Akhir-akhir ini, banyak klinik dokter kulit yang menawarkan IPL treatment sebagai cara cepat menghilangkan jerawat yang membandel. Seberapa ampuh perawatan ini, dan apa efek samping yang mungkin timbul? Berikut jawabannya.

Apa itu IPL treatment?

IPL treatment (Intense Pulsed Light) adalah terapi perawatan kulit yang memanfaatkan cahaya lampu xenon dalam intensitas yang tinggi untuk meremajakan jaringan kulit. Terapi ini dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari jerawat, flek dan noda hitam penuaan, bekas luka, kerutan dan garis halus, dan berbagai permasalahan lainnya.

Banyak orang yang terkecoh dan menganggap kalau IPL adalah terapi yang sama seperti terapi laser. Padahal, kedua perawatan ini memiliki cara dan tentu alat yang berbeda. Terapi laser bekerja menggunakan satu gelombang cahaya yang bersifat terkonsentrasi pada satu sel target saja. Bayangkan sinar laser pointer yang sering digunakan untuk presentasi kantor.

Sementara itu, IPL treatment bekerja memanfaatkan paduan bermacam-macam gelombang cahaya sehingga dapat menarget area yang lebih besar. IPL juga lebih minim risiko efek samping ketimbang terapi laser.

Apakah IPL efektif untuk menghilangkan jerawat?

IPL treatment dapat Anda pertimbangkan sebagai cara menghilangkan jerawat taraf ringan hingga sedang. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan jurnal Dermatology Therapy baru-baru ini, terapi IPL yang menggunakan cahaya ultraviolet maupun gelombang cahaya lainnya dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Terapi ini juga dilaporkan mampu mengecilkan ukuran kelenjar minyak sehingga mengendalikan jumlah produksi minyak wajah. Sebum, alias minyak wajah, merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi munculnya jerawa

Penelitian di atas juga menemukan bahwa dua minggu setelah partisipan menjalani terapi IPL pertama kali, jumlah komedo, jerawat yang meradang, dan bekas luka jerawat mengalami penurunan drastis — mencapai 51,8 hingga 64,7 persen.

Yang harus Anda perhatikan sebelum menjalani terapi IPL

Sejauh ini terapi IPL cenderung aman dilakukan, namun harus di bawah pengawasan dokter ahli. Oleh karena itu, jangan lupa untuk berkonsultasi dulu dengan dokter kulit sebelum menjalani IPL untuk menghilangkan jerawat. Jangan ragu-ragu untuk mengkomunikasikan keluhan Anda secara blak-blakan, termasuk apabila Anda memiliki riwayat-riwayat penyakit lainnya. Dokter akan memberi tahu Anda seputar prosedur, risiko yang dapat terjadi, serta perawatan yang harus Anda lakukan setelah menjalani terapi ini.

Terapi IPL biasanya berlangsung antara 20-30 menit, tergantung dari besarnya daerah yang bermasalah. Untuk mendapatkan hasil yang paling optimal, Anda disarankan untuk melakukan IPL treatment lebih dari sekali. Biasanya, dibutuhkan sekitar 3-6 kali sesi terapi sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan. Ini tentu harus disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing orang.

Kulit wajah mungkin akan memerah dan lebih sensitif dalam beberapa jam setelah menjalani IPL. Gunakan air dingin untuk mencuci muka selama beberapa hari pertama setelah terapi.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca