baiknya konsultasikan dulu dengan dokter.

5. Baik untuk rambut

Banyak orang merasakan manfaat dari teh chamomile pada rambutnya. Dengan zat anti inflamasinya, teh chamomile yang rutin di konsumsi akan meringankan iritasi kulit kepala bagi Anda yang suka gatal di kepala. Selain itu senyawa fenoliknya mampu membuat rambut indah Anda kuat per helainya, serta rambut terlihat lebih lebat dan lembut.

6. Menyembuhkan alergi

Teh chamomile merupakan sumber anti alergen untuk Anda yang menderita alergi terhadap wangi maupun sentuhan tanaman. Contohnya, teh chamomile mampu mengatasi alergi yang ditimbulkan apa bunga aster atau krisan. Mengapa demikian? Karena zat alergen pada bunga chamomile yang dikeringkan dan dijadikan teh mampu memomodulasi respon imun tubuh manusia terhadap bunga-bunga tersebut. Lalu, anti histamin pada teh chamomile juga bermanfaat untuk menenangkan reaksi-reaksi alergi pada seluruh tubuh.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Cuaca Dingin Bikin Rematik Kumat dan Bagaimana Mengatasinya?

Istilah 'dingin sampai menusuk tulang' bisa terjadi pada penderita rematik Nyeri sendi akibat rematik kambuh bisa disebabkan oleh cuaca, bagaimana bisa?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 24 September 2020 . Waktu baca 3 menit

Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

Terapi urine dengan minum air kencing yang terdengar menjijikkan telah dipercaya sejak berabad-abad lalu. Apakah manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Urologi, Kandung Kemih 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit

Benarkah Terlalu Sering Minum Paracetamol Sebabkan Gangguan Pendengaran?

Hati-hati jika Anda sering minum obat penghilang nyeri, seperti paracetamol. Efek samping paracetamol berlebihan dapat menimbulkan gangguan pendengaran.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 23 September 2020 . Waktu baca 3 menit

Alergi Paracetamol

Paracetamol sering diresepkan untuk merdakan demam dan nyeri. Tapi tahukah Anda bahwa ada orang yang alergi obat paracetamol?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Alergi, Penyakit Alergi Lainnya 22 September 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

ensefalopati uremikum

Ensefalopati Uremikum, Komplikasi Gangguan Ginjal yang Menyerang Otak

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 25 September 2020 . Waktu baca 4 menit
hubungan suami istri terasa hambar

3 Hal yang Membuat Seks Tidak Lagi Terasa Memuaskan, dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 4 menit
melihat bullying

5 Hal yang Harus Anda Lakukan Ketika Menyaksikan Bullying

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 5 menit
kencing berdiri

Apakah Posisi Kencing Berdiri Berbahaya untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 5 menit