Manfaat minyak zaitun bukan hanya untuk makanan, tapi juga bagi kecantikan. Minyak yang satu ini memang memiliki banyak manfaat, baik yang diaplikasikan dari luar maupun dari dalam tubuh. Kandungan yang ada pada minyak zaitun adalah vitamin E dan K, serta asam lemak. Tidak hanya berguna untuk kulit, vitamin E juga berguna untuk rambut.

Minyak zaitun memiliki fungsi melembapkan, ini yang membuatnya baik digunakan untuk rambut. Jangan heran jika minyak zaitun dapat digunakan sebagai kondisioner. Hal ini didukung oleh klaim bahwa manfaat lain yang didapat adalah membuat rambut semakin bersinar, lembut, dan kuat.

Apa saja manfaat minyak zaitun untuk rambut?

Selain vitamin yang disebutkan di atas, minyak zaitun juga mengandung elemen kimia seperti asam oleat, asam palmitat, dan squalene. Ketiga elemen tersebut adalah emolien yang menawarkan fungsi kualitas kelembutan. Berikut ini adalah manfaat minyak zaitun untuk rambut yang bisa Anda dapatkan:

1. Mengurangi ketombe

Ketika Anda mengombinasikan minyak zaitun dan sari lemon, hasil yang Anda dapatkan adalah rambut bebas dari ketombe. Jika rambut Anda kering dan kulit kepala mudah terkelupas, asam pada sari lemon dapat membantu menghilangkan ketombe, sedangkan minyak zaitun akan membantu melembapkan kulit kepala yang mengelupas. Campurkan takaran yang seimbang antara sari lemon dan minyak zaitun, dengan tambahan sedikit air. Pijat pelan-pelan ke kulit kepala, tinggalkan selama 20 menit, bilas dan cuci dengan shampo. Gunakan perawatan ini seminggu sekali.

2. Mengatasi rambut bercabang

Ketika rambut Anda rentan terhadap kerusakan, bercabang, kusut sehingga mengakibatkan rambut Anda terlihat berantakan dan tidak terawat, minyak zaitun dapat menjadi solusinya. Sedikit saja tetes minyak zaitun dapat membantu melembutkan  rambut Anda. Efeknya pada rambut adalah menjadi berat dan lembap, serta memperbaiki rambut dengan cepat. Selain itu, ketika rambut berantakan, Anda bisa mengakalinya dengan sedikit tetes saja di jari Anda, aplikasikan setelah Anda menata rambut. Rambut berantakan pun teratasi.

4. Mengembalikan kilau alami rambut Anda

Kondisioner rambut habis? Anda tidak perlu khawatir, minyak zaitun dapat menjadi solusinya. Selain kelembapan rambut Anda kembali, hasil akhir yang bisa Anda dapatkan adalah rambut terlihat sehat dan berkilau. Selain vitamin E dan K, minyak zaitun juga kaya akan vitamin A dan antioksidan. Kandungan tersebut dapat melindungi keratin pada rambut dan menahan kelembapannya. Minyak zaitun dapat menghilangkan penumpukan sebum yang menghambat pertumbuhan folikel rambut baru dan menghambat pertumbuhan rambut.

5. Membuat rambut mudah ditata

Rambut kering dan kurang asupan vitamin terkadang sulit untuk ditata, dikeriting, atau diluruskan. Minyak zaitun dapat digunakan untuk mengatasinya. Caranya adalah lapisi rambut Anda dengan setengah cangkir minyak zaitun. Lalu, diamkan selama 30 menit. Ketika rambut Anda cukup lembap, maka rambut Anda pun akan lebih mudah untuk ditata.

Bagaimana cara menggunakan minyak zaitun sebagai kondisioner?

Begini langkah-langkah menggunakan minyak zaitun sebagai kondisioner:

  • Menakarnya: jika Anda belum tahu takaran yang pas untuk rambut Anda, cobalah 2 sendok makan untuk perawatan pertama Anda.
  • Pijat: aplikasikan minyak zaitun sambil meremas rambut pelan-pelan untuk beberapa menit saja. Jika kulit kepala Anda kering, pijatan bisa dilakukan hingga ke kulit kepala.
  • Bilas: gunakan shampo sesudahnya dan lihat hasilnya ketika rambut Anda sudah kering. Mungkin Anda bisa mengaplikasikan shampo dua kali, kalau dirasa belum cukup.

Siapa saja yang sebaiknya menggunakan minyak zaitun untuk rambut?

Anda juga bisa mengaplikasikan minyak zaitun pada:

  • Rambut tebal – minyak zaitun memiliki banyak manfaat untuk rambut kering dan tebal.  Sedangkan pada rambut berminyak, kulit kepala tidak memerlukan kondisioner. Sebenarnya, Anda juga tidak selalu harus mengaplikasikan minyak zaitun pada kulit kepala.
  • Rambut yang telah mengalami proses kimia – ketika rambut Anda telah diwarnai, mungkin rambut akan menjadi mudah kering. Mengaplikasikan minyak zaitun dapat membuatnya kembali lembap. Tunggu sampai 72 jam setelah Anda melakukan penataan proses kimia, sebelum Anda mengaplikasikan minyak zaitun. Jika Anda menggunakan minyak zaitun pada rambut yang di-bleaching, pastikan menguji cobanya dulu, karena dikhawatirkan akan memunculkan guratan warna hijau setelah memakainya
  • Bercabang – Anda bisa mengaplikasikan minyak zaitun paling tidak sampai 5 cm dari bawah rambut pada rambut yang rusak.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca