Manfaat Skin Care Berbahan Alpha Arbutin untuk Kulit Wajah

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 30 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda memiliki masalah warna kulit tidak merata, atau ingin memiliki wajah yang terlihat lebih sehat dan cerah? Pilihan skin care berbahan alpha arbutin mungkin bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak mau bahan terlalu keras dan membuat kulit kering.

Saat ini, telah hadir beragam produk skin care yang menawarkan kandungan pencerah wajah. Namun, terkadang produk pencerah wajah yang tersedia di pasaran tidak sepenuhnya sehat. Nah, salah satu alternatif yang dapat Anda coba adalah alpha arbutin, zat yang dinilai lebih aman untuk mencerahkan kulit, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif.

Apa saja manfaat yang terkandung di balik alpha arbutin, terutama selain untuk mencerahkan wajah? Berikut ulasannya.

Apa itu alpha arbutin?

Sebelum mengetahui apa saja manfaat dari alpha arbutin, ada baiknya Anda berkenalan terlebih dahulu dengan bahan produk skin care yang satu ini.

Alpha arbutin (4-hydroxyphenyl α-glucopyranoside), atau yang juga ditulis dengan α-arbutin, adalah zat yang diturunkan dari hydroquinone. Atau dengan kata lain, kandungan yang terdapat di dalam alpha arbutin merupakan versi sintentik dari hydroquinone.

Alpha arbutin terbuat dari berbagai jenis tanaman dan buah-buahan, seperti tanaman bearberry, blueberry, cranberry, kulit pir, serta gandum.

Arbutin terdiri dari alpha dan beta arbutin. Dikutip dari Skin City, alpha arbutin memiliki kandungan yang lebih stabil serta efektif untuk kulit apabila dibanding dengan beta arbutin. Selain itu, alpha arbutin bersifat mudah larut dalam air. Sehingga, manfaat yang terkandung dalam alpha arbutin lebih cepat menyerap dalam kulit.

Apa saja manfaat alpha arbutin untuk kulit wajah?

Berikut adalah berbagai kebaikan yang dapat Anda peroleh dengan menggunakan alpha arbutin untuk kulit wajah Anda:

1. Mencerahkan wajah tanpa menyebabkan kulit teriritasi

Salah satu manfaat alpha arbutin yang paling terkenal adalah membantu kulit wajah Anda terlihat lebih cerah. Hal ini dikarenakan alpha arbutin mengandung agen yang dapat memperlambat produksi tirosinase.

Tirosinase adalah enzim yang terdapat di melanosit, sel-sel yang memproduksi melanin, pigmen yang berperan dalam menentukan warna kulit Anda. Produksi tirosinase akan terpicu oleh paparan sinar ultraviolet dari matahari. Kondisi ini yang menyebabkan kulit terlihat kusam dan menggelap.

Nah, karena alpha arbutin membantu produksi tirosinase melambat, melanin yang dihasilkan pun menjadi lebih sedikit, sehingga kulit pun terlihat lebih cerah. Berbeda dengan hyrdroquinone yang bekerja dengan cara membunuh sel-sel tersebut, alpha arbutin hanya akan menekan kecepatan produksi melanin. Itu sebabnya Anda dapat merasakan manfaat alpha arbutin tanpa mengalami efek samping seperti kulit kering atau iritasi.

2. Mengurangi hiperpigmentasi dan flek hitam

Hiperpigmentasi adalah kondisi di mana kulit Anda memiliki produksi melanin yang berlebihan, sehingga terkadang timbul pula noda atau flek-flek hitam. Kondisi ini, menurut Essential Oil Safety, ternyata memang sangat umum ditemukan pada kulit wajah orang-orang beretnis Asia dibanding dengan etnis-etnis lainnya.

Berdasarkan sebuah penelitian pada tahun 2008, penggunaan alpha arbutin selama 12 minggu menunjukkan perubahan yang signifikan pada kulit. Flek hitam memudar, serta tampilan kulit pun terlihat lebih cerah dan merata.

Dengan rutin menggunakannya pada wajah setiap hari, Anda akan melihat sendiri manfaat dari alpha arbutin pada warna kulit Anda.

3. Memudarkan bekas jerawat

Sering kali jerawat yang sudah kempis meninggalkan bekas berwarna hitam atau kecokelatan di kulit. Hal ini tentunya cukup mengganggu dan dapat memengaruhi kepercayaan diri Anda.

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan memakai alpha arbutin secara rutin adalah memudarkan noda hitam bekas jerawat. Cara kerjanya pun serupa dengan memudarkan flek-flek hitam yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari, yaitu dengan menghambat produksi melanin berlebih pada kulit.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cara Mencegah Masalah Jerawat Gara-gara Pemakaian Kacamata

Ternyata, masalah jerawat juga bisa muncul gara-gara kacamata yang Anda gunakan setiap hari. Lantas, bagaimana cara mencegahnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Hidup Sehat, Tips Sehat 22 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Ini Penjelasan Ilmiah Mengapa Beberapa Orang Suka Bau Hujan

Beberapa orang merasa tenang mencium bau tanah yang menguar setelah hujan turun. Ternyata, ada alasan ilmiah di balik itu. Ini penjelasannya.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Hidup Sehat, Fakta Unik 15 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Mengenal Hubungan Poliamori, Saat Cinta Anda Tak Hanya untuk Satu Orang

Menjadi yang kedua atau diduakan mungkin jadi hal yang tak pernah Anda inginkan. Namun, nyatanya tidak dengan hubungan poliamori. Apa itu poliamori?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rena Widyawinata
Hidup Sehat, Seks & Asmara 13 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Apa Pengaruh TBC pada Ibu Hamil dan Janin?

Kesehatan ibu hamil perlu dijaga dengan baik agar tidak memengaruhi kondisi janin. Lalu, apakah ada pengaruh TBC pada ibu hamil?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Batuk, Health Centers 11 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Dermatitis herpetiformis

Dermatitis Herpetiformis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 13 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
ciri kulit sensitif

Ciri Kulit Sensitif dan 8 Cara Jitu Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 7 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit
moisturizer dulu atau sunscreen

Moisturizer Dulu Atau Sunscreen? Ini Urutan Pemakaian yang Benar

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 14 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit
skin fasting adalah

Menilik Skin Fasting, Tren ‘Puasa’ Skincare agar Kulit Lebih Cantik

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 28 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit