Agar Tetap Bugar Selama Liburan, Sontek 4 Tips Olahraga Mudah Ini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 25 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Olahraga tetap sangat mungkin rutin dilakukan saat liburan. Bahkan jika Anda sedang dalam perjalanan tamasya bersama keluarga. Meski terikat dengan jadwal padat, liburan bukan alasan bagi Anda absen olahraga.

Anda sebaiknya tetap mengatur waktu untuk berolahraga bersama, terutama dengan anak-anak. Sebab, kebiasaan mager saat liburan panjang dapat menjadi salah satu faktor yang meningkatkan risiko obesitas pada anak. Yuk, simak beragam tips olahraga yang mudah diterapkan agar Anda sekeluarga tetap bisa aktif saat liburan.

Apa saja jenis-jenis olahraga yang bisa dilakukan saat liburan?

Ada beberapa pilihan olahraga yang masih bisa dilakukan saat liburan bersama keluarga. Beberapa di antaranya bahkan mungkin tidak terasa seperti olahraga, sehingga anak mungkin semangat untuk turut serta.. Ulasan di bawah ini sekaligus membahas tips dalam melakukannya. 

Jalan kaki

Anda bisa mengajak keluarga berjalan kaki setelah makan malam. Jalan kaki santai membantu membakar kalori dan mencegahperut Anda terasa begah setelah makan.

Tak perlu terlalu lama atau terlalu jauh dari rumah maupun tempat penginapan. Namun, pastikan Anda sekeluarga memakai sepatu olahraga yang tepat. Anda pun bisa mendorong stroller untuk membawa anak Anda yang masih bayi atau balita. 

Main gim

Anda tidak perlu susah payah membujuk anak Anda untuk berolahraga. Jika anak sedang asyik bermain gim konsol, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk bergabung bersama mereka. 

Suasana liburan akan semakin menyenangkan jika Anda sekeluarga bermain bersama, terutama permainan yang membutuhkan gerakan fisik. Anggaplah kegiatan itu sebagai olahraga saat liburan.

Pilihlah permainan yang berbau olahraga, seperti “Bowling” atau “Just Dance”. 

Mendaki

Jika panas matahari tak terlalu menusuk kulit, ajak anggota keluarga Anda mendaki bersama sebagai pilihan olahraga saat liburan di luar kota. Kegiatan ini selalu menyenangkan dan membangkitkan adrenalin, terlebih jika dilakukan bersama. 

Jika Anda bepergian bersama bayi atau balita, Anda mungkin memerlukan ransel bayi dengan pelindung matahari dan kantong botol air. Anda bisa menggendong si kecil di ransel tersebut sambil menikmati perjalanan mendaki dengan gembira.  

Yoga

Jika Anda dan keluarga tidak terlalu suka aktivitas di luar ruangan, yoga adalah pilihan yang tepat. Banyak studio olahraga yang memungkinkan Anda berolahraga bersama keluarga atau pasangan. Anda juga bisa melakukan yoga dengan mengikuti gerakan di DVD atau YouTube. 

Surfing

Bermain di pantai tentu menyenangkan jika dilakukan bersama keluarga dan orang tercinta. Kegiatan olahraga saat liburan di pantai pun seakan tak terbatas jenisnya, termasuk surfing (berselancar). 

Surfing atau berselancar memang tidak mudah dilakukan, tapi kegiatan ini akan membangkitkan jiwa petualang Anda dan keluarga.

Bayangkan Anda dan pasangan berselancar bersama, sedangkan anak-anak Anda tertawa sambil bermain air. Menyenangkan bukan? 

Tips agar tetap rajin olahraga saat liburan

Selain beberapa hal yang telah disebutkan, berikut tips umum untuk olahraga saat liburan:

Bawa perlengkapan olahraga

Mayo Clinic menyebutkan Anda sebaiknya membawa perlengkapan olahraga ke destinasi wisata yang akan Anda kunjungi. Perhatikan juga barang olahraga untuk pasangan dan anak Anda. Barang-barang tersebut di antaranya:

  • Sepatu atletik
  • Baju olahraga
  • Baju renang
  • Lompat tali
  • Matras yoga

Persiapan

Ketika Anda dan keluarga tiba di lokasi liburan, mulailah dengan olahraga ringan, seperti jalan kaki untuk memeriksa keadaan. Jika tidak memungkinkan, jadwalkan di hari lain dan jadikan hal itu sebagai kegiatan wajib dalam liburan. 

Jangan memaksakan keadaan

Jika Anda dan keluarga mengalami kelelahan atau bahkan jetlag setelah menempuh perjalanan jauh menuju lokasi liburan, jangan memaksakan diri untuk berolahraga. Perjalanan bisa mengganggu jadwal tidur dan makan Anda. Karena itu, tentukan waktu terbaik untuk berolahraga demi kebugaran Anda sekeluarga. 

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy

Yang juga perlu Anda baca

Menjadi Atlet di Mata Atlet Muda Indonesia

Menjadi atlet sejak usia belia sebaiknya berdasarkan keinginan si anak sendiri. Inilah kisah-kisah para atlet muda Indonesia atas pilihannya.  

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Kebugaran, Hidup Sehat 9 September 2020 . Waktu baca 7 menit

Olahraga di Luar Rumah Saat Pandemi? Perhatikan Hal-hal Ini

Olahraga yang dilakukan di luar rumah bisa bermanfaat bagi kebugaran dan kesehatan mental. Tapi apakah aman olahraga di luar rumah saat pandemi COVID-19?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 30 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi bisa menghantui siapa pun. Pelajari sekarang juga apa itu kolesterol dan semua pertanyaan seputar kolesterol yang sering diajukan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 22 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Berapa Lama Olahraga yang Dianggap Efektif?

Berapa lama olahraga juga menentukan kesuksesan tujuan Anda. Terlalu sebentar tak akan efektif, tapi terlalu lama juga tak baik.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kebugaran, Hidup Sehat 16 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kejang otot

Kenali Kejang Otot, Mulai dari Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 19 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
kram otot

Kenali Penyebab yang Mungkin Membuat Anda Mengalami Kram Otot

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 19 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit
kebugaran jantung

Cara Mudah Ukur Kebugaran Jantung dan Paru, Tak Perlu Periksa ke Rumah Sakit

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
memaksa anak jago olahraga

Bagaimana Cara Mendorong Anak Menjadi Atlet?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rina Nurjanah
Dipublikasikan tanggal: 9 September 2020 . Waktu baca 7 menit