6 Khasiat Teh Chamomile yang Baik Bagi Tubuh

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017
Bagikan sekarang

Pernahkan Anda merasakan manfaat teh chamomile yang baik untuk tubuh? Ya, chamomile merupakan salah satu bunga yang sering dijadikan salah satu sumber obat herbal yang berkhasiat baik bagi tubuh. Bunga chamomile ini lebih sering dijadikan sebagai minuman teh, dengan cara dikeringkan terlebih dahulu. Mau tau, apa saja khasiat teh chamomile bagi tubuh? Yuk, simak penjelasan artikel berikut ini.

Manfaat teh chamomile bagi kesehatan

1. Kekebalan tubuh

Manfaat teh chamomile yang pertama ini baik untuk menguatkan kekebalan tubuh. Pasalnya,teh chamomile baik untuk menangkal berbagai jenis infeksi dalam tubuh, maka sistem imun dan kekebalan tubuh akan bertambah jika Anda rutin minum teh chamomile.

Pada kandungan teh chamomile juga terdapat senyawa fenolik yang memiliki kandungan anti bakteri, yang mampu menyerap racun dari makanan yang biasa Anda makan. Sebuah penelitian menyarankan, dengan meminum 5-6 gelas teh chamomile selama 2 minggu secara rutin, akan berdampak baik bagi tubuh untuk memerangi segala infeksi.

2. Meredakan nyeri haid

Jika Anda suka merasakan sakit pada saat menstruasi, cemas dan tidak nyaman di masa-masa haid itu, ada baiknya cobalah segelas teh chamomile selama menstruasi. Mengapa demikian? Manfaat dari teh chamomile ini salah satunya memiliki zat anti inflamasi dan relaksaksi pada tubuh. Selain meredakan sakit ketika haid, teh chamomile juga bisa menepis rasa kembung dan sakit perut akibat kram.

3. Meredakan stress

Mudah stress dan panik? Jangan khawatir, hal itu bisa terjadi oleh siapa saja. Dengan manfaat teh chamomile yang kaya akan sifat relaksasi, secangkir tehnya saja dapat meredakan rasa stress dan cemas pada pikiran Anda.

Ketika bunga chamomile dijadikan teh, saat diminum akan meningkatkan kadar serotonin dan melatonin dalam tubuh Anda yang baik untuk ketenangan dan relaksasi badan. Minumlah 2-3 cangkir teh chamomile per hari untuk mendapatkan khasiatnya. Tetapi ingat! Ibu hamil tidak disarankan mengonsumi teh chamomile selama kehamilan, karena akan meningkatkan potensi keguguran pada janin.

4. Mencegah diabetes

Beberapa penelitian di Inggris telah menunjukkan bahwa manfaat teh chamomile dapat berguna pada penderita diabetes. Teh chamomile dapat berguna menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan mengatur kadar insulin agar seimbang dalam darah. Tetapi sebelum Anda mengonsumsi minuman chamomile untuk diabetes Anda, baiknya konsultasikan dulu dengan dokter.

5. Baik untuk rambut

Banyak orang merasakan manfaat dari teh chamomile pada rambutnya. Dengan zat anti inflamasinya, teh chamomile yang rutin di konsumsi akan meringankan iritasi kulit kepala bagi Anda yang suka gatal di kepala. Selain itu senyawa fenoliknya mampu membuat rambut indah Anda kuat per helainya, serta rambut terlihat lebih lebat dan lembut.

6. Menyembuhkan alergi

Teh chamomile merupakan sumber anti alergen untuk Anda yang menderita alergi terhadap wangi maupun sentuhan tanaman. Contohnya, teh chamomile mampu mengatasi alergi yang ditimbulkan apa bunga aster atau krisan. Mengapa demikian? Karena zat alergen pada bunga chamomile yang dikeringkan dan dijadikan teh mampu memomodulasi respon imun tubuh manusia terhadap bunga-bunga tersebut. Lalu, anti histamin pada teh chamomile juga bermanfaat untuk menenangkan reaksi-reaksi alergi pada seluruh tubuh.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Tak heran jika kale kini naik daun di kalangan para pecinta kesehatan. Sayuran hijau ini mengandung segudang manfaat, termasuk untuk kanker payudara.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Mau punya berat badan ideal? Diet sehat jawabannya. Namun, agar diet yang Anda lakukan tidak sia-sia, simak dulu panduan lengkap berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Stres dan depresi tidak sama, keduanya memiliki perbedaan mendasar. Maka jika penanganannya keliru, depresi bisa berakibat fatal. Cari tahu, yuk!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri

5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit Saat Puasa

Penyebab mulut terasa pahit saat puasa biasanya tidak berbahaya. Bisa jadi, mulut terasa pahit karena Anda lalai melakukan hal yang satu ini! Apa ya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 19/05/2020

Direkomendasikan untuk Anda

warna rambut

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020
gerimis bikin sakit

Benarkah Gerimis Lebih Bikin Sakit Daripada Hujan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020

Mengapa Perlu Matikan Lampu Saat Tidur?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 29/05/2020
resep membuat bakwan

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020