Sampai Berapa Lama Hasil Laser Hair Removal Bisa Bertahan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 23 September 2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Menghilangkan bulu halus di kaki, ketiak, atas bibir, atau bahkan area genital dengan metode laser hair removal dinilai lebih efektif ketimbang cukuran biasa atau waxing. Usut punya usut, perawatan ini juga diklaim lebih tahan lama dibanding metode menghilangkan bulu lainnya, lho! Memangnya seberapa lama efek laser hair removal bisa bertahan? Yuk, simak ulasan berikut untuk tahu jawabannya.

Sekilas info tentang laser hair removal

Laser hair removal efektif untuk menghilangkan bulu di badan langsung sampai ke akarnya (folikel).

Metode ini menggunakan tembakan sinar laser yang dipancarkan langsung menuju pigmen (sel pewarna) rambut dan kemudian diubah menjadi energi panas untuk diteruskan ke folikel rambut. Folikel rambut yang terkena panas akan rusak atau hancur, sehingga rambut Anda akan perlahan berhenti tumbuh.

Cara menghilangkan rambut ini bisa dilakukan untuk bagian tubuh mana pun, selagi rambut tersebut tidak pirang atau berwarna terang.

Penting untuk dipahami bahwa laser hair removal tidak memberikan hasil yang instan. Anda mungkin membutuhkan lebih dari satu kali sesi perawatan supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

Sejumlah klinik kecantikan bahkan menyarankan melakukan laser hair removal paling tidak 6-12 kali agar Anda bisa mendapatkan hasil terbaiknya. Jeda antara satu sesi dengan sesi selanjutnya biasanya berkisar dari 4-6 minggu.

Berapa lama hasil perawatan laser hair removal bisa awet?

Sebenarnya, seberapa lama efek laser hair removal berbeda-beda pada setiap orang. Bila folikel rambut hancur sepenuhnya, maka pertumbuhan rambut Anda akan terhenti secara permanen. Namun, bila folikel rambut yang terkena sinar laser hanya sekadar rusak, maka rambut Anda dapat tumbuh kembali.

Biasanya rambut yang dihilangkan dengan metode ini akan tumbuh lebih halus dengan warna yang lebih pudar. Meski begitu, pertumbuhan rambut ini juga dipengaruhi oleh banyak faktor. Mulai dari hormon, jenis rambut, warna kulit, hingga siklus pertumbuhan rambut.

Beberapa orang mengalami pertumbuhan rambut yang lebih cepat setelah perawatan. Sementara, beberapa lainnya mengalami fase pertumbuhan rambut yang lebih lambat dalam beberapa bulan.

Lakukan perawatan ini di tempat yang tepat

Saat ini, perawatan laser hair removal sudah banyak menjamur di berbagai tempat. Harga yang ditawarkan pun beragam, mulai dari yang paling mahal hingga di bawah kisaran rata-rata.

Satu hal yang perlu digarisbawahi. Pastikan Anda hanya melakukan perawatan ini di dokter spesialis kulit (dermatolog) atau terapis kecantikan yang sudah mengantongi sertifikat.

Dokter spesialis kulit yang tersertifikat pasti sudah terlatih dan terampil dalam melakukan perawatan laser hair removal. Dengan begitu, risiko efek samping yang parah seperti kulit melepuh, terbakar, atau muncul jaringan parut di bagian yang dilaser dapat dihindari.

Ingat,  jangan pernah mengambil risiko melakukan tawar-menawar dalam menjalani setiap perawatan kulit Anda. Jadi, Anda disarankan hanya menjalani perawatan ini di klinik-klinik yang sudah terpercaya dan punya reputasi baik, ya!

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Trik Mengatasi Kulit Kering di Bawah Mata

Mengatasi kulit kering di bawah mata dapat dilakukan dengan perawatan dan konsumsi asupan bernutrisi untuk menjaga kelembapan kulit.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Hidup Sehat, Tips Sehat 22 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit

Harus Pakai Skin Care Berapa Lama Hingga Hasilnya Terlihat?

Kira-kira, berapa lama produk skin care akan menunjukkan hasil dan perubahan pada kulit wajah Anda? Untuk tahu jawabannya, simak artikel berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 5 Februari 2020 . Waktu baca 4 menit

Manfaat Skin Care Berbahan Alpha Arbutin untuk Kulit Wajah

Alpha arbutin adalah pilihan yang aman untuk Anda yang ingin mencerahkan kulit wajah. Apa saja manfaat dari alpha arbutin untuk wajah?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 30 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit

Bolehkah Menghilangkan Rambut yang Tumbuh di Payudara?

Tidak hanya pria, pada payudara wanita pun dapat ditumbuhi bulu. Pertanyaanya, tumbuh rambut di payudara ini boleh dihilangkan atau tidak, ya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Kewanitaan, Hidup Sehat 25 Januari 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

skin fasting adalah

Menilik Skin Fasting, Tren ‘Puasa’ Skincare agar Kulit Lebih Cantik

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 28 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
perbedaan hydrating dan moisturizing

Apa Bedanya Skincare yang Hydrating dan Moisturizing untuk Kulit Anda?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 8 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
glass skin

5 Langkah Wujudkan Kulit Bening Bercahaya ala Glass Skin

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 3 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
lebih baik peeling atau scrub

Mana yang Lebih Baik: Eksfoliasi Pakai Chemical Peeling atau Scrub?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 26 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit