5 Bahan Alami untuk Merawat Rambut Rontok

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 14/02/2020 . 5 menit baca
Bagikan sekarang

Siapa bilang rambut rontok hanya dapat dirawat dengan obat-obatan yang mengandung bahan kimia saja? Faktanya, ada beberapa bahan alami yang bisa didapatkan di sekitar Anda untuk merawat rambut rontok. 

Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui senyawa alami apa saja yang bisa digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut. 

Segudang bahan alami untuk rambut rontok

Sebenarnya, materi untuk merawat rambut rontok hampir sama dengan yang biasa orang gunakan untuk menumbuhkan rambut. Senyawa alami tersebut akan efektif jika Anda mengetahui apa penyebab rambut rontok yang dialami. Apakah disebabkan oleh kekurangan vitamin, pengaruh obat, atau menopause. 

Namun, ada beberapa tanaman yang bisa Anda gunakan sebagai zat untuk merawat rambut rontok secara alami. 

1. Bahan alami lidah buaya untuk rambut rontok

menghilangkan ketombe lidah buaya

Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk merawat rambut rontok adalah lidah buayaSudah bukan rahasia umum lagi bahwa lidah buaya dipercaya berkhasiat untuk kesehatan rambut. 

Mulai dari mengurangi gatal hingga mengurangi ketombe bisa Anda peroleh dari lidah buaya. Bahkan, menurut National Center for Complementary and Integrative Health, lidah buaya sudah sering digunakan untuk mengatasi masalah kerontokan. 

Hal ini mungkin dikarenakan tanaman berwarna hijau ini mengandung vitamin A, C, dan E yang berkontribusi terhadap pergantian dan pertumbuhan sel.

Selain itu, lidah buaya juga kaya akan vitamin B12 dan asam folat yang dipercaya dapat mencegah rambut rontok. Sifat anti peradangan yang dimiliki oleh lidah buaya pun dapat memperlancar aliran darah di kulit.

Jika sirkulasi darah lancar ke kulit kepala lancar, kerusakan dan kerontokan rambut mungkin akan berkurang karena rambut lebih cepat tumbuh. 

Walaupun demikian, masih diperlukan penelitian lebih dalam lagi, apakah lidah buaya efektif dijadikan bahan alami untuk merawat rambut yang lepas dari kepala. 

2. Bahan alami dari minyak kelapa untuk rambut rontok

minyak kelapa dalam makanan

Selain lidah buaya, bahan lainnya untuk merawat rambut rontok adalah minyak kelapa. Hal ini dibuktikan melalui penelitian dari Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research

Dalam penelitian tersebut dikemukakan bahwa produk perawatan rambut yang mengandung minyak kelapa dapat meningkatkan pertumbuhan dan ketebalan rambut. 

Kedua keuntungan tersebut dapat terjadi karena adanya asam lemak pada minyak kelapa yang dapat menembus batang rambut. Bahkan, penggunaan minyak kelapa juga membuat rambut tidak kehilangan protein dalam jumlah yang banyak. 

Anda dapat menggunakan minyak kelapa untuk merawat rambut rontok dalam berbagai cara, seperti:

Namun, jangan lupa untuk selalu memperhatikan instruksi pemakaian minyak kelapa sebagai bahan untuk merawat rambut rontok.

3. Minyak ikan

6 Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan Tubuh

Tahukah Anda bahwa khasiat minyak ikan ternyata tidak hanya untuk meningkatkan kemampuan otak, melainkan juga membantu mengatasi kerontokan? 

Sebagai salah satu bahan untuk merawat rambut rontok, minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang berperan besar dalam pertumbuhan rambut. 

Dalam sebuah penelitian dari International Journal of Molecular Sciences tahun 2018, penggunaan minyak ikan kembung dapat dipakai untuk menumbuhkan rambut. 

Ekstrak minyak tersebut dapat mengatur pertumbuhan rambut dan perkembangan siklus sel, sehingga rambut lebih kuat dan cepat tumbuh. 

Hal ini mungkin dikarenakan asam lemak omega-3 memiliki senyawa yang bersifat antioksidan yang membantu meningkatkan ketebalan rambut. 

Oleh karena itu, rutin mengonsumsi suplemen minyak ikan sesuai dengan aturan pakai dapat menyehatkan tubuh dan rambut Anda. 

4. Ginseng

manfaat ginseng buat pria

Sebagai tanaman herbal asal Korea yang menawarkan banyak khasiat, ginseng ternyata dapat digunakan sebagai bahan untuk merawat rambut rontok. 

Akar tanaman ginseng sudah dipakai sejak ribuan tahun lamanya dalam pengobatan tradisional, termasuk mengatasi kerontokan. Bagaimana bisa?

Menurut penelitian dari International Journal of Molecular Sciences, kandungan ginsenosida pada ginseng cukup terlibat dalam siklus pertumbuhan rambut. 

Senyawa tersebut ternyata dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan dengan menginduksi anagen (tumbuh aktif) dan menunda katagen. Maka itu, ginseng disebut-sebut sebagai bahan untuk mengatasi rambut rontok yang dapat berujung dengan kebotakan.

5. Jus bawang

bawang dayak

Tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan, ternyata bawang juga berguna sebagai bahan alami untuk merawat rambut rontok. Namun, tentu saja Anda tidak mengaplikasikannya mentah-mentah. 

Anda perlu mengubah irisan bawang menjadi jus yang nantinya dioleskan pada kulit kepala demi rambut yang lebih kuat dan tidak rontok. 

Seperti yang dilansir dari penelitian Journal of Dermatology, jus bawang berhasil mengatasi kebotakan melalui peningkatan pertumbuhan rambut. Selain itu, jus yang mengeluarkan bau yang khas ini juga meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, sehingga mempercepat proses pertumbuhan. 

Anda bisa memulai dengan mencampur beberapa bawang dan memeras airnya. Kemudian, oleskan cairan tersebut ke kulit kepala dan rambut. 

Terakhir, biarkan selama 15 menit dan bilas rambut dengan sampo seperti biasanya. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan jus bawang sebagai bahan alami untuk mengatasi rambut rontok. 

Jika bahan alami di atas tidak memiliki khasiat apapun untuk merawat rambut rontok, mungkin sudah saatnya untuk berkonsultasi dengan dokter. Hal ini bertujuan agar Anda mendapatkan perawatan yang tepat, sehingga terhindar dari kebotakan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ingin Hidup Lebih Sehat? Diet Nutritarian Bisa Menjadi Jawabannya

Pola makan yang Anda jalani dalam suatu diet seyogianya memberikan manfaat bagi kesehatan. Keunggulan inilah yang ditawarkan oleh diet nutritarian.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Nutrisi, Hidup Sehat 29/06/2019 . 3 menit baca

Beragam Pilihan Obat Flu Paling Ampuh yang Aman untuk Orang Dewasa dan Anak

Banyak yang menyepelekan flu, padahal gejalanya merepotkan hidup. Kabar baiknya, ada banyak pilihan obat flu paling ampuh yang bisa Anda beli di apotek.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Flu, Kesehatan Pernapasan 14/06/2019 . 11 menit baca

4 Bahan Alami dari Dapur Anda yang Ampuh Melembapkan Kulit Kering

Jangan buru-buru beli pelembap. Ada sejumlah bahan alami yang efektif untuk mengatasi kulit kering. Ssst.. Bahan alami ini sebagian besar ada di dapur, lho!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Kulit, Health Centers 22/05/2019 . 4 menit baca

Hati-hati Botak, Rambut Pengidap Lupus Bisa Rontok Parah

Banyak orang yang bilang bahwa rambut rontok bisa terjadi akibat penyakit lupus. Namun, benarkah desas-desus tersebut? Simak ulasannya di sini!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Fakta Unik 19/05/2019 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat teh hijau untuk rambut

3 Manfaat Teh Hijau untuk Rambut yang Lebih Sehat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 09/02/2020 . 4 menit baca
masker rambut pisang

4 Jenis Masker Pisang yang Baik untuk Kesehatan Rambut Kita

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 28/12/2019 . 5 menit baca
cara merawat rambut panjang

Siapa Bilang Merawat Rambut Panjang Itu Susah? Ini 5 Tipsnya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 25/07/2019 . 4 menit baca
manfaat minyak kelapa untuk rambut

Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut yang Lebih Lebat dan Berkilau

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 20/07/2019 . 4 menit baca